Temukan Asuransi Anda Sekarang

Tanya Langsung

Mengenal Asuransi Jiwa Manulife Essential Assurance

Cara dan Syarat Klaim Manulife Essential Assurance

Ada banyak bentuk proteksi yang bisa kita pilih untuk menjamin masa depan orang yang dicintai. Salah satu produk proteksi yang bermanfaat dan cukup banyak diminati orang adalah asuransi jiwa. Dalam praktiknya, asuransi jiwa tidak hanya memberikan perlindungan dalam hal pendidikan dan kesehatan tetapi juga keamanan finansial keluarga yang ditinggalkan.

Jadi jangan heran apabila banyak sekali perusahaan asuransi swasta yang menawarkan produk asuransi jiwa. Salah satunya adalah asuransi jiwa Manulife yang dikenal pula dengan nama Manulife Essential Assurance. Lalu, apakah Manulife Essential Assurance itu dan manfaat apa saja yang bisa didapatkan?

Mengenal Manulife Essential Assurance

Mengenal Asuransi Jiwa Manulife Essential Assurance, produk asuransi dengan nilai tunai yang dijamin
Blok Huruf Kayu Putih dan Coklat di Meja Putih – Photo by Olya Kobruseva

Essential Assurance adalah produk asuransi jiwa Manulife yang memiliki banyak manfaat mulai dari perlindungan seumur hidup sampai pertanggungan pada nasabah meninggal akibat kecelakaan. Untuk mendapatkan manfaat asuransi, nasabah tentu wajib membayar premi sesuai dengan plan yang dipilih.

Pilihan pembayaran preminya pun beragam mulai dari bulanan, per kuartal, per semester, hingga tahunan dengan masa pembayaran 5 – 20 tahun. Hal ini jelas menguntungkan bagi Anda yang ingin memiliki asuransi jiwa tetapi budget yang dimiliki terbatas.

Agar perlindungan yang didapatkan maksimal, Anda bisa mengajukan asuransi tambahan (rider). Adapun pilihan rider yang bisa kita rasakan manfaatnya adalah:

  1. Manulife Medicare Plus; yaitu rider untuk penggantian biaya rumah sakit akibat perawatan atau kecelakaan. Tertanggung juga akan menerima santunan harian jika didiagnosis menderita tifus, demam berdarah, ataupun malaria.
  2. Manulife Crisis Cover; yaitu rider jika tertanggung didiagnosis menderita salah satu dari 56 penyakit kronis menurut Manulife.
  3. Waiver of Premium; yaitu rider untuk membebaskan tertanggung yang belum bisa menunaikan kewajiban membayar premi dasar karena ketidakmampuan total.
  4. Accidental Death and Disability Benefit; yaitu rider yang memberi manfaat untuk tertanggung meninggal, atau ketidakmampuan total dan cacat akibat kecelakaan.
  5. Advanced Life Protector; yaitu rider berupa tambahan manfaat meninggal tertanggung dengan pilihan jangka waktu pembayaran premi yang lebih bervariasi.

Untuk pilihan asuransi utama, Manulife Essential Assurance juga menyediakan pilihan plan sesuai dengan kebutuhan dan manfaat yang ingin didapatkan oleh nasabah, yaitu Silver, Gold, Platinum, dan Executive Platinum. Masing-masing plan tentu memiliki keunggulan dengan jumlah premi sesuai pilihan metode pembayaran dan masa pembayaran premi asuransi.

Apabila tertarik dengan produk unggulan Manulife ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

  1. Usia tertanggung minimal 18 tahun dan maksimal 70 tahun ketika pengajuan aplikasi
  2. Usia pemegang polis minimal 18 tahun
  3. Pembayaran premi menggunakan mata uang rupiah
  4. Tertanggung dalam kondisi sehat, tidak memiliki penyakit kronis, dan tidak merokok
  5. Tertanggung memiliki kondisi keuangan ideal dan akan dinilai kemampuan pembayaran preminya

Selain syarat di atas, ada beberapa ketentuan lain yang perlu dipenuhi termasuk persyaratan dokumen dan administrasi lainnya. Untuk bisa bergabung dan menerima manfaat asuransi ini, Anda bisa menghubungi agen Manulife yang akan membantu proses pendaftaran dan merencanakan skema pembayaran premi yang tepat.

Skema Perhitungan Premi dan Manfaat Manulife Essential Assurance

Skema Perhitungan Premi dan Manfaat Asuransi Jiwa Manulife Essential Assurance

Untuk mendapatkan gambaran jelas manfaat asuransi ini, berikut skema perhitungan premi asuransi jiwa Manulife Essential Assurance.

Donny adalah pria berusia 30 tahun, tidak merokok, dan memilih masa pembayaran premi selama 10 tahun. Jika terjadi beberapa peristiwa dalam hidupnya, maka Donny akan mendapatkan manfaat berupa:

  1. Uang pertanggungan dan santunan meninggal sebesar Rp1 miliar hingga berusia 99 tahun
  2. Bonus uang pertanggungan dan santunan meninggal akibat kecelakaan Rp100 juta proteksi hingga berusia 99 tahun
  3. Total dana di Manulife adalah Rp126.100.000 hingga berakhirnya masa pembayaran premi
  4. Manfaat akhir kontrak di usia 99 tahun berupa nilai tunai sebesar Rp1 miliar
  5. Mendapat Nilai Tunai yang Dijamin sesuai pilihan plan apabila polis ditutup di tengah kontrak
  6. Jika meninggal di usia 60 maka nilai tunai yang dijamin sekitar Rp220 juta

Itulah gambaran manfaat yang akan didapat ketika Anda memilih premi dan masa pembayaran seperti yang dilakukan oleh Donny. Lalu, bagaimana cara dan syarat klaim manfaat Manulife Essential Assurance?

Cara dan Syarat Klaim Manulife Essential Assurance

Cara dan Syarat Klaim asuransi jiwa Manulife Essential Assurance
Kacamata Bingkai Hitam di Atas Kertas Putih – Photo by Mikhail Nilov

Banyak yang menganggap memiliki asuransi jiwa merupakan hal sia-sia. Pasalnya, asuransi ini hanya bisa bermanfaat ketika masa pembayaran premi usai atau terjadi kematian. Padahal di dalam kehidupan, banyak hal tidak pasti terjadi termasuk salah satunya kecelakaan.

Inilah mengapa memiliki asuransi jiwa akan sangat membantu keluarga yang ditinggalkan apalagi ketika pemegang polis merupakan kepala keluarga. Untuk mengklaim hak dan mendapatkan manfaat asuransi sebenarnya bukan hal sulit. Selama dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan terpenuhi, prosesnya tidak akan terlalu berbelit.

Berikut beberapa persyaratan klaim yang harus dipersiapkan, yaitu:

  1. Mengisi form klaim dari Manulife
  2. Menyiapkan akta kematian
  3. Menyertakan fotokopi KTP pemegang polis dan ahli waris
  4. Menyertakan fotokopi KK untuk menunjukkan hubungan pemegang polis dan ahli waris
  5. Menyertakan akta kelahiran (apabila ahli waris belum memiliki KTP)
  6. Menyertakan polis asuransi nasabah
  7. Dan menyertakan fotokopi rekening buku ahli waris

Sebelum proses klaim dilanjutkan, ada baiknya Anda mengajukan dulu proses penghentian debet tabungan nasabah yang meninggal untuk menghentikan pembayaran premi. Sebaiknya, berkonsultasilah dulu dengan pihak terkait agar proses klaim berjalan lancar.

Biasanya proses klaim tidak akan membutuhkan waktu lama, asalkan semua dokumen disertakan dan ahli waris hadir. Syarat dan cara ini berlaku juga untuk kematian akibat kecelakaan seperti kecelakaan mobil, pesawat, atau kendaraan lain yang mengakibatkan kematian.

Untuk klaim kecelakaan yang mengakibatkan cacat, syaratnya tidak jauh berbeda dan biasanya membutuhkan surat keterangan dari rumah sakit bahwa tertanggung benar-benar mengalami kecelakaan. Jadi, tertarik untuk menerima manfaat asuransi jiwa Manulife?

Untuk informasi lain tentang produk asuransi jiwa Manulife dan perusahaan asuransi swasta lainnya, silakan cek laman partner kami. Atau, Anda dapat langsung konsultasi dengan menekan tombol WhatsApp di kanan bawah. Semoga bermanfaat.

Featured Articles

error: Content is protected !!
Chat Langsung
Chat Kami di +6287774734200
Halo, Anda cari asuransi apa? Kesehatan/ jiwa/ travel/ dsb atau merek tertentu (Generali, AXA, Allianz, dsb)?