Temukan Asuransi Anda Sekarang

Tanya Langsung

Bayi Susah Tidur? Kenali Penyebabnya Sebelum Terlambat!

Cara Agar Bayi Cepat Tidur

Pusing karena bayi susah tidur? Seperti halnya orang dewasa, bayi membutuhkan waktu tidur optimal agar produksi hormon pertumbuhan juga bisa maksimal. Tapi kenyataannya, bayi juga bisa memiliki masalah gangguan tidur.  Jika hal ini terjadi satu dua kali mungkin tidak masalah. Tapi apabila hampir setiap hari bayi sulit tidur nyenyak, Anda patut waspada.

Ada beberapa alasan yang menjadi penyebab bayi rewel susah tidur. Tapi sebelumnya, mari kita ulas beberapa gangguan tidur yang biasa terjadi pada si kecil.

Gangguan Tidur pada Si Kecil

Gangguan Tidur pada Si Kecil
Gangguan Tidur pada Si Kecil – Sumber Gambar: piqsels.com

1. Rewel Sebelum Tidur

Banyak sekali penyebab bayi rewel sebelum tidur mulai dari pakaian tidak nyaman, popok penuh, hingga suhu udara yang terlalu panas atau dingin. Sama seperti kita, selain tidak nyaman rewel tersebut juga bisa disebabkan oleh rasa sakit yang dirasakan, kelelahan, atau kecemasan.

Apabila masih menyusu, memberi ASI merupakan cara efektif untuk mengurangi rasa kurang nyaman. Sebelumnya pastikan hal yang membuat tidak nyaman telah diatasi. Cara lainnya, ajak anak berkeliling rumah karena bisa jadi mereka merasa tidak terlalu cocok dengan suhu di kamar.

2. Mengigau dan Berteriak

Gangguan tidur tidak hanya terjadi sebelum aktivitas ini tetapi juga ketika si kecil sempat tertidur pulas. Jika igauan hanya berupa ucapan-ucapan kecil mungkin tidak masalah. Terkadang anak menangis atau bahkan berteriak sehingga sulit tidur kembali. Gangguan ini dikenal dengan istilah night terrors.

Night terrors biasanyadapat diatasi dengan pelukan atau sentuhan menenangkan. Karena rasa takut mereka akan berkurang begitu bayi merasakan kehadiran ibunya. Memberi ASI juga bisa menjadi pilihan saat anak mengalami gangguan tidur ini sebab bonding yang terjadi saat “meng-ASI-hi” akan membuat si kecil merasa tenang.

Selain yang telah disebutkan ada banyak alasan mengapa si kecil bisa mengalami gangguan tidur di atas. Salah satunya adalah jam tidur yang berbeda dari orang dewasa. Mengutip Medical News Today, bayi cenderung terjaga saat malam hari dan sulit untuk tidur nyenyak.

Pola tidur ini biasanya berubah seiring pertambahan usia. Ketika baru lahir, bayi biasanya akan tidur selama 1-2 jam saja sampai usia mereka mencapai 3 bulan. Inilah mengapa bayi 1 bulan susah tidur. Untuk mengembangkan siklus tidur dan bangun, si kecil butuh penyesuaian setidaknya 11 pekan.

Di atas usia 3 bulan, waktu tidur bayi akan menyesuaikan usia dan perlahan mulai sama dengan waktu tidur orang dewasa. Apabila gangguan tidur masih dialami si kecil, mungkin ada faktor lain yang menyebabkannya.

Penyebab Si Kecil Susah Tidur

Penyebab Si Kecil Susah Tidur
Penyebab Si Kecil Susah Tidur – Sumber Gambar: piqels.com

1. Rasa Lapar

Rasa lapar biasanya menjadi salah satu penyebab bayi susah tidur. Alhasil saat tengah malam mereka akan terbangun lalu menangis, dan membuat Anda terbangun pula. Ciri utamanya adalah, bayi susah tidur dan menyusu terus. Untuk mengatasi hal ini, pastikan anak diberi ASI sebelum tidur.

Anda juga bisa memberikan makanan pendamping ketika usia mereka di atas 6 bulan. Pastikan asupan yang diberikan cukup banyak sehingga mereka senantiasa merasa kenyang selama tidur. Karena bayi yang kenyang cenderung tidur lebih lama dan pulas dari biasanya.

2. Tidak Enak Badan

Jika bayi susah tidur padahal sudah kenyang, bisa jadi gangguan tidur disebabkan oleh kondisi tubuh mereka. Saat merasa tidak enak badan, si kecil pasti merasa tidak nyaman yang membuat mereka rewel dan gelisah. Apabila hal ini yang terjadi, amati gejala yang terjadi pada anak.

Periksa suhu tubuh, lihat kondisi perut, atau cek popok si kecil. Apabila memang penyebabnya karena penyakit, sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang dibutuhkan.

3. Bayi Ingin Bersama Ibunya

Ada beberapa bayi yang sulit tidur ketika jauh dari Ibunya. Bayi ini akan terbangun begitu Anda tidak berada di dekat mereka. Gangguan tidur akibat bonding yang terlalu kuat sebenarnya bisa dicegah sejak dini. Biasakan anak untuk tidur terpisah tempat meskipun tidak terpisah ruangan.

4. Tumbuh Gigi

Penyebab utama lain bayi ngantuk tapi susah tidur adalah sedang tumbuh gigi. Saat melalui fase ini, mereka kerap merasakan nyeri atau bahkan demam. Rasa tidak nyaman tersebut tentu saja membuat mereka mudah terjaga. Untuk mengatasinya, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan.

Mulai dari memberi mainan untuk gigi, menyusui, atau mengompres gusi bayi dengan kain yang telah direndam air dingin. Meskipun mungkin hal ini berlangsung cukup lama, tapi begitu gigi tumbuh mereka tidak akan merasa kurang nyaman lagi dan tidurnya pun kembali nyenyak.

5. Bayi Tidak Langsung Tidur

Tanpa disadari, Ibu juga bisa menjadi salah satu penyebab anak susah tidur meskipun sudah disusui atau tidak dalam keadaan sakit. Biasanya bayi tidak bisa langsung tidur karena masih diajak bermain hingga larut, Rasa gembira dan lelah karena bermain membuat mereka semakin susah untuk terlelap. Jadi jika ingin si kecil tidur tepat waktu, kurangi kebiasaan mengajak bermain sebelum tidur.

Itulah beberapa alasan mengapa si kecil kerap mengalami gangguan tidur saat malam hari. Selain yang telah disebutkan ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat anak tidur lebih nyenyak.

Cara Agar Bayi Cepat Tidur

Cara Agar Bayi Cepat Tidur
Cara Agar Bayi Cepat Tidur – Sumber Gambar: piqsels.com

1. Berikan Sesuatu untuk Dihisap

Menghisap sesuatu akan menenangkan detak jantung bayi, melemaskan perut, dan membuat tangannya tidak terdistraksi untuk menggapai-gapai. Jadi ketika si kecil susah tidur, nda bisa menggunakan pacifier atau dot sampai mereka merasa tenang.

2. Baringkan ke Samping

Posisi tidur menyamping membuat anak merasakan kembali suasana ketika mereka berada di rahim. Posisi ini juga disebut cukup efektif dalam membuat anak merasa nyaman sehingga tidur mereka lebih tenang.

Itulah beberapa cara membuat bayi cepat tidur yang bisa dilakukan ketika si kecil rewel saat malam hari. Sebagai orang tua, sudah sewajarnya kenyamanan dan keselamatan anak menjadi fokus utama. Inilah mengapa masalah tidur anak kerap menjadi masalah kita pula.

Jika masalah bayi susah tidur bisa kita atasi, belum tentu masalah lain seperti biaya kesehatan dapat kita selesaikan dengan mudah. Inilah mengapa dibutuhkan asuransi kesehatan yang tepat. Sebagai referensi asuransi kesehatan anak favorit, Anda bisa membaca artikel kami mengenai Asuransi Kesehatan Anak Terbaik. Anda juga bisa langsung konsultasi gratis dengan tim Asuransi Now. Kami akan akan membantu menemukan produk asuransi terbaik untuk si kecil. Melalui penjelasan netral dari Asuransi Now, Anda bisa mendapatkan asuransi kesehatan tepat dengan premi sesuai bujet.

Jadi tunggu apalagi, segera konsultasikan kebutuhan asuransi kesehatan Anda dengan Asuransi Now! Semoga bermanfaat.

Featured Articles

error: Content is protected !!
Chat Langsung
Chat Kami di +6287774734200
Halo, Anda cari asuransi apa? Kesehatan/ jiwa/ travel/ dsb atau merek tertentu (Generali, AXA, Allianz, dsb)?