Temukan Asuransi Anda Sekarang

Perbandingan Produk Allianz vs AIA 2020

Disclaimer: Harap dibaca secara netral. Tujuan perbandingan ini hanya semata-mata untuk mempelajari masing-masing kelebihan dan kekurang produk asuransi dari dua perusahaan yang berbeda. Tidak ada maksud untuk menjelek-jelekan salah satu perusahaan, karena semua asuransi ada plus dan minus.

Tentang Allianz dan AIA

Nama kedua perusahaan asuransi ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Baik Allianz maupun AIA merupakan perusahaan asuransi dengan reputasi global yang mengesankan. Saat artikel ini ditulis, Allianz menempati peringkat ke 45 dari daftar perusahaan Fortune Global 500, sementara AIA menempati peringkat ke 388 dari daftar yang sama.

Para penggemar olahraga sepakbola pasti tahu nama Allianz sebagai nama stadium klub Bayern Munchen dan Juventus. Rupanya, AIA juga bersentuhan dengan dunia persepakbolaan dengan menunjuk mantan pemain sepakbola timnas Inggris, David Beckham, sebagai duta globalnya atau AIA Global Ambassador.  

white and blue UNK building under blue sky during daytime
Allianz Arena di Munchen, Jerman
David Beckham, Global Ambassador AIA

Mungkin Anda menemui kedua merek asuransi ini dalam pencarian asuransi Anda. Kini saatnya kita membandingkan produk AIA dan Allianz dengan menelaah fitur-fitur manfaat perlindungan asuransinya.

Tim Asuransi Now membandingkan program terbaik Allianz (Hospital & Surgical Care Premier X versi Signature) dengan program terbaik AIA (Premier Hospital & Surgical Plus versi Platinum) secara netral dan detail. Anda akan mendapatkan informasi terpercaya dengan cepat, tanpa perlu sibuk mencari agen karena kami juga dapat melayani pembelian asuransi Anda.

Perlu diingat bahwa tidak ada produk asuransi yang sempurna, ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing produk. Silakan membaca tabel berikut ini dengan seksama untuk mendapatkan gambaran mengenai kedua produk asuransi tersebut.

Tabel Perbandingan Allianz vs AIA 2020: Hospital & Surgical Care Premier X Signature vs Premier Hospital & Surgical Plus Platinum

Faktor Pembanding Allianz AIA Pemenang
Ketentuan Umum
Plan Terbaik Signature (20 M) Platinum (USD 3 juta) Tergantung pilihan Nasabah
Limit per tahun 20 M (per tahun)
45 M (booster)
USD 3 juta Tergantung pilihan Nasabah
Masa tunggu Polis Untuk kecelakaan : Tidak ada
Untuk penyakit biasa : 1 Bulan
Untuk penyakit khusus : 12 Bulan
Kanker dan penyakit kritis katastropik: 90 hari
Untuk kecelakaan: Tidak Ada
Untuk penyakit biasa: 1 bulan
Untuk penyakit khusus: 300 hari
AIA
Underwriting Full Full Seri
Wilayah pertanggungan Seluruh Dunia Seluruh dunia Seri
Manfaat Rawat Inap
Quota Rawat Inap per tahun 365 hari per tahun 365 hari per tahun Seri
Biaya kamar per hari Kamar Single Bed termurah atau maks. 5 juta/hari Kamar Single Bed termurah atau maks. USD 300/hari Allianz
Ketentuan Prorata Jika kamar penuh, bisa naik 1 tingkat selama 2 hari tanpa prorata. Selain itu berlaku standard Dua hari pertama tidak dihitung, berikutnya hanya bayar selisih harga kamar AIA
Biaya perawatan intensif (ICU, ICCU, PICU, NICU) Sesuai Tagihan Sesuai Tagihan, maks. 2 kali penggantian biaya kamar per hari Allianz
Kunjungan Dokter Maks. 2 kunjungan per hari Sesuai Tagihan AIA
Kunjungan Spesialis Maks. 2 kunjungan per hari Sesuai Tagihan AIA
Bedah Sesuai Tagihan Sesuai Tagihan Seri
Biaya Pendamping di Rumah Sakit Maks 1.2 juta / hari, Maks 180 hari / tahun Tidak Ada Allianz
Transplantasi Organ Sesuai Tagihan Sesuai Tagihan Seri
Prostesis dan Implan Sesuai Tagihan Sesuai Tagihan selama Rawat Inap Seri
Manfaat Rawat Jalan
Batasan Rawat Jalan Sebelum Rawat Inap 60 Hari 30 hari Allianz
Batasan Rawat Jalan Setelah Rawat Inap 90 hari 60 hari Allianz
Rawat jalan kanker/Radioterapi dan Kemoterapi Sesuai Tagihan Sesuai Tagihan Seri
Dialisis/Cuci Darah Sesuai Tagihan Sesuai Tagihan Seri
Akupuntur/Pengobatan Tradisional Cina 50 juta per tahun, maks. 90 hari per tahun, 1 juta untuk pengobatan per perawatan Sesuai Tagihan selama perawatan dilakukan di Rumah Sakit (tidak tertulis di proposal) AIA
Fisioterapi Sesuai Tagihan, maks. 90 hari per tahun Sesuai Tagihan AIA
Rawat jalan kecelakaan Sesuai Tagihan, 2×24 jam Sesuai Tagihan, 2×24 jam Seri
Rawat jalan lanjutan kecelakaan 30 hari sejak kecelakaan Tidak Ada Allianz
Pembedahan Pulang Hari Sesuai Tagihan Sesuai Tagihan Seri
Perawat Pribadi di Rumah Sesuai Tagihan, maks. 180 hari per tahun Tidak Ada Allianz
Ambulan Sesuai Tagihan Disediakan Seri
Evakuasi medis / Pesawat Ambulan Disediakan Disediakan Seri
Manfaat Dana Tunai/Santunan Harian (jika sudah klaim asuransi yang lain) 1.2 juta per hari, maks. 60 hari per tahun USD 300, maksimal 20 hari per tahun Tergantung pilihan Nasabah
Santunan
HIV/AIDS 25 juta Tidak Ada Allianz
Penyakit Kritis Katastropik 500 juta Tidak Ada Allianz
Peralatan Medis yang Tahan Lama (cth: kursi roda) 50 juta Tidak Ada Allianz
Anggota Tubuh Artifisial 500 juta Tidak Ada Allianz
Perawatan Paliatif 250 juta Tidak Ada Allianz
Kematian 25 juta Tidak Ada Allianz

Lebih Bagus Allianz atau AIA?

Secara singkat dari tabel perbandingan program terbaik di atas, ada 13 poin yang dimenangkan oleh Allianz, 6 poin yang dimenangkan oleh AIA, 12 poin seri, dan 3 poin yang bergantung pada pertimbangan nasabah.

person wearing watch near laptop

Mengapa ‘Tergantung Pilihan Nasabah?’

Fitur yang dinilai ‘Tergantung pilihan Nasabah’ artinya masing-masing perusahaan asuransi memiliki nilai tambahnya masing-masing. Dari jajak pendapat nasabah-nasabah kami, jawaban mereka untuk fitur-fitur ini biasanya terbagi, ada yang lebih memilih Allianz tapi ada juga yang lebih memilih AIA. Jadi, kami tidak dapat menyimpulkan secara sepihak.

Mana yang Lebih Besar, Limit Allianz atau Limit AIA?

Misalnya, untuk limit total asuransi Allianz 20 Milyar dengan Booster 45 Milyar dibandingkan dengan limit total asuransi AIA sebesar USD 3 juta per tahun. Jawaban nasabah-nasabah kami terbagi dua.

Perbandingan Limit Allianz dengan Limit AIA

Ada nasabah yang lebih memilih Allianz karena menganggap 20 Milyar per tahun sudah cukup besar. Dengan booster (limit seumur hidup) sebesar 45 Milyar, kekurangan dalam pengobatan masih dapat dibiayai jika diperlukan, karena jarang orang yang perlu klaim besar-besaran setiap tahunnya.

Ada juga nasabah yang lebih memilih AIA karena limitnya dalam mata uang US Dollar dan total dana yang bisa diklaim seumur hidup jauh lebih besar. Jika nasabah memerlukan pengobatan dengan biaya besar setiap tahunnya di luar negeri, limit besar AIA ini tentu sangat aman.

Bagaimana dengan Anda? Limit asuransi manakah yang lebih Anda pilih? Silakan hubungi konsultan kami untuk berkonsultasi dengan menekan tombol Whatsapp di kanan bawah layar!

Apa Kelebihan Allianz dibandingkan AIA?

Selain menyediakan manfaat perawat pribadi di rumah, Allianz juga menyediakan banyak santunan untuk nasabahnya yang mengalami kondisi tertentu (cek tabel di atas). Manfaat ini tidak tersedia di AIA.

Allianz menyediakan santunan untuk anggota tubuh artifisial

Allianz menyediakan rawat jalan lanjutan untuk kondisi kecelakaan selama 30 hari setelah kecelakaan. Hal ini menguntungkan nasabah yang mengalami kecelakaan seperti digigit hewan dan memerlukan vaksin secara berkala setelah 2×24 jam, karena masih dicover asuransi.

Selain itu, manfaat rawat jalan sebelum dan sesudah rawat inap Allianz lebih panjang dari AIA. Hal ini memungkinkan nasabah untuk kontrol rawat jalan lebih lama setelah menjalani rawat inap.

Apa Kelebihan AIA dibandingkan Allianz?

AIA memiliki ketentuan prorata yang sangat menguntungkan nasabah. Meski untuk dua hari pertama, baik AIA maupun Allianz sama-sama mengabaikan ketentuan prorata, AIA hanya menagih biaya kelebihan kamar saja, sedangkan Allianz dan banyak asuransi lainnya menetapkan perhitungan prorata dengan mengalikan total tagihan. Baca selengkapnya mengenai ketentuan prorata di Ketentuan Prorata Asuransi Kesehatan.

AIA juga punya masa tunggu penyakit khusus paling pendek, hanya 300 hari dibandingkan 360 hari di Allianz. Jumlah kunjungan dokter yang dicover asuransi juga tidak dibatasi di AIA selama nasabahnya menjalani rawat inap. Artinya, dokter umum maupun spesialis bisa mengunjungi pasien (nasabah AIA) berkali-kali dalam sehari tanpa nasabah perlu nombok membayar klaim.

Mana yang Lebih Bagus: Allianz atau AIA?

Pendapat para nasabah kami berbeda mengenai produk mana yang lebih bagus. Meski dari tabel perbandingan di atas terlihat bahwa Allianz memenangkan lebih banyak poin, tidak sedikit juga nasabah kami yang akhirnya memilih produk AIA dengan alasan-alasan di atas.

Dalam memilih asuransi kesehatan, fokuslah pada fitur asuransi yang penting. Tidak semua poin di atas nilainya setara. Misalnya, manfaat akupuntur dan fisioterapi nilainya tidak sama dengan rawat inap, karena besarnya dana yang dikucurkan juga berbeda jauh.

two organic eggs

Pastikan asuransi pilihan Anda menang di poin-poin yang benar-benar penting. Jika perlu, Anda juga bisa mencari tahu sendiri berapa biaya masing-masing fitur yang ditawarkan.

Saran kami yang utama adalah menomorsatukan manfaat rawat inap, karena rawat inaplah yang memakan biaya paling besar dalam pengobatan. Untuk kasus ini, AIA berpotensi mengcover lebih banyak biaya dibandingkan Allianz.

Mana yang menurut Anda lebih penting? Setiap nasabah pasti mempunyai keputusannya masing-masing. Jangan sungkan untuk berkonsultasi langsung dengan tim kami!

Sudah Puas Membandingkan, Sekarang Ingin Tahu Preminya? Ingin Mengetahui Produk Asuransi Lainnya?

gray concrete road between brown and green leaf trees at daytime

Perbandingan asuransi tentu tidak akan lengkap tanpa mengetahui berapa premi yang harus Anda bayarkan. Untuk itu, segera hubungi konsultan kami melalui tombol Whatsapp di kanan bawah atau isi form di bagian bawah laman ini.

Perlu diingat, tabel di atas merupakan perbandingan produk terbaik Allianz dan AIA. Selain Hospital & Surgical Care Premier X versi Signature, Allianz juga memiliki 8 variasi produk lainnya. AIA juga memiliki 4 variasi produk selain produk Platinumnya. Bisa jadi produk yang lain lebih sesuai dengan kebutuhan Anda. Daripada pusing mencari, langsung saja kontek tim kami. Bisa jadi ada produk lain yang lebih cocok untuk Anda!

Perbandingan Produk Terbaik Lainnya

Send Us A Message

error: Content is protected !!
Chat Langsung
Chat Kami di 087774734200
Halo, Anda cari asuransi apa? Kesehatan/ jiwa/ travel/ dsb atau merek tertentu (Generali, Allianz, dsb)?