Tanya Langsung

25 Ide Kegiatan Lansia: Ajak Ortumu Tetap Aktif!

Tanya Langsung

kegiatan lansia

Bingung mencari ide kegiatan lansia? Semakin bertambahnya umur, ruang sosialisasi kita secara perlahan biasanya semakin berkurang. Inilah yang sering dirasakan oleh orang-orang yang memasuki lanjut usia. Anak-anak mereka yang sudah tumbuh dewasa dan berkeluarga, sibuk dengan dunianya masing-masing.

Para anak yang sudah dewasa seringkali bingung mencari ide kegiatan produktif untuk lansia, agar orang tua mereka tetap aktif dan hidup berkualitas di usia senja. Ada beberapa kegiatan yang menarik untuk lansia agar orang tua Anda tetap aktif bergerak dan mengasah pikiran.

Berikut berbagai ide-ide kegiatan yang menarik untuk lansia. Jika waktu Anda tidak memungkinkan Anda untuk menghabiskan banyak waktu dengan orang tua Anda, maka beberapa ide di bawah ini bisa Anda gunakan juga untuk membuat orang tua Anda lebih aktif.

1. Ajak Orang Tua Berdiskusi/Ngobrol

Percakapan atau diskusi dapat merangsang sel-sel otak. Meski Anda tidak serumah, atau bahkan tidak senegara, Anda dapat menelpon orang tua Anda agar mereka bisa mengobrol (terutama jika mereka tidak punya banyak teman atau jarang mengobrol).

bingung cari ide kegiatan lansia? Cek puluhan ide kegiatan lansia disini

Selain membantu otak mereka menjadi aktif, kegiatan mengobrol dengan Anda bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk mereka. Perhatian Anda mungkin bisa mengurangi stress, yang jika dibiarkan dapat mengakibatkan demensia (pikun), jantung, hingga stroke.

Menurut para pakar psikolog, agar orang tua terhindar dari stres harus sering diajak berbicara, didorong untuk sering berkumpul dan melakukan kegiatan bersama orang-orang seusianya. Usahakan jangan mendiskusikan topik yang negatif atau membuat stress (misalnya COVID-19, jika tidak perlu-perlu amat).

2. Membuat Blog/Video Blog

Orang tua Anda mungkin memiliki cerita yang menarik di masa mudanya. Gunakan kesempatan Anda mengobrol dengan mereka untuk mengorek info lebih jauh. Siapa tahu, ada topik menarik, misalnya jaman dulu vs jaman sekarang, yang bisa dijadikan konten blog atau video blog, terutama jika orang tua Anda senang berkreasi.

A person and person posing for a pictureDescription automatically generated

Kegiatan ini bisa menjadi kegiatan produktif untuk lansia. Anda dapat mencari freelancer untuk membantu urusan masalah teknisnya. Siapa tahu, dengan aktif di media sosial, orang tua Anda bisa mendapatkan teman-teman baru!

3. Bermain Kartu atau Board Game

Sebagian besar lansia mengalami kesulitan melakukan kegiatan fisik yang berkepanjangan. Oleh karena itu, mempelajari permainan kartu atau papan baru merupakan cara yang baik untuk menjaga pikiran tetap tajam dan menumbuhkan perasaan senang.

bingung cari ide kegiatan lansia? Cek puluhan ide kegiatan lansia disini

Kegiatan lansia ini bisa dilakukan beramai-ramai dan selalu menyenangkan untuk dilakukan. Beberapa permainan seru yang bisa Anda coba mainkan bersama orang tua:

  • Scrabble
  • Catur
  • Domino
  • Mahjong
  • Poker
  • Monopoli
  • Bingo
  • Catur Cina
  • Yahtzee

4. Belikan Gadget: iPad, Tablet, Nintendo Wii atau Play Station

Jika orang tua Anda merupakan pribadi yang jenaka, maka Anda bisa menghadiahkan mereka gadget untuk mengisi waktu mereka. Dengan perangkat tersebut, orang tua Anda bisa main game yang interaktif.

bingung cari ide kegiatan lansia? Cek puluhan ide kegiatan lansia disini

Penelitian dari British Medical Journal menunjukkan bahwa aktivitas fisik atau olahraga pasif saja tidak cukup untuk mengurangi resiko demensia/pikun secara signifikan. Video game dapat membantu mengasah otak serta motorik orang tua agar tetap aktif.

5. Memasak Bersama Lebih Seru

Memasak juga bisa jadi kegiatan yang menarik untuk lansia terlebih jika dilakukan bersama-bersama dengan orang terkasih mereka. Apalagi, jika orang tua Anda memang hobi masak. Anda bisa mencoba membuat menu baru andalan yang belum pernah orang tua Anda coba sebelumnya.

A picture containing person, person, indoor, preparingDescription automatically generated

Kegiatan lansia ini adalah cara yang bagus berbagi waktu berkualitas. Anda bisa mengajak orang tua memasak bersama di akhir pekan untuk membuat menu andalan sekaligus belajar teknik-teknik memasak yang belum Anda ketahui.

Belikan mereka bahan-bahan beserta peralatan masaknya. Jika Anda harus membeli peralatan masak yang baru, pastikan alat-alatnya tidak berat agar para orang tua bisa dengan mudah menggunakannya.

Terlebih jika ada acara khusus seperti ulang tahun, membuat kue juga jadi alternatif kegiatan untuk lansia yang bagus dan menyenangkan. Momen-momen seperti ini akan memberikan kenangan indah tersendiri saat orang tua telah tiada.

6. Bermain dengan Cucu Memberi Perasaan Hangat dan Bahagia

bingung cari ide kegiatan lansia? Cek puluhan ide kegiatan lansia disini

Bagi para orang tua lanjut usia, bermain bersama cucu adalah cara yang menyenangkan. Meskipun mereka tidak selincah anak-anak kecil, namun secara tidak sadar mereka akan berusaha ikut bergerak mengikuti kemana si anak berlari.

Tak hanya itu, kehadiran anak kecil juga bisa jadi teman mengobrol yang seru bagi orang tua sehingga memberikan perasaan damai karena bisa berkumpul bersama keluarga tercinta.

Tapi, jika Anda tidak punya anak, jangan khawatir! Masih banyak pilihan kegiatan lansia lainnya.

6. Anjurkan Orang Tua Bergaul dengan Teman Sebayanya

Kegiatan untuk lansia berikutnya adalah membiarkan orang tua atau kakek nenek Anda bergaul dengan teman-teman atau kelompok sosial yang dikenal atau ditemui. Salah satu hal yang sangat menyenangkan bagi para lansia adalah berbicara dan mereka tetap butuh teman bergaul.

bingung cari ide kegiatan lansia? Cek puluhan ide kegiatan lansia disini

Anda juga harus lebih sering mengajak orang tua berinteraksi agar tidak kesepian saat di rumah. Walaupun mereka mengerti bagaimana menggunakan smartphone, berinteraksi masih jadi kegiatan yang baik untuk menyenangkan mereka.

7. Ajak Orang Tua Menonton Film

Menonton film juga bisa jadi salah satu kegiatan untuk lansia. Sisihkan waktu untuk mengajak orang tua menonton beberapa film drama maupun klasik. Setelah selesai menonton, usahakan Anda tetap berinteraksi dengan orang tua.

A picture containing personDescription automatically generated

Sebetulnya menonton film bukan termasuk kegiatan produktif untuk lansia karena bersifat pasif sehingga kurang merangsang hal-hal kognitif. Ajak mereka berdiskusi mengenai film yang barusan diputar. Tanyakan soal karakter yang paling berkesan atau bagaimana seharusnya jalan cerita tersebut terjadi menurut versi mereka.

8. Manjakan Mereka dengan Terapi Pijat

Sesekali tak ada salahnya untuk memanjakan orang tua Anda dengan kegiatan yang menarik untuk lansia, yakni relaksasi di spa. Terapi spa dengan aroma terapy lavender sangat baik untuk melemaskan otot-otot kaki agar tidak kaku saat berjalan.

A picture containing person, indoorDescription automatically generated

Selain itu, pijatan profesional dari para terapis membantu meredakan ketegangan yang mungkin selama ini mengganggu. Bahkan mengoleskan lotion yang bagus di tangan, kaki membuat mereka terasa rileks. Terapi pijat juga bisa meningkatkan kualitas tidur orang tua. Jadi, kalau orang tua Anda sedang sering bete atau marah-marah, coba atur waktu dengan terapis pijat!

Manikur dan pedikur bisa jadi ide bagus untuk kegiatan lansia, terutama ibu atau nenek Anda. Apakah ia ingin memakai warna favorit atau hanya sekedar perawatan kuku dan pijat kaki untuk ayah atau kakek Anda. Ini bisa jadi kegiatan yang menarik untuk lansia sekaligus membuat mereka merasakan yang terbaik dalam hidup.

9. Berkebun

Berkebun adalah cara yang bagus untuk mengajak orang tua Anda keluar rumah. Kegiatan untuk lansia ini tidak membutuhkan banyak aktivitas fisik sehingga bisa menjadi salah satu hal yang mereka nikmati tanpa memaksakan diri terlalu keras.

A picture containing indoor, person, flower, plantDescription automatically generated

Tak perlu lahan yang luas, Anda bisa mengajak orang tua melakukan kegiatan untuk lansia di rumah. Dengan begitu Anda pun bisa selalu memantau mereka ketika membutuhkan bantuan. Berkebun merupakan cara sempurna untuk membuat para lansia berada di luar ruangan dan mengerjakan sesuatu yang akan tumbuh dan berkembang seiring waktu.

10. Jalan-Jalan ke Taman

Mulai lah pagi hari dengan aktivitas menyenangkan. Misalnya saja jalan-jalan ke taman, jangan lupa ajak juga orang tua Anda. Kegiatan produktif untuk lansia ini tak hanya menyenangkan tetapi juga menyehatkan.

Meluangkan waktu untuk beraktivitas di alam sangat baik untuk kesehatan jantung dan membuat suasana hati mereka jadi lebih sejuk. Ini jadi salah satu kegiatan yang menarik untuk lansia, meski terbilang sederhana hal itu bisa membuat perbedaan besar.

11. Mengunjungi Museum

Museum akan selalu memberikan Anda pemandangan dan gambaran sesuatu yang berbeda sekaligus membuka pikiran tentang hal-hal yang belum pernah kita ketahui atau jumpai. Nah, pergi kesini juga merupakan alternatif kegiatan yang menarik untuk lansia karena siapa tahu orang tua jarang atau bahkan belum pernah melihat-lihat betapa indah dan mengagumkannya sebuah museum.

Museum bisa menjadi tempat untuk menghindari keramaian sehingga orang tua Anda merasa lebih damai sekaligus senang melihat hal-hal berbeda yang selama ini dilihatnya. Pertimbangkan juga untuk mengikuti tur museum untuk pengalaman yang lebih menarik.

12. Mencoba Restoran Baru

Ajak orang tua Anda ke restoran baru yang belum pernah dikunjungi. Namun, kalau sulit karena PPKM/lockdown, Anda bisa memesan makanan-makanan baru yang selama ini belum pernah dicoba orang tua Anda.

A person pouring wine into a glassDescription automatically generated with medium confidence

Berbagai makanan bersama dengan ayah dan ibu yang sudah lanjut usia adalah sesuatu yang sangat istimewa dan tak tergantikan. Seringkali kegiatan untuk lansia ini dianggap remeh di zaman sekarang ini.

13. Olahraga Bersama

Seiring bertambahnya usia, olahraga mungkin menjadi lebih sulit. Meski begitu, orang tua Anda tetap harus aktif untuk meminimalisir terkena penyakit. Olahraga bisa jadi kegiatan produktif untuk lansia yang akan membantu mereka tetap sehat secara fisik dan juga meningkatkan suasana hati.

A person carrying a person on her backDescription automatically generated with low confidence

Ada banyak kegiatan untuk lansia yang bisa Anda dan orang tua lakukan, seperti berenang atau yoga. Kedua aktivitas olahraga ini mampu meningkatkan fleksibilitas dan menjaga persendian tetap lentur.

14. Ajak Liburan Bersama

A group of people standing on a beach at sunsetDescription automatically generated with medium confidence

Anda bisa mengajak orang tua Anda bertamasya ke tempat-tempat liburan. Kegiatan ini bagus untuk perubahan suasana, terutama di masa-masa lockdown dimana orang tua sering terkungkung di rumah saja.

Berjalan-jalan di alam dapat meningkatkan kesehatan mental seseorang, tua maupun muda. Pasti rasa stress orang tua Anda akan berkurang.

15. Memelihara Hewan

Memelihara hewan peliharaan dapat mengurangi perasaan-perasaan negatif, membuat orang usia lansia lebih ceria. Kalau Anda memang cukup sulit mengatur jadwal untuk menemani orang tuamu yang sudah lansia, coba beri saran hewan peliharaan seperti anjing atau kucing. Bisa juga kelinci, burung, ikan, kura-kura, apapun itu yang orang tua Anda sukai.

Hewan peliharaan bisa menjadi sahabat baik bagi para lansia. Selain bisa menemani hari-hari mereka saat Anda sibuk, memelihara hewan juga akan membuat orang tua Anda ikut aktif bergerak. Sebab mereka harus memberi makan dan sering mengajaknya jalan-jalan.

bingung cari ide kegiatan lansia? Cek puluhan ide kegiatan lansia disini

Dengan adanya hewan peliharaan, membantu para lansia lebih interaktif, ketika mereka sudah tidak bisa melakukan hal serupa di lingkungan sosialnya. Anda bisa mencoba dulu dengan meminjam hewan peliharaan teman atau tetangga.

16. Daftarkan ke Komunitas Dansa atau Menari

Menari atau dansa bisa jadi kegiatan yang menarik untuk lansia. Selain menyenangkan, para lansia biasanya akan memanfaatkan setiap kesempatan untuk bersosialisasi.

bingung cari ide kegiatan lansia? Cek puluhan ide kegiatan lansia disini

Nah, dengan mengikuti kelas menari atau komunitas dansa, mereka bisa bisa bersama-sama melakukan gerakan koreografi sembari bertukar cerita dan tawa. Kegiatan ini bermanfaat menjadikan pikiran fresh. Maka tak ada untuk mendaftarkan orang tua ke komunitas lansia yang punya jadwal pertemuan rutin dengan didampingi perawat lansia.

17. Ikut Berpatisipasi Dalam Kegiatan Amal

Jika orang tua Anda tidak sering bepergian atau hanya tinggal di rumah saja, sebetulnya mereka masih bisa berbaur dengan masyarakat untuk bersosialisasi. Ikut berpatisipasi dalam kegiatan amal termasuk kegiatan yang menarik untuk lansia sehingga mereka dapat tetap terlibat dan merasakan tujuan serta pencapaian.

bingung cari ide kegiatan lansia? Cek puluhan ide kegiatan lansia disini

Bantu dengan menghubungi badan amal, rumah sakit, atau organisasi keagamaan setempat untuk mencari tahu apakah mereka punya proyek yang bisa dikerjakan untuk orang tua Anda. Beberapa kegiatan tersebut bisa seperti merajut, membuat selimut tanpa jahitan, atau bisa juga membantu merakit paket perawatan.

18. Bergabung dengan Kelompok Olahraga

Komunitas olahraga bersama seperti Tai Chi, senam bersama, dan sebagainya dapat menjadi ide kegiatan yang menarik untuk lansia. Berolahraga jika dilakukan bersama anggota grup atau kelompok dapat meningkatkan motivasi dan membuat olahraga jadi lebih menyenangkan. Orang tua Anda pasti merasa senang bisa ikut dalam kegiatan ini dengan berolahraga ringan atau sekedar mencari keringat. Segera hubungi komunitas olahraga yang ada di lingkungan dekat rumah Anda.

bingung cari ide kegiatan lansia? Cek puluhan ide kegiatan lansia disini

Selain komunitas olahraga, bisa juga Anda daftarkan orang tua Anda ikut kelas kebugaran. Misalnya senam atau yoga. Bikin tujuan untuk mencoba sebanyak mungkin bentuk latihan yang diajarkan dan cari tahu Gerakan apa yang paling disukai. Beri tahu juga kepada instruktur tentang cedera yang pernah dialami orang tua Anda di masa lalu agar meminimalisir cedera tersebut kambuh.

19. Belajar Memainkan Alat Musik

Meskipun orang tua Anda dulu bukanlah seorang pemusik, tak ada salahnya menawarkan mereka untuk ikut kursus alat musik. Dengan memainkan alat musik, orang tua Anda akan mampu mengekspresikan diri melalui ritme, ketukan, dan melodi. Pilih alat musik yang sekirang disukai orang tua Anda.

A person sitting on a bench playing a musical instrumentDescription automatically generated with low confidence

Kini sudah banyak cara modern untuk belajar alat musik, antara lain dengan menggunakan aplikasi pada tablet/ipad. Jadi, orang tua Anda bisa belajar kapan saja sesuai waktu mereka.

20. Membuat Kerajinan Tangan

Para lansia tak lepas dari yang namanya rasa jenuh. Oleh karena itu, Anda harus membantu orang tua Anda mencarikan kegiatan produktif untuk lansia. Salah satu aktivitas yang dilakukan adalah membuat kerajinan tangan untuk mengisi waktu luang.

bingung cari ide kegiatan lansia? Cek puluhan ide kegiatan lansia disini

Jika Anda masih memliki kakek atau anggota keluarga yang usianya sudah lanjut, mengajaknya bersama-sama membuat suatu kerajinan tangan jadi pilihan kegiatan yang menarik untuk lansia. Selain dapat mengusir rasa jenuh saat berada di rumah, kegiatan ini juga bisa membantu mengasah kemampuan artistik para orang tua lansia.

21. Menghadiri Seminar Akademik

Kalau kegiatan yang satu ini cocok banget untuk orang tua Anda yang sudah berusia lanjut tapi masih senang dengan hal-hal yang berbau akademik. Anda bisa menyarankan atau mengajaknya untuk menghadiri seminar akademik. Selain sarana yang bagus untuk bersosialisasi, kegiatan untuk lansia ini memberikan manfaat meningkatkan daya ingat dan menambah pengetahuan.

A picture containing tree, person, computer, outdoorDescription automatically generated

22. Ajak ke Festival Seni

Kalau orang tua Anda yang berusia lanjut sangat menyukai dan menghargai seni, coba ajak dan ambil bagian dalam festival seni. Berbagai acara dan parade meriah yang diadakan setiap tahunnya akan membuat para orang tua lansia ikut senang dan bahkan tak sedikit mungkin yang ikut berjoget larut dalam musik, tarian, hingga film yang diputar.

23. Buat Proyek Daur Ulang

Supaya kegiatan Anda beserta orang tua menyenangkan saat ada di rumah, coba kalian untuk membuat proyek daur ulang. Berkreativitas sambil menyelamatkan bumi adalah kegiatan yang memberikan kebahagiaan tersendiri. Alih-alih membuang botol plastik dan toples bekas, Anda bersama orang tua menjadikannya barang yang berguna baik itu untuk tempat menanam di rumah atau jadi dekorasi pelengkap interior dan pesta.

24. Karaoke Bersama

Sekarang karaoke bisa dimana saja, termasuk di rumah. Ceriakan rumah Anda dan mari bernyanyi bersama orang tua dengan mendendangkan lagu-lagu tahun 60-70an yang familiar untuk mereka. Ajak saudara-saudara yang lain untuk ikut bergabung, makin banyak anggota keluarga suasana semakin seru.

A person holding a microphoneDescription automatically generated with medium confidence

25. Meditasi

Selain berfungsi menenangkan diri, meditasi dapat memperlambat penuaan otak. Hasil scan otak orang-orang yang bermeditasi selama beberapa tahun memperlihatkan volume otak yang lebih besar, serta memperkuat hubungan antar berbagai jaringan otak. Meditasi juga terbukti dapat memperlemah amygdala, bagian otak yang menyimpan emosi negatif serta trauma.

A picture containing outdoor, tree, person, curbDescription automatically generated

Demikian 25 ide kegiatan lansia dari kami. Semoga bisa membantu Anda merencanakan kesibukan bagi orang tua Anda, agar mereka sehat selalu. Pastikan juga asuransi kesehatan mereka sudah memadai. Silakan cek artikel kami 5 Rekomendasi Asuransi Kesehatan untuk Orang Tua untuk mendapatkan ulasan berbagai produk pilihan nasabah kami. Anda juga dapat konsultasi gratis langsung melalui tombol Whatsapp di kanan bawah. Selamat beraktivitas!

Featured Articles

error: Content is protected !!
Chat Langsung
Chat Kami di +6287774734200
Halo, Anda cari asuransi apa? Kesehatan/ jiwa/ travel/ dsb atau merek tertentu (Generali, AXA, Allianz, dsb)?