Tanya Langsung

AXA Maestro Optima Care: Mengupas Asuransi Kesehatan Murni Limit Jumbo

Tanya Langsung

AXA Maestro Optima Care, cocok untuk usia muda

AXA Maestro Optima Care merupakan produk asuransi kesehatan murni yang peminatnya tidak sedikit. Produk ini diluncurkan pada tahun 2017. Preminya yang miring, terutama untuk usia muda, menjadikan produk ini sangat menarik untuk dimiliki. Jika Anda tertarik dengan produk Maestro Optima Care dari AXA, bacalah dulu ulasan lengkap berikut ini agar Anda benar-benar memahami produknya.

1. Premi Murah, Terutama Untuk Usia Muda

Premi asuransi murni yang satu ini sangat terjangkau, terutama untuk usia 50 tahun ke bawah. Jadi, asuransi ini cocok untuk mereka yang masih merintis bisnis di awal dan yang penghasilannya masih lebih terbatas. Juga cocok untuk perlindungan selama di Indonesia bagi yang berencana untuk tinggal di luar negeri di kemudian hari.

AXA Maestro Optima Care, cocok untuk yang berusia muda

Seiring bertambahnya usia, premi akan meningkat. Namun, untuk peningkatan premi sampai usia 50an umumnya tidak terlalu drastis. Jika Anda ingin mengetahui lebih mengenai proyeksi kenaikan premi AXA MOC untuk usia Anda, silakan hubungi tim kami melalui tombol Whatsapp di kanan bawah.

2. Ada 4 Pilihan Maestro Optima Care AXA dengan Limit Besar

Cita-cita sebagian besar orang yang mencari asuransi adalah menemukan asuransi dengan premi kecil namun batas tahunan yang besar. Produk ini merupakan salah satu produk dengan rasio limit per premi terbesar. Tidak perlu takut lagi dengan bombastisnya biaya pengobatan di rumah sakit, limit keempat produk AXA Maestro Optima Care pasti lebih dari cukup.

Ada 4 pilihan plan dari AXA Maestro Optima Care, yaitu Opal (limit Rp 10 Milyar), Emerald (batas tahunan Rp 20 Milyar), Ruby (Rp 30 Milyar), dan Diamond (Rp 50 Milyar). Keempatnya juga memiliki wilayah pertanggungan dan rate kamar yang berbeda-beda. Silakan cek tabel di bawah untuk perbandingan.

OpalEmeraldRubyDiamond
Batas Klaim per TahunRp 10 MilyarRp 20 MilyarRp 30 MilyarRp 50 Milyar
Wilayah PertanggunganIndonesiaIndonesia & MalaysiaIndonesia, Asia & AustraliaSeluruh dunia kecuali Amerika Serikat
Rate Kamar (di Indonesia)2 bed/Rp 500.0001 bed/Rp 1 juta1 bed/Rp 1,2 juta1 bed/Rp 1,5 juta
Rate Kamar(di Luar Negeri)Tidak termasuk1 bed (termurah)1 bed (termurah)1 bed (termurah)

3. Benarkah Asuransi Murni Perlindungannya Bisa Diputus Sepihak?

Mungkin Anda pernah mendengar berita ini didengungkan. Desas-desusnya, karena polis asuransi murni harus diperbaharui setiap tahunnya, maka nasabah asuransi murni bisa diputus secara sepihak oleh perusahaan asuransi. Contohnya, jika tahun 2035 nasabah terkena kanker, maka tahun 2036 asuransinya tidak akan bisa diperpanjang lagi. Apa benar begitu?

AXA Maestro Optima Care, cocok untuk yang muda

Tidak benar. Yang penting, nasabah masuk asuransi dengan keadaan sehat dan jujur terhadap kondisi sebelum masuk polis. Nasabah juga wajib membayar polis secara berkala sehingga polis tidak dalam keadaan lapsed (tidak berlaku). Selama kedua keadaan itu terpenuhi, maka perpanjangan polis akan aman-aman saja.

Yang perlu diperhatikan adalah nasabah mengalami kondisi vegetatif selama setidaknya 4 (empat) minggu terus menerus. Jika ini terjadi, maka klaim tidak dibayarkan, sesuai dengan ketentuan polis pada gambar di bawah ini.

AXA Maestro Optima Care tidak mengcover kondisi vegetatif berkepanjangan

Semoga sih tidak sampai kondisi seperti ini ya..

4. Usia Masuk Mencapai 80 Tahun

Maestro Optima Care AXA merupakan salah satu asuransi kesehatan yang menerima nasabah tertua di Indonesia. Umumnya, perusahaan asuransi mau mengcover jika calon nasabahnya maksimal berusia 70 tahun. Namun, masih ada harapan untuk yang sudah di atas 70 tahun!

AXA Maestro Optima Care, masih menerima nasabah usia 80 tahun

Memang sih, preminya pasti jauh lebih tinggi. Untuk usia 70, premi tahunan untuk tipe Opal mencapai Rp 39,3 juta, tipe Emerald Rp 48,5 juta, tipe Ruby Rp 76,5 juta, dan tipe Diamond 117,6 juta. Sementara untuk usia 80 tahun, premi tahunan Opal Rp 66,7 juta, tipe Emerald Rp 82,3 juta, tipe Ruby Rp 129,7 juta, sementara tipe Diamond Rp 186,2 juta.

Tapi, jangan berpikir mahal dulu. Ingat juga resikonya jika orang tua kita tidak memiliki asuransi kesehatan. Kalau sampai terjadi resiko, premi ini menjadi tidak terasa lagi. Apalagi, untuk orang tua yang usianya lanjut. Resiko penyakit otomatis membesar. Operasi saraf kejepit saja bisa memakan Rp 150 juta. Untuk penyakit dan kondisi yang lebih serius, pasti membutuhkan biaya lebih besar. Jadi, tidak ada ruginya mengasuransikan mereka yang sudah di atas 70 tahun.

5. Mengganti Biaya Komplikasi Kelahiran (Khusus Diamond)

Jika terjadi komplikasi sebelum dan sesudah kelahiran, ada beberapa jenis kondisi yang masih dicover oleh Maestro Optima Care tipe Diamond (jenis yang paling tinggi).

A picture containing outdoor, tree, personDescription automatically generated

Kondisi komplikasi kelahiran yang ditanggung antara lain:

  1. Sindrom antibody antifossolipid
  2. Cervical incompetence
  3. Kehamilan diluar kandungan (ectopic pregnancy)
  4. Diabetes gestasional
  5. Hamil anggur (Hydatidiform Mole – Molar Pregnancy)
  6. Hyperemesis Gravidarum
  7. Obstetic Cholestasis
  8. Pre-Eclampsia/Eclampsia
  9. Rhesus (RH) Factor
  10. Miscarriage require immediate surgical treatment
  11. Post partum haemorrhage
  12. Retained placental membrane

Manfaat penggantian biaya perawatan akibat komplikasi ini tidak mencakup biaya persalinan, komplikasi karena persalinan Caesar (pilihan Ibu), atau komplikasi pada kehamilan yang dibantu.

6. Batasan Kamarnya Perlu Diperhatikan (Prorata)

Jika nasabah masuk kamar rumah sakit sesuai plan yang dimiliki, maka tidak ada masalah. Tapi, jika nasabah upgrade kamar (naik tingkat) atau terpaksa naik kelas karena kamar yang sesuai plan asuransi penuh, maka ada perhitungan khusus yang disebut prorata. Apa artinya? Nasabah tidak sekedar bayar selisih kamar saja, tapi persentase dari tagihan total. Anda bisa membaca lebih lengkap ketentuan ini pada artikel kami Ketentuan Prorata.

A picture containing person, indoorDescription automatically generated

Untuk perawatan di Indonesia, AXA MOC memberikan keleluasaan sampai dengan 20% untuk harga kamar sebelum dihitung prorata. Apa maksudnya?

Misalnya, nasabah membeli AXA MOC tipe Ruby, yang memiliki ketentuan 1 tempat tidur / Rp 1,2 juta. Jika nasabah rawat inap di RS X dan kamar 1 bed termurahnya penuh, maka nasabah terpaksa naik kamar. Apabila kamar barunya ini biayanya Rp 1,4 juta per malam, maka nasabah hanya perlu membayar selisih biaya kamar saja, atau Rp 200 ribu per malam.

Mengapa? Karena Rp 1,4 juta hanya sekitar 16,7% di atas Rp 1,2 juta, masih di bawah batas kenaikan 20%.

7. Spesial Untuk Para Ibu: Ada Manfaat Akomodasi Bayi (Plan Diamond, Ruby, dan Emerald)

Bagi para Ibu yang bayinya berusia kurang dari 16 minggu, namun terpaksa dirawat di rumah sakit (ibunya yang sakit, bukan bayinya), maka biaya akomodasi si bayi akan ditanggung. Dengan syarat akomodasi ini merupakan kelas standar dan yang menginap adalah Ibunya.

A picture containing bed, person, indoor, layingDescription automatically generated

Manfaat ini diberikan karena AXA mengerti kebutuhan sang Ibu untuk menyusui bayinya, terutama dalam usia yang masih sangat muda ini.

8. Nasabah Harus Tinggal di Indonesia > 185 Hari per Tahun

Sebenarnya, ini bukan persyaratan khusus AXA. Sejumlah perusahaan asuransi lainnya juga mengajukan syarat ini. Nasabah asuransi Maestro Optima Care harus tinggal di Indonesia selama minimal 185 hari per tahun secara berturut-turut.

A picture containing text, person, walkingDescription automatically generated

Pada saat klaim, jika nasabah yang diasuransikan (tertanggung) berada di luar wilayah Indonesia selama lebih dari 180 hari, maka klaim tidak akan dibayarkan dan polis otomatis berakhir.

9. Tidak Bisa Dipakai di Amerika Serikat

Meski batas tahunannya bisa mencapai Rp 50 Milyar, produk AXA Maestro Optima Care tidak bisa digunakan di Amerika Serikat. Jadi, jika Anda sering bepergian ke Amerika Serikat, sebaiknya Anda mencari produk asuransi kesehatan yang lainnya.

A picture containing textDescription automatically generated

Sebenarnya, penting atau tidaknya fitur ini tergantung pada masing-masing orang. Jika Anda hanya sesekali pergi ke Amerika Serikat untuk tamasya, Anda bisa membeli asuransi perjalanan saat ingin berkunjung ke negeri Paman Sam ini.

10. Mengcover Biaya Perawatan Darurat di Luar Wilayah Pertanggungan

Misalnya, Pak Alex memiliki AXA MOC tipe Emerald. Tipe ini menanggung biaya pengobatan di wilayah Indonesia dan Malaysia. Apabila Pak Alex sedang berjalan-jalan ke Singapura dan tiba-tiba mengalami kecelakaan, jatuh dari tangga di Orchard Road misalnya, maka perawatan akibat kecelakaan ini akan diganti. Meskipun di luar wilayah pertanggungan plan asuransi Pak Alex. Persyaratannya adalah Pak Alex tidak menginap lebih dari 90 hari di Singapura. Juga, tidak boleh dengan sengaja datang ke Singapura dengan tujuan berobat.

A city skyline at nightDescription automatically generated with medium confidence

Setelah membaca ulasan di atas, bagaimana pendapat Anda mengenai produk AXA Maestro Optima Care? Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa menghubungi tim kami melalui tombol Whatsapp di kanan bawah laman ini. Tapi, apabila Anda merasa produk ini kurang sesuai, atau Anda ingin mendapatkan saran produk yang sesuai dengan kriteria Anda, Anda juga bisa langsung menghubungi kami. Konsultan kami akan dengan senang hati membantu Anda!

Featured Articles

error: Content is protected !!
Chat Langsung
Chat Kami di +6287774734200
Halo, Anda cari asuransi apa? Kesehatan/ jiwa/ travel/ dsb atau merek tertentu (Generali, AXA, Allianz, dsb)?