Tanya Langsung

Berapa Biaya Endoskopi Lambung dan Bagaimana Prosedurnya?

Tanya Langsung

berapa biaya endoskopi lambung dan bagaimana prosedurnya?

 

Apakah Anda dianjurkan endoskopi, dan ingin mengetahui berapa biaya endoskopi lambung? Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya sakit perut, mulai dari mual, rasa nyeri, muntah, sampai menyebabkan sakit kepala. Namun, Anda perlu berhati-hati jika rasa sakit di perut seringkali dialami atau terus menerus, seperti mag, bisa jadi ada tidak beres dengan pencernaan Anda. Salah satu prosedur medis yang disarankan adalah endoskopi. Jika dokter mengharuskan untuk menjalaninya, kira-kira berapa biaya endoskopi lambung yang dikeluarkan pasien sekali pemeriksaan? Yuk, baca lebih lanjut.

 

Pengertian Endoskopi

Endoskopi adalah suatu tindakan medis non-bedah yang dilakukan dengan cara memasukkan alat khusus ke dalam organ manusia. Melalui alat berupa tabung fleksibel yang dilengkapi lampu dan kamera kecil, dokter dapat memeriksa sistem pencernaan Anda secara visual.

A picture containing personDescription automatically generated

Prosedur endoskopi dibagi menjadi beberapa jenis, tergantung dari bagian tubuh mana yang akan diperiksa. Ada endoskopi bagian atas yang dilakukan melalui mulut dan tenggorokan yang kemudian masuk ke kerongkongan agar dapat melihat dengan jelas kondisi kerongkongan, lambung, serta bagian atas usus kecil.

Endoskopi juga bisa dilakukan dalam usus besar dengan memasukkan alat melalui rektrum untuk memeriksa area usus. Prosedur endoskopi bagian bawah ini disebut juga sigmoidoskopi atau kolonoskopi.

Bentuk khusus dari endoskopi sendiri umumnya disebut endoskopik retrograde cholangiopancreaticography atau disingkat ERCP. Tindakan ini memungkinkan untuk pengambilan gambar pankreas, kantung empedu, dan struktur organ terkait. Selain itu, ERCP juga dipakai untuk menempatkan biopsi dan stent.

Hal itulah yang menyebabkan harga endoskopi setiap pasien berbeda-beda menurut cara dan kebutuhan pemeriksaan.

Jenis-Jenis Endoskopi

apa saja organ yang bisa diendoskopi? Berapa biaya endoskopi lambung? Simak lengkapnya disini

Perlu Anda ketahui bahwa endoskopi adalah wadah besar dari bermacam-macam pemeriksaan dengan menggunakan suatu alat bantu khusus yang dimasukkan ke dalam organ pasien. Jenis-jenis prosedur endoskopi diantaranya adalah:

  • Endoskopi (pencernaan bagian atas)
  • Enteroskopi (usus halus)
  • Kolonoskopi (bagian usus besar)
  • Sigmoidoskopi (rektrum dan bagian bawah usus besar)
  • Sitoskopi (kandung kemih)
  • Artroskopi (persendian)
  • Laringoskopi (laring)
  • Bronkoskopi (paru-paru)
  • Mediastinoskopi (area di antara paru-paru)
  • Torakoskopi (area di antara paru-paru dan dada)
  • Ureteroskopi (ureter)
  • Laparoskopi (area perut atau panggul)
  • Histeroskopi (bagian dalam rahim)

Berhubung prosedur endoskopi yang paling banyak dilakukan adalah terhadap pasien yang mengalami gangguan pencernaan, maka secara umum pengertian endoskopi biasanya mengacu ke endoskopi lambung.

Untuk Apa Dilakukan Endoskopi?

Masing-masing rumah sakit menetapkan harga endoskopi yang berbeda-beda. Namun, hal itu dikarenakan endoskopi bisa dimanfaatkan untuk berbagai tujuan medis. Berikut ini beberapa tujuan dilakukannya pemeriksaan endoskopi:

  1. Mendeteksi Gejala

Prosedur endoskopi mampu membantu dokter mendeteksi dan menentukan apa yang jadi penyebab gejala pada pencernaan pasien. Apakah mual, sakit perut, muntah, sulit untuk menelan, hingga pendarahan gastrointestinal.

A picture containing outdoor, orangeDescription automatically generated

  1. Mendiagnosis Suatu Penyakit

Jenis endoskopi yang direkomendasikan oleh dokter Anda tergantung dari bagian tubuh mana yang akan diperiksa. Dari pemeriksaan tersebut bisa diketahui darimana gejalanya berasal sehingga dokter dapat melakukan pengangkatan sampel jaringan atau biopsi pada saluran pencernaan yang bermasalah. Selanjutnya sampel jaringan tersebut akan diperiksa lebih lanjut di lab sampai dokter bisa mendiagnosis penyakit Anda.

A person in a lab coatDescription automatically generated with medium confidence

  1. Mencegah Kanker Lebih Dini

Tindakan biopsi tidak hanya untuk mendiagnosis suatu penyakit saja, tetapi juga mambantu pasien mencegah jenis kanker tertentu lebih dini. Pada prosedur kolonoskopi, dokter akan mengambil polip yang tumbuh di dalam usus besar. Langkah ini sangat penting dilakukan karena polip bisa berkembang menjadi kanker usus besar apabila dibiarkan.

  1. Perawatan atau Penanganan Suatu Penyakit

Selain mencegah kanker, prosedur endoskopi dapat dimanfaatkan oleh para dokter untuk menangani suatu penyakit. Beberapa penyakit yang biasanya mendapat rekomendasi dilakukan dengan metode endoskopi adalah:

  • Terapi laser atau gelombang mikro yang bertujuan menghancurkan sel-sel kanker
  • Penanganan pada saluran cerna menggunakan alat bedah berukuran kecil
  • Operasi laparoskopi, dimana dokter membuat sayatan kecil pada kulit
  • Memberikan obat pada organ yang bermasalah.

Melalui endoskopi, dokter juga bisa mengobati masalah pada pencernaan Anda, seperti membakar pembuluh darah yang robek untuk menghentikan pendarahan. Melebarkan kerongkongan yang sempit, dan memotong polip.

berapa biaya endoskopi lambung dan bagaimana prosedurnya? Tidak seseram di gambar kok!

Dengan manfaat dan perawatan yang beragam ini mempengaruhi besarnya biaya endoskopi. Prosedur endoskopi ini dilakukan tergantung dari gejala apa saja yang timbul dan penanganan yang dilakukan.

Endoskopi terkadang dikombinasikan dengan prosedur medis lainnya, salah satunya adalah ultrasound. Kegunaannya yaitu dapat dilampirkan ke endoskopi untuk membuat gambar secara khusus dari dinding kerongkongan atau perut pasien.

Alat USG untuk membantu dokter mendiagnosa pasien endoskopi. Temukan info biaya endoskopi lambung disini

Ultrasonografi endoskopi adalah metode lain untuk membantu dokter melihat gambar dalam organ yang sulit dijangkau, seperti pankreas. Saat ini alat bantu endoskopi sudah menggunakan video berdefinisi tinggi agar dapat memberikan gambar lebih jelas. Dengan begitu dokter dapat mendeteksi kondisi pankreas pasien lebih baik lagi menggunakan teknologi bernama “pencitraan pita sempit”.

Prosedur Endoskopi

Sebelum menghitung biaya endoskopi, perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa tahap prosedur endoskopi yang biasa dilakukan pada semua rumah sakit. Ada tiga tahap pelaksanaan endoskopi, yaitu:

  1. Persiapan Prosedur

Umumnya dokter menganjurkan pasien untuk berpuasa atau tidak makan selama 4 hingga 8 jam sebelum endoskopi lambung. Obat-obatan seperti pengencer darah juga kemungkinan harus distop dulu.

Anesthesi atau obat bius yang diberikan untuk endoskopi lambung saja umumnya hanya bius lokal, bukan total. Tapi, tentunya tergantung pada kondisi masing-masing pasien, dan apakah ada prosedur tambahan yang perlu dilakukan sehingga memerlukan bius total.

A picture containing toy, LEGO, indoor, dollDescription automatically generated

Jangan lupa persiapkan juga dana untuk biaya endoskopi. Anda juga bisa memanfaatkan asuransi kesehatan. Cek dulu asuransi kesehatan Anda, supaya Anda bisa mengetahui biaya-biaya apa saja yang akan ditanggung. Ada asuransi yang mengcover tindakan endoskopi, dan ada yang tidak.

Anda bisa membaca pengalaman nasabah Generali kami ketika melakukan prosedur endoskopi di RSCM, di dalam preminya terdapat manfaat pertanggungan biaya untuk rawat inap dan rawat jalan dengan jumlah biaya tertentu. Biaya endoskopi lambung yang ditanggung untuk rawat inap dan rawat jalan oleh asuransi nilainya berbeda-beda.

  1. Pelaksanaan Prosedur

Umumnya prosedur endoskopi tidak mengharuskan Anda untuk menjalani rawat inap di rumah sakit. Kemudian anestesi atau obat bius yang Anda terima tergantung pada jenis endoskopinya sehingga selama pelaksanaannya Anda akan tertidur. Selama pemberian obat penenang ini, Anda akan dipantau oleh tim dokter yang mencakup pengukuran suhu, detak jantung, dan tekanan darah.

Selama pelaksanaan, dokter akan memonitor serta merekam gambar termasuk mengumpulkan biopsi untuk dilakukan pengujian sebelum dapat mendiagnosis penyakitnya. Endoskopi biasanya berlangsung selama 15 hingga 45 menit dan akan sedikit merasakan ketidaknyamanan.

  1. Akhir Prosedur

Setelah prosedur endoskopi selesai, Anda sudah diperbolehkan untuk pulang. Namun, sebelum itu setidaknya Anda butuh istirahat sekitar 1 sampai 2 jam untuk menghilangkan efek obat penenang setelah menjalani endoskopi.

Maka dari itu, jika Anda hendak melakukan pemeriksaan dengan metode endoskopi bawalah teman atau keluarga untuk menemani Anda. Sebetulnya pasien diperbolehkan menginap selama satu hari agar efek obat biusnya benar-benar hilang. Sebelum menginap, selain memastikan harga endoskopi, cek terlebih dahulu tarif rawat inap di rumah sakit tersebut.

Setelah pemeriksaan Anda akan mendapatkan hasil diagnosa dari dokter yang bersangkutan. Bagi Anda yang beberapa kali mendapati kotoran berwarna hitam, segeralah melakukan pemeriksaan seperti yang dialami seorang pasien dari klien Asuransi Now. Penyebab hitamnya kotoran yang dikeluarkan adalah karena ada pendarahan di dekat anus dan dokter juga telah mengambil sejumlah sel. Hasilnya kedapatan ada pendarahan pada saluran cernanya atau disebut juga Melena (feses gelap). Hal ini disebabkan karena kekurangan enzim sehingga saluran pencernaan bekerja terlalu keras.

Kotoran hitam? Mungkin Anda perlu cek endoskopi dan kolonoskopi. Berikut info biaya endoskopi lambung

Keunggulan Endoskopi

Pada beberapa rumah sakit harga endoskopi masih terbilang cukup terjangkau mengingat teknologi dan prosedur, serta penanganan tindakannya yang beragam. Terlebih endoskopi adalah suatu prosedur dengan beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh metode medis yang lain, seperti:

  • Endoskopi bisa melihat secara jelas lokasi dan bentuk kelainan di dalam rongga saluran pencernaan. Dokter juga dapat menentukan sekaligus mendiagnosa penyakit dari pasien dalam waktu singkat dengan bantuan monitor.
  • Hasil pemeriksaan endoskopi bisa langsung dicetak untuk diketahui hasilnya. Begitu ada kelainan bisa segera didiagnosa dan menentukan cara mengatasinya.
  • Endoskopi dapat digunakan untuk melakukan prosedur pengobatan kelainan pada saluran cerna dengan risiko yang lebih kecil daripada tindakan operasi.
  • Pada kondisi tertentu, endoskopi mampu menggantikan peran dari prosedur operasi, dimana biaya endoskopi lebih murah, dan penanganannya lebih singkat.
  • Prosedur endoskopi bisa dilakukan pada bayi dan juga anak-anak.

A picture containing person, indoorDescription automatically generated

Sementara untuk keperluan diagnosis, endoskopi juga unggul dalam mengetahui penyebab dyspepsia, nyeri pada perut bagian atas yang tidak jelas, penyebab kesulitan menelan (disfagia), terus menerus muntah, hingga menurunnya berat badan secara signifikan. Selain itu, endoskopi juga dapat digunakan untuk mengevaluasi refluks gastroesofageal, dan mencari tahu seberapa besar luka yang diakibatkan menelan zat korosif.

Endoskopi juga bisa dilakukan sebagai media pengobatan yang bertujuan mengikat pembuluh darah esofagus dan gaster yang robek akibat varises atau non varises. Keunggulan lain endoskopi adalah untuk melebarkan esofagus yang menyempit atau nama lainnya struktur pylorus, serta mengangkat benda asing yang berada dalam saluran cerna.

Biaya Endoskopi di Sejumlah Rumah Sakit

Di Indonesia, biaya endoskopi lambung sangat bervariasi. Dapat dipastikan juga bahwa setiap tahunnya biaya pemeriksaan dengan endoskopi bisa terus meningkat.

Contohnya di RS Siloam Hospitals Semanggi Jakarta, biaya endoskopi sebesar Rp3,5 juta, kemudian di Rumah Sakit Jatinegara lebih tinggi lagi sekitar Rp5 jutaan.

Biar lebih jelasnya, berikut ini beberapa info mengenai biaya endoskopi di sejumlah rumah sakit di Indonesia.

Rumah Sakit 

Biaya endoskopi

Lokasi 

Mitra Keluarga Bekasi Timur 

Rp1.120.000

Bekasi

Primaya Hospital Tangerang

Rp2.031.000

Tangerang

Siloam Sriwijaya Palembang 

Rp2.300.000

Palembang

Siloam Hospitals Asri Mampang

Rp2.500.000

Jakarta

RS EMC Tangerang

Rp2.527.000

Tangerang

Rumah Sakit Immanuel 

Rp2.576.500

Bandung

Siloam Hospitals Kebon Jeruk

Rp3.371.000

Jakarta 

Siloam Hospitals Lippo Village 

Rp3.371.000

Tangerang

MRCCC Siloam Hospitals Semanggi

Rp3.500.000

Jakarta

Siloam Hospitals Surabaya

Rp3.800.000

Surabaya

RS Bhayangkara Makassar

Rp4.000.000

Makassar

Columbia Asia Hospital Semarang

Rp4.311.000

Semarang

RS Mitra Plumbon Cirebon 

Rp4.725.000

Cirebon

Ciputra Hospital Citra Garden City

Rp5.000.000

Jakarta

Rumah Sakit Premier Jatinegara

Rp5.200.000

Jakarta 

Perlu diingat bahwa biaya endoskopi lambung di atas bisa sewaktu-waktu berubah sehingga Anda harus mengeceknya terlebih dahulu. Bagi yang memiliki asuransi tentu tidak terlalu khawatir karena sebelum berobat bisa konsultasi terlebih dahulu dengan pihak asuransi perawatan mana yang sebaiknya diambil.

Bagi Anda yang ingin melakukan pemeriksaan endoskopi lambung beserta perawatannya, dapat mendaftarkan diri dengan BPJS Kesehatan karena ditanggung sepenuhnya. Caranya dengan meminta rujukan dari fasilitas kesehatan kelas tingkat 1 untuk selanjutnya dirujuk ke rumah sakit rekanan pemerintah dan menjalani prosedur endoskopi.

Amankah Prosedur Endoskopi?

Setelah Anda mengetahui harga endoskopi di sejumlah rumah sakit di Indonesia, sekarang pertanyaannya amankah menjalankan prosedur endoskopi untuk kesehatan? Setiap tindakan tentu memiliki risiko atau efek samping yang ditimbulkan pada pasien. Setidaknya ada beberapa efek samping setelah melakukan pemeriksaan endoskopi.

  • Pendarahan. Risiko pendarahan setelah endoskopi bisa saja terjadi ketika melakukan pengangkatan sel jaringan atau biopsi untuk pengujian guna mengetahui masalah sebenarnya dari sistem pencernaan. Dalam beberapa kasus pendarahan seperti itu membutuhkan transfusi darah, namun hal ini jarang terjadi.
  • Infeksi. Umumnya prosedur endoskopi terdiri dari pemeriksaan dan biopsi sehingga bisa dibilang risiko terinfeksi cukup rendah. Risiko terkena infeksi dapat terjadi apabila perlu dilakukan prosedur tambahan sebagai bagian dari pemeriksaan Anda. Namun, infeksi ini dapat disembuhkan dengan pemberian antibiotik.
  • Saluran pencernaan bisa robek. Hal ini yang cukup jadi kekhawatiran para pasien dimana bisa terjadi robekan di kerongkongan atau saluran pencernaan lain bagian atas. Jika ini terjadi perlu langkah pembedahan untuk memperbaikinya. Meski begitu risiko ini terbilang rendah.

A picture containing person, indoorDescription automatically generated

Bila Anda mengikuti petunjuk dari dokter secara seksama dan hati-hati dalam mempersiapkan endoskopi, maka risiko komplikasi ini bisa diminimalisir. Beberapa persiapan seperti melakukan puasa dan menghentikan konsumsi obat-obatan tertentu bisa mengurangi risikonya.

Pada intinya endoskopi adalah prosedur medis yang aman untuk mendiagnosis beragam penyakit yang ada dalam tubuh.

Jika Terserang Mag, Perlukah Endoskopi?

Apabila penyakit yang diderita pasien adalah mag, haruskah dilakukan endoskopi? Seperti yang diketahui bahwa mag atau istilah medisnya dyspepsia merupakan penyakit pada saluran pencernaan yang umum diderita masyarakat Indonesia.

A picture containing person, wearingDescription automatically generated

Para ahli kesehatan menyebutkan penyakit ini tidak dapat diabaikan begitu saja. Menurut ahli saluran cerna, Dokter Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH ada jenis penyakit mag yang perlu dilakukan pemeriksaan melalui endoskopi. Jenis mag ini sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu fungsional dan organic.

Pasien penderita mag fungsional, biasanya saat diteropong tidak ditemukan apa pun, tetapi jenis mag ini yang paling banyak ditemui dan bahkan 80 persen masyarakat Indonesia memiliki mag fungsional.

Sementara pada penderita mag organik, ada tanda-tanda tidak normal. Biasanya sering disebut GERD, dimana terdapat tukak lambung, bisa juga polip atau bahkan kanker pada usus 12 jari.

Untuk itu, bagi Anda yang memiliki penyakit mag sebaiknya tidak anggap remeh dengan hanya mengkonsumsi obat mag. Jika Anda merasakan ada gejala atau tanda lain selama mag, segera untuk melakukan pemeriksaan endoskopi.

Apakah Endoskopi Dicover Asuransi?

Jika Anda memiliki kartu asuransi, ada kemungkinan biaya prosedur endoskopi dapat diganti oleh asuransi Anda. Anda perlu cek lagi lingkup perlindungan asuransi Anda untuk perawatan ini.

A picture containing text, computer, person, indoorDescription automatically generated

Apakah harus rawat inap supaya biaya endoskopi lambung dicover asuransi? Ada beberapa perusahaan asuransi yang mengcover perawatan endoskopi tanpa harus rawat inap. Namun, keputusan rawat inap atau tidak tergantung pada dokter, karena dokter yang tahu persis resiko prosedur. Jika dokter merasa pasien perlu diawasi karena takut pendarahan pasca prosedur misalnya, maka tentu pasien akan dianjurkan rawat inap.

Yang jelas, ada masa tunggu untuk prosedur ini, terutama jika Anda membeli asuransi kesehatan individu. Jika Anda belum memiliki asuransi dan ingin mempelajari lebih lanjut mengenai coverage endoskopi, silakan hubungi konsultan kami dengan tombol Whatsapp di kanan bawah laman Anda.

Kesimpulan

Dari penjabaran di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa biaya endoskopi lambung dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Meski ada sejumlah ahli medis menganggap endoskopi adalah tindakan pemeriksaan yang aman dilakukan, namun Anda perlu mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam.

Dengan kata lain, prosedur endoskopi dapat digunakan untuk mendiagnosis berbagai macam penyakit. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda sebelum memutuskan melalukan prosedur endoskopi. Sehat selalu untuk Anda dan keluarga!

Featured Articles

error: Content is protected !!
Chat Langsung
Chat Kami di +6287774734200
Halo, Anda cari asuransi apa? Kesehatan/ jiwa/ travel/ dsb atau merek tertentu (Generali, AXA, Allianz, dsb)?