Tanya Langsung

Teknologi Terkini Pengobatan Kanker Otak yang Mutakhir, Mau Tahu?

Tanya Langsung

pengobatan kanker otak terbaru, cek di asuransinow.com
  1. Terapi Proton
  2. Gamma Knife Surgery
  3. Optune Treatment
  4. Immunotherapy

Kanker otak merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang sangat berbahaya. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga lansia. Data Globocan 2020 WHO menyebutkan, kalau Indonesia mempunyai jumlah kasus baru yang tinggi, mencapai angka 21.392 orang. Tak hanya itu, metode pengobatan kanker otak juga tidak menjamin kesembuhan para pasien secara total.

teknologi terkini pengobatan kanker otak, meningkatkan survival rate pasien kanker otak. Cek selengkapnya di asuransinow.com

Data dari Cancer Research UK menyebutkan, hanya ada 20% penderita kanker otak yang mampu bertahan hidup selama 5 tahun atau lebih. Hal ini membuktikan kalau metode pengobatan konvensional untuk pasien kanker otak kurang begitu efektif. Beberapa metode yang kerap digunakan di antaranya adalah pembedahan, kemoterapi, radioterapi, dan fisioterapi.

Merujuk pada fenomena tersebut, para ahli kesehatan dunia terus mengupayakan teknik pengobatan kanker otak terbaik yang bisa menyembuhkan pasien secara total. Kecanggihan teknologi saat ini, sangat membantu upaya tersebut. Sebagai buktinya, saat ini telah bermunculan teknologi terbaru yang dapat mengobati pasien kanker otak dengan lebih efektif. Apalagi, pengobatannya dilakukan tanpa proses bedah.

Beberapa teknologi terbaru dalam upaya penyembuhan pasien kanker otak tersebut di antaranya adalah:

1. Terapi Proton

Terapi Proton - Sumber Gambar: pexels.com

Teknologi pengobatan kanker otak terkini yang pertama adalah terapi proton. Sekilas, terapi ini mirip dengan radioterapi. Kalau radioterapi menggunakan radiasi x-ray, terapi proton memanfaatkan sinar proton yang bermuatan listrik positif. Penggunaannya pun dianggap jauh lebih efektif dan aman dibandingkan dengan sinar x-ray pada radioterapi.

Terapi proton dapat digunakan sebagai sarana pengobatan kanker otak stadium 1 ataupun stadium yang lebih tinggi. Metode pengobatan ini menggunakan alat yang disebut sebagai cyclotron yang berfungsi menembakkan sinar proton berintensitas tinggi ke arah sel kanker. Efektivitasnya bisa meningkat drastis kalau dibarengi dengan proses operasi dan kemo.

Durasi pelaksanaan terapi proton cukup singkat, berkisar antara 30 menit sampai 1 jam. Menariknya lagi, risiko terjadinya efek samping akibat pengobatan ini juga sangat kecil. Alasannya, karena sinar proton hanya diarahkan secara presisi pada sel kanker dan tidak mengenai bagian tubuh lain.

Tingkat efektivitas pengobatan kanker otak dengan terapi proton ini sangat tinggi. Studi yang dilakukan oleh Profesor dari University of Pennsylvania Christine Hill-Kayser menjadi buktinya. Dalam studinya, beliau menunjukkan kalau teknologi yang telah ada sejak 1946 ini mampu meningkatkan angka bertahan hidup dalam 5 tahun sebesar 84%.

2. Gamma Knife Surgery

Metode yang kerap disebut sebagai pengobatan kanker otak terbaik dan canggih selanjutnya adalah gamma knife surgery. Seperti halnya terapi proton, gamma knife merupakan proses pengobatan kanker tanpa disertai aktivitas bedah. Namun, pasien akan diobati menggunakan radiasi sinar gamma ke arah sel kanker di bagian otak.

Teknologi gamma knife pertama kali digunakan tahun 1970. Selanjutnya, muncul generasi gamma knife terbaru pada 1987. Di Indonesia, pengenalan gamma knife baru terjadi pada 2013. Penanganan lewat metode gamma knife mampu mencegah penyebaran dan membunuh sel tumor mencapai angka 80-90%.

Gamma knife surgery menjadi pertimbangan ketika digunakan untuk menghancurkan sel kanker yang ada di lokasi dijangkau. Cara kerja pengobatan canggih ini cukup sederhana, dilakukan dengan menembakkan sinar radiasi secara akurat menuju sel tumor otak.Tingkat akurasinya mencapai tingkat submilimeter.

Radiasi sinar gamma itu akan menghancurkan sel tumor hingga ke tingkat DNA. Meski sel tersebut tidak mati secara langsung, tetapi struktur selnya akan mengalami perubahan drastis. Hasilnya, sel tersebut berumur pendek dan kemampuan berkembang biaknya menurun drastis.

Terapi radiasi menggunakan metode gamma knife berlangsung singkat, hanya satu hari. Selain itu, teknik pengobatan kanker otak tanpa operasi ini sesuai untuk pasien stadium awal atau lanjut. Ditambah lagi, efek samping yang ditimbulkan dari pengobatan gamma knife sangat minimal.

3. Optune Treatment

teknologi terkini pengobatan kanker otak: Optune Treatment - Sumber Gambar: pexels.com

Anda bisa pula memilih terapi kanker menggunakan metode optune treatment. Pengobatan kanker dengan gelombang elektromagnetik ini merupakan terobosan baru, karena sebelumnya tidak pernah ada. Metode perawatan kanker yang satu ini secara khusus ditujukan untuk para pasien glioblastoma (GBM). Kanker otak jenis inilah yang menjadi penyebab meninggalnya Beau Biden, putra Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Selain Beau Biden, John McCain dan Ted Kennedy juga meninggal karena glioblastoma.

Kanker otak glioblastoma sering muncul kembali setelah pengobatan selesai. Optune bekerja untuk menghentikan kembalinya sel kanker tersebut. Tingkat kesuksesan Optune ternyata jauh lebih tinggi dibandingkan kemoterapi saja. Untuk pasien glioblastima, rata-rata hanya 25% yang bertahan hidup setelah 2 tahun, dan hanya 5% yang bertahan hidup setelah 5 tahun. Sementara itu, 43% pengguna Optune bertahan hidup setelah 2 tahun. Dan, menurut Jurnal American Medical Society 2017, 13% pasien pengguna Optune berhasil bertahan hidup setelah 5 tahun.

Optune boleh digunakan untuk pasien yang baru didiagnosa GBM, pasien yang sudah operasi pengangkatan sel kanker, atau pasien GBM kambuh. Pasien akan mengenakan alat yang disebut Optune yang berfungsi membersihkan sisa-sisa sel kanker. Hanya pasien usia 22 tahun ke atas yang boleh menggunakan alat Optune. Penggunaannya telah memperoleh persetujuan dari FDA sejak 2011.

Untuk mengenakan optune, pasien perlu memotong rambut sampai plontos. Alat ini berupa beberapa elektroda yang kemudian dipasangkan di permukaan kulit kepala. Selanjutnya, elektroda itu akan memancarkan medan listrik untuk menekan pertumbuhan sel kanker. Karena pertumbuhan sel kanker terhambat, gejala kanker otak seperti pusing hilang ingatan dan lain sebagainya akan menurun.

Berbeda dengan dua teknik pengobatan kanker otak canggih sebelumnya, optune treatment mengharuskan pasien untuk menggunakan alat setidaknya 18 jam per hari. Alat tersebut dilengkapi dengan baterai sehingga pasien tetap bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar. Selanjutnya, durasi perawatan menggunakan optune bervariasi, ditentukan penilaian dari dokter yang melakukan penanganan.

4. Immunotherapy

      1. Immunotherapy – Sumber Gambar: pexels.com

Terakhir, upaya pengobatan kanker otak yang terbaru adalah immunotherapy. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh. Dengan begitu, tubuh bisa mempertahankan diri dari serangan sel kanker.

Cara penerapan immunotherapy beragam, di antaranya adalah menggunakan vaksin, memanfaatkan virus, manipulasi respons inflamasi tubuh menggunakan checkpoint inhibitor, serta menggunakan CAR T-cel therapy. Hanya saja, sampai saat ini masih belum ada hasil penelitian yang memperlihatkan efek positif untuk kanker otak. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk hasil yang lebih maksimal.

Tapi, tetap saja terapi imun merupakan teknologi pengobatan yang menjanjikan melawan kanker. Buktinya, vaksin GP2 dan AE37 sudah berhasil mengobati kanker payudara dengan hasil yang memuaskan. Selengkapnya, baca artikel kami Pengobatan Kanker Payudara Stadium 4.

A person with a crownDescription automatically generated with low confidence

Demikian berbagai teknologi terbaru pengobatan kanker otak. Amit-amit jangan sampai Anda terkena penyakit ini. Untuk mengurangi resiko kanker, cek artikel kami Penyebab Kanker: 95% Bukan Karena Nasib.

Meski demikian, Anda tetap perlu memiliki asuransi kesehatan yang memadai sebagai pengaman tambahan. Lalu, asuransi seperti apa yang cocok untuk Anda? Untuk pertanyaan yang satu ini, yuk konsultasi secara langsung dengan Asuransinow!

Featured Articles

error: Content is protected !!
Chat Langsung
Chat Kami di +6287774734200
Halo, Anda cari asuransi apa? Kesehatan/ jiwa/ travel/ dsb atau merek tertentu (Generali, AXA, Allianz, dsb)?