Tanya Langsung

6 Manfaat Makan Mangga untuk Hidup Lebih Indah

Tanya Langsung

manfaat makan mangga bagi kesehatan Anda
  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh
  2. Menjaga Kesehatan Pencernaan
  3. Mendukung Kesehatan Kulit dan Rambut
  4. Mengurangi Risiko Kanker
  5. Mendukung Kesehatan Jantung
  6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Mangga merupakan buah asal India yang dapat tumbuh dengan subur di daerah tropis seperti Indonesia. Buah ini kerap dijadikan sebagai bahan untuk aneka dessert lezat dengan rasa dan wanginya yang khas. Namun, tahukah Anda bahwa ada begitu banyak manfaat makan mangga bagi kesehatan? Jika Anda sehat, sudah pasti hidup akan terasa lebih indah bukan?

manfaat makan buah mangga

Salah satunya adalah bahwa mangga dapat mencegah bahkan menghentikan beberapa sel-sel kanker payudara berdasarkan studi laboratorium yang dilakukan. Seperti yang diketahui, kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling banyak dialami oleh wanita dan memiliki risiko kematian yang besar. Adapun di tahun 2020, WHO mencatat sebanyak 2,3 juta wanita didiagnosis mengalami kanker payudara dengan angka kematian secara global mencapai 685.000 orang. Dengan demikian, hingga akhir 2020 pun, tercatat sebanyak 7,8 juta wanita yang masih hidup dengan diagnosis kanker payudara selama lima tahun terakhir.

Berbagai penelitian juga menunjukkan ada banyak manfaat makan mangga lainnya bagi tubuh. Selengkapnya, berikut adalah beberapa benefit dari mangga bagi kesehatan tubuh Anda dan penjelasannya.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

manfaat makan mangga: meningkatkan imunitas tubuh

Nutrisi merupakan bagian penting dalam menjaga imunitas tubuh—terlebih lagi dengan makin banyaknya ancaman kesehatan berbagai penyakit. Maka dari itu, memilih dan memilah asupan yang akan masuk ke dalam perut dan mulut perlu dilakukan secara bijak.

Berita baiknya, mangga adalah salah satu sumber nutrisi yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan. Kandungan vitamin A dalam setiap cup atau setara 165 gram mangga adalah sebanyak 10% persen dari dosis harian yang dibutuhkan tubuh. Vitamin A sendiri berperan penting dalam melawan infeksi—sebaliknya, kekurangan vitamin A akan meningkatkan risiko seseorang terkena berbagai infeksi.

Kandungan vitamin C pada mangga juga tak kalah tinggi. Tiap 100 gram mangga mengandung sekitar 36,4 mg vitamin C yang diperlukan tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel-sel darah putih dan meningkatkan pertahanan serta kesehatan kulit.

manfaat mangga untuk ibu hamil

Dua kandungan ini pula yang menjadi manfaat mangga untuk ibu hamil yang utama. Vitamin A juga sangat membantu dalam menurunkan berbagai risiko dalam kehamilan maupun persalinan komplikasi seperti diare dan infeksi pernapasan. Adapun kandungan folat, vitamin K, vitamin E, dan beberapa vitamin B turut berpengaruh dalam meningkatkan imun tubuh.

Namun tentu saja, dalam mengonsumsi mangga terutama dalam periode ini, Anda perlu melakukannya dengan moderat sesuai dengan kondisi tubuh. Selain itu, kombinasikan pula dengan berbagai buah-buahan lain untuk menyeimbangkan asupan.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

manfaat makan mangga untuk penccernaan

Ada banyak kualitas dalam mangga yang menjadikan buah satu ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Sebagai contoh adalah kandungan enzim pencernaan amilase yang berperan dalam memecah molekul makanan besar sehingga dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

Amilase akan memecah karbohidrat kompleks menjadi gula seperti glukosa dan maltosa. Adapun amilase lebih aktif pada mangga yang sudah matang—sekaligus menjadi alasan mengapa mangga yang matang terasa lebih manis dibandingkan mangga yang masih relatif mentah.

Di samping itu, studi sebuah studi juga menemukan manfaat makan buah mangga dalam melancarkan pencernaan. Buah ini memiliki kandungan air dan serat yang tinggi sehingga mampu mengatasi beberapa isu pencernaan seperti konstipasi dan diare.

Suatu riset yang dilakukan pada orang dewasa dengan konstipasi kronis menunjukkan bahwa mengonsumsi mangga setiap hari mampu meredakan gejala konstipasi tersebut secara lebih efektif dibandingkan suplemen yang mengandung serat terlarut.

Mendukung Kesehatan Kulit dan Rambut

manfaat makan buah mangga untuk kesehatan kulit dan rambut

Manfaat makan buah mangga berikutnya masih berkaitan dengan kandungan vitamin C. Vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen, yakni protein yang memberi struktur pada kulit dan rambut. Kolagen akan membuat kulit jadi lebih elastis sehingga meminimalkan atau memperlambat risiko terjadinya keriput dan kulit kendur.

Selain itu, tingginya vitamin A juga sangat bagus untuk pertumbuhan rambut dan produksi sebum, yakni cairan yang membantu melembapkan kulit kepala sehingga rambut tetap dapat sehat. Jika dikombinasikan dengan retinoid lainnya, senyawa ini akan melindungi pula kulit dari kerusakan maupun risiko dari matahari.

Manfaat kesehatan kulit dan rambut dari mangga juga diperoleh dari kebaikan polifenol. Jenis antioksidan ini melindungi folikel rambut dari kerusakan akibat stres oksidatif.

Mengurangi Risiko Kanker

manfaat makan mangga: mengurangi resiko kanker

Menurut studi yang dilakukan oleh ilmuwan dari Texas AgriLife, mangga memang mempunyai jumlah antioksidan yang lebih sedikit—empat hingga lima kali lebih rendah—dibandingkan beberapa buah lain seperti anggur untuk wine, bluberry, dan delima. Kendati begitu, mereka menemukan bahwa mangga dapat melawan sel kanker—mencegah hingga menghentikan pertumbuhan sel kanker—di beberapa kultur sel payudara maupun usus.

Namun rupanya, manfaat mangga untuk kanker tak terbatas pada kanker payudara. Studi yang sama menunjukkan terhentinya aktivitas sel-sel kanker pada kolon, paru-paru, sel darah putih, dan prostat menggunakan ekstrak buah mangga. Adapun polifenol merupakan senyawa antioksidan yang membantu tubuh dalam melawan stres oksidatif—termasuk relevansinya dengan berbagai jenis kanker.

Secara spesifik, mangiferin, tipe polifenol yang paling dominan dalam mangga, mendapat atensi yang cukup besar akhir-akhir ini karena kemampuannya dalam efek antikanker. Dalam penelitian pada hewan, mangiferin terbukti mengurangi inflamasi dan melindungi sel-sel tubuh dari stres oksidatif—bahkan menghentikan dan membunuh sel-sel kanker.

Mendukung Kesehatan Jantung

manfaat makan buah mangga bisa mengurangi resiko penyakit jantung

Mangga mempunyai banyak nutrisi yang mendukung kesehatan organ vital jantung. Seperti contoh, mangga memiliki kandungan magnesium sebesar 4% dari rekomendasi kebutuhan harian dan potasium sebesar 6% dari rekomendasi kebutuhan harian. Dua kandungan tersebut berperan penting dalam menjaga detak jantung dan pembuluh darah dalam keadaan relaks serta menurunkan tekanan darah.

Di samping itu, kandungan mangiferin pada mangga juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Walau begitu, penemuan ini perlu melakukan studi lebih lanjut terutama untuk melihat dampaknya pada manusia sebelum benar-benar dapat dijadikan sebagai alternatif perawatan kesehatan.

Seperti kebanyakan buah lainnya, mangga merupakan salah satu superfood yang kaya akan kandungan vitamin dan serat. Terutama dengan berbagai manfaat buah mangga untuk ibu hamil yang dinilai aman, kebaikan tersebut juga dapat menjadikan mangga sebagai salah satu camilan sehat sehari-hari untuk membantu meningkatkan kebugaran tubuh.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

manfaat makan mangga di malam hari

Anda bisa menikmati buah mangga kapanpun—pagi, siang, dan maupun malam. Beberapa sumber menyebut bahwa ada beberapa manfaat makan mangga pada malam hari seperti meningkatkan kualitas tidur karena kandungan pyridoxine (B-6), yakni vitamin yang bertanggung jawab dalam sintesis hormon serotonin. Tubuh membutuhkan serotonin untuk memproduksi melatonin, yakni hormon untuk memicu tidur, sehingga kualitas tidur pun dapat meningkat.

Walau begitu, Anda juga perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk mengonsumsi mangga agar tak mengganggu kualitas tidur maupun aktivitas lainnya. Selain itu, manfaat makan mangga akan Anda dapatkan jika dilakukan dengan jumlah yang moderat sesuai kondisi tubuh. Hindari terlalu menumpukan salah satu kebutuhan tubuh hanya dari mangga dan mengabaikan buah maupun makanan lainnya karena justru akan mengganggu keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

Featured Articles

error: Content is protected !!
Chat Langsung
Chat Kami di +6287774734200
Halo, Anda cari asuransi apa? Kesehatan/ jiwa/ travel/ dsb atau merek tertentu (Generali, AXA, Allianz, dsb)?