Tanya Langsung

Peluang Usaha: 15 Ide Cerdas Usaha Modal Kecil

Tanya Langsung

cek ide peluang usaha yang terbukti

Peluang usaha adalah hal yang dicari banyak orang. Banyak orang yang ingin memiliki bisnis, tapi tidak punya ide bisnis sama sekali.

Di masa wabah COVID-19 saat ini, pekerjaan yang tetap sekalipun menjadi tidak terjamin. Banyak yang di PHK karena kondisi ekonomi.

Ada juga yang merasa penghasilannya terbatas. Sementara itu, kebutuhan terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia dan berkembangnya keluarga.

Mungkin tidak sedikit di antara Anda yang mengalami masalah seperti ini.

Bagi banyak orang, menemukan peluang usaha memang bukan perkara mudah. Bisnis apa yang modalnya kecil? Cek jawabannya di AsuransiNow.com

Tapi, jika Anda lebih kritis dan peka, sebenarnya ide bisnis bisa ditemukan di mana saja. Namun, memang pada akhirnya hanya sedikit yang benar-benar berani mengeksekusi peluang usaha dan konsisten mengembangkannya.

Di sisi lain, ada juga yang memilih untuk menunda-nunda. Padahal semakin lama Anda menunda membangun usaha rumahan, semakin sulit untuk memulainya.

Alasan Kenapa Harus Berbisnis

Setiap pelaku usaha memiliki alasannya masing-masing saat memulai bisnisnya. Ada yang murni ingin mendapatkan penghasilan demi menyambung hidup, ada juga yang berjalan di jalan kewirausahaan dengan tujuan mulia seperti membuka lapangan kerja.

Alasan-alasan inilah yang sukses mendorong pengusaha untuk mengembangkan usaha sampingan menjadi bisnis besar.

peluang usaha menjanjikan tanpa modal besar. usaha sampingan dapat dikembangkan menjadi bisnis besar

Bagi Anda yang mulai tertarik dengan dunia bisnis, mungkin masih ada beberapa keraguan. Untuk lebih menguatkan, berikut beberapa alasan kenapa Anda harus memulai usaha sampingan.

1. Potensi penghasilan tanpa batas

Saat bekerja sebagai seorang karyawan, besarnya penghasilan Anda terbatas. Bahkan masih banyak pekerja yang hanya digaji dengan standar UMR atau di bawahnya.

Saat Anda menemukan usaha yang menjanjikan, hal seperti ini hanya akan menjadi masa lalu. Potensi penghasilan dari sebuah bisnis bisa melebihi gaji yang bisa Anda dapatkan saat bekerja sebagai seorang karyawan.

potensi penghasilan tanpa batas dengan usaha sendiri

Untuk skala usaha rumahan, cukup banyak pelaku usaha UMKM yang bisa menghasilkan puluhan juta rupiah setiap bulannya. Jadi bisa dibayangkan berapa besar penghasilan yang diperoleh oleh para pelaku bisnis yang memiliki perusahaan besar.

Potensi penghasilan dari bisnis pada dasarnya tidak memiliki batas. Hanya saja, Anda memang harus tahu peluang usaha mana yang menjanjikan dan potensial untuk dikembangkan.

Bahkan, meski peluang usaha rumahan yang Anda temukan terlihat kurang menjanjikan, masih ada kesempatan untuk melakukan modifikasi di beberapa sisi demi memaksimalkan potensi yang dimiliki.

2. Andalah yang memegang kendali

Menjadi karyawan memang terlihat lebih pasti. Hampir bisa dipastikan, setiap bulannya Anda mendapatkan gaji dalam jumlah yang tetap dan beberapa fasilitas penunjang.

Tapi apa benar demikian? Saat menjadi karyawan di sebuah perusahaan, apakah risiko PHK tidak ada sama sekali?

dengan menjadi wirausaha, Anda memegang kendali penuh atas penghasilannya

Saat bekerja sebagai seorang karyawan, sebenarnya ada banyak hal yang tertutup tirai ketidakpastian. Nasib seorang karyawan sangat bergantung pada atasan dan perusahaan.

Meski sudah bekerja dengan baik, hal tersebut tidak akan banyak berguna jika performa perusahaan secara keseluruhan masih terbilang buruk. Seorang karyawan pada dasarnya tidak memiliki banyak kendali terhadap masa depan kariernya.

Kebalikannya, seorang pelaku bisnis lebih memiliki kendali  atas usaha yang ia geluti.

Saat omzet bisnis menurun, ia memiliki kewenangan untuk menentukan langkah demi memperbaiki keadaan. Bahkan, meski bisnis yang digeluti masih tergolong usaha modal kecil, pelaku usaha memiliki otoritas penuh untuk mengarahkan kemudi usahanya.

Selain itu, pelaku usaha juga memiliki kewenangan untuk menentukan kebijakan kerjanya. Anda bebas menentukan hal tersebut demi memastikan usaha rumahan berjalan dengan baik.

3. Jauh dari kata bosan

Mungkin ada beberapa di antara Anda yang mulai merasa jenuh dengan rutinitas pekerjaan. Apa yang dikerjakan cenderung sama setiap harinya.

Terkadang, memang ada beberapa variasi. Meski demikian, secara umum semuanya selalu sama sampai Anda berpindah divisi atau mendapatkan promosi.

dengan usaha sampingan, Anda bisa banyak belajar hal baru dengan orang-orang yang Anda percayai

Hal seperti ini tidak akan Anda alami saat menjalankan usaha sampingan. Seorang pelaku usaha harus fokus pada pengembangan bisnisnya.

Karena itulah, mereka tidak boleh terjebak pada rutinitas usaha sampingan dan harus melakukan hal baru setiap harinya. Inilah yang membuat bisnis jauh dari kata membosankan.

Anda juga bisa lebih bebas berkreasi. Belajar hal baru, membuat rencana dan mengeksekusinya bersama dengan orang-orang yang Anda percaya.

Bagi Anda yang suka dengan perubahan dan ingin selalu berkembang, menjalankan ide bisnis akan membuat Anda merasa lebih hidup.

4. Mewujudkan impian pribadi

Setiap orang memiliki mimpinya masing-masing. Namun untuk Anda yang memiliki impian besar, hal tersebut akan lebih mudah diwujudkan jika memiliki bisnis sendiri.

Tentu saja dengan catatan, usaha sampingan yang dijalankan berangkat dari impian pribadi.

banyak yang melakukan usaha sampingan untuk mewujudkan impian pribadi

Banyak ide bisnis yang berawal dari sebuah mimpi. Misalnya saja seperti mimpi memiliki rumah besar. Dengan mengembangkan bisnis hingga menghasilkan omzet yang besar, mimpi memiliki rumah impian bisa diwujudkan dengan lebih mudah.

Beberapa bisnis besar juga berawal dari mimpi yang lebih ambisius. Misalnya saja seperti salah satu pendiri Apple, Steve Jobs yang bermimpi bisa menghasilkan produk yang begitu diinginkan oleh banyak orang. Bahkan ada juga ide bisnis yang berangkat dari tujuan mulia seperti membuka lapangan pekerjaan untuk banyak orang.

Peluang Bisnis Jualan dengan Modal Kecil

Ada beberapa peluang usaha yang tidak pernah mati. Misalnya saja seperti bisnis F&B atau makanan dan minuman. Meski sudah cukup banyak yang menggeluti, setiap tahunnya selalu muncul bisnis sejenis. Bisnis ini juga sering dijadikan sebagai usaha sampingan.

Selain bisnis F&B, masih ada ide bisnis lain yang juga potensial. Berikut beberapa ide usaha modal kecil yang bisa Anda geluti.

1. Bisnis Minuman Kekinian

bisnis minuman kekinian bisa digeluti sebagai usaha sampingan

Bisnis yang satu ini tidak membutuhkan modal besar. Bahkan Anda sudah bisa memulainya dengan modal kurang dari Rp 10 juta. Berbekal lokasi strategis, stand menarik dan resep minuman yang enak dan fotogenik, bisnis yang satu ini bisa menjadi usaha sampingan yang menjanjikan.

Jika Anda tidak ingin repot-repot bereksperimen untuk menemukan resep minuman yang enak, menentukan nama produk atau merancang desain stand yang menarik, ada banyak bisnis minuman kekinian yang diwaralabakan. Anda tinggal pilih mana ide bisnis yang paling potensial.

Meski menguntungkan, ada satu hal yang perlu Anda pahami. Bisnis minuman kekinian sangat dinamis. Inovasi berkelanjutan harus dilakukan agar peluang usaha yang satu ini bisa terus hidup. Di samping itu, Anda juga harus terbuka dengan perubahan dan tren.

2. Bisnis Jualan Camilan

bisnis jualan camilan bisa digeluti sebagai usaha sampingan

Ide bisnis yang satu ini cukup digemari karena karakternya yang mirip seperti bisnis kuliner, yakni tidak mudah terkikis perubahan zaman. Pasarnya juga besar dan selalu ada yang menginginkan. Tidak mengherankan, potensi penghasilan yang bisa didapatkan dari usaha sampingan jualan camilan terbilang besar.

Beberapa produk camilan yang potensial untuk dijajakan di antaranya adalah jenis-jenis keripik, biskuit dan kue. Camilan tradisional yang dimodifikasi juga cukup populer. Sebaiknya coba berkreasi untuk menghasilkan produk camilan yang sesuai dengan selera banyak orang dan mulailah sebagai sebuah usaha sampingan. Peluang usaha ini akan sangat menguntungkan jika Anda berhasil mengeksekusinya dengan baik.

3. Bisnis Jualan Makanan Sehat

bisnis jualan makanan sehat bisa digeluti sebagai usaha sampingan

Peluang usaha yang satu ini memang membutuhkan modal yang cukup besar. Namun dengan memanfaatkan teknologi, sebenarnya Anda bisa menjual makanan dengan sistem take away tanpa harus sewa tempat sebagai warung makan.

Peluang usaha jualan makanan sehat juga memiliki potensi besar. Kepedulian masyarakat akan makanan sehat terus tumbuh. Seiring dengan tumbuhnya gaya hidup sehat, permintaan akan makanan yang seimbang secara kandungan gizi juga turut meningkat.

Peluang usaha rumahan ini akan semakin tinggi jika Anda bisa meramu makanan sehat yang tidak hanya bergizi namun juga memiliki rasa yang lezat. Paling tidak, rasanya cocok dengan lidah orang Indonesia.

4. Bisnis Jualan Tanaman

bisnis jualan tanaman bisa digeluti sebagai usaha sampingan

Beberapa waktu terakhir, tanaman kembali mendapatkan momentumnya. Tingginya permintaan membuat bisnis jualan tanaman terlihat semakin menjanjikan. Bisnis yang satu ini juga cocok sebagai usaha sampingan.

Pasar tanaman sendiri terbilang luas. Dari tanaman hias, hingga tanaman hidroponik untuk konsumsi kesehatan. Harganya sangat bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Luasnya pasar tanaman memberi kebebasan kepada Anda untuk memilih dan mengembangkan ide bisnis. Apakah ingin menggarap pasar kelas menengah atau kelas atas, setiap pilihan memiliki potensi yang sama-sama menarik untuk digarap.

Selain menjual tanaman, Anda juga bisa menjual produk-produk penunjangnya. Misalnya saja seperti media tanam, pupuk, pot atau obat tanaman. Jika Anda cukup kreatif, ide bisnis ini sebenarnya juga masih bisa dikembangkan lebih jauh lagi.

5. Bisnis Jualan Ikan Hias

bisnis jualan ikan hias bisa digeluti sebagai usaha sampingan

Sama halnya dengan tanaman, ikan hias juga tengah digandrungi. Banyak permintaan akan ikan hias. Fenomena ini bisa menjadi peluang usaha yang layak untuk dieksekusi.

Peluang usaha jualan ikan hias juga tidak membutuhkan modal besar. Namun agar untuk maksimal, sebaiknya jangan hanya berjualan ikan hias. Anda bisa menjual produk-produk penunjang. Berangkat dari sini, ide bisnis yang lebih luas akan terbuka, termasuk jualan kreasi menghias akuarium aquascape.

6. Bisnis Jualan Pakaian

bisnis jualan pakaian bisa digeluti sebagai usaha sampingan

Mirip seperti bisnis makanan, bisnis jualan pakaian juga tidak pernah mati. Tren pakaian memang selalu berputar. Akan tetapi, setiap orang selalu membutuhkan pakaian sebagai bagian dari gaya hidupnya. Itulah kenapa bisnis jualan pakaian bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan.

Meski ide bisnis ini erat kaitannya dengan pakaian, Anda tidak harus membuat produknya sendiri. Anda bisa membelinya dari produsen dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Kuncinya di sini adalah menemukan supplier yang bisa diandalkan, baik dari segi kualitas produk maupun harga yang kompetitif.

Peluang usaha sampingan yang satu ini juga bisa dieksekusi dengan metode dropshipping. Dengan cara ini, Anda tidak perlu menyetok banyak dan hanya memesan jika sudah mendapatkan pembeli. Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan ide bisnis ini juga jauh lebih kecil.

7. Bisnis Angkringan

bisnis angkringan bisa digeluti sebagai usaha sampingan

Tidak butuh modal besar namun banyak jadi buruan. Bisnis angkringan memang memiliki potensi tersebut. Meski kafe semakin menjamur, angkringan masih menjadi tempat tongkrongan yang mengasyikkan bagi beberapa orang. Peluang usaha ini pun bisa jadi pilihan bagi Anda yang tengah menjadi pemasukan tambahan.

Makanan dan minuman yang dijual juga tidak mahal. Sebut saja seperti gorengan, sate telur, sate usus, nasi kucing hingga wedang jahe. Menu makanan di angkringan bisa diproduksi tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Anda juga tidak perlu menyewa kios untuk memulai usaha sampingan yang satu ini.

Satu hal yang menarik dari bisnis angkringan adalah tidak neko-neko. Anda tidak perlu banyak berinovasi atau memikirkan masalah dekorasi. Meski demikian, lingkungan sekitar memiliki andil besar dalam menentukan kesuksesan ide bisnis yang satu ini. Angkringan Anda bisa terus hidup selama dioperasikan di lingkungan yang suka nongkrong.

8. Bisnis Jualan Gorengan

bisnis jualan gorengan bisa digeluti sebagai usaha sampingan

Peluang usaha yang satu ini tidak membutuhkan banyak modal. Meski demikian, potensi keuntungan yang bisa diperoleh tidak bisa diremehkan. Banyak masyarakat Indonesia yang suka makan gorengan. Karena alasan ini jugalah, bisnis jualan gorengan masih tetap eksis meski banyak yang menggeluti.

Ide bisnis ini sebenarnya masih bisa dikembangkan. Bukan hanya dari segi inovasi produk, model bisnisnya juga tidak harus selalu terpaku pada cara-cara yang lazim dilakukan oleh penjual gorengan di pinggir jalan. Dengan sedikit kreativitas, usaha sampingan jualan gorengan bisa menjanjikan keuntungan yang cukup besar.

Peluang Bisnis Jasa

Jika modal yang Anda miliki sangat tipis, masih ada peluang bisnis lain yang bisa digeluti. Ada banyak bisnis jasa yang dapat dimulai tanpa modal besar. Hanya saja, Anda memang membutuhkan skill yang layak jual dan dibutuhkan oleh banyak orang. Berikut ini usaha modal kecil di bidang jasa yang bisa dijadikan referensi.

1. Jasa Les Privat

jasa les privat bisa digeluti sebagai usaha sampingan

Saat ini memang sudah ada bimbingan belajar online yang praktis. Akan tetapi, bimbingan belajar online umumnya hadir dalam format rekaman. Inilah celah yang bisa diisi les privat. Di samping itu, ide bisnis les privat juga lebih interaktif dan intim.

Peluang usaha les privat bisa dieksekusi tanpa modal uang sama sekali. Anda bahkan bisa memulainya dengan modal Rp 0. Meski demikian, potensi penghasilan yang didapatkan tidak bisa dianggap remeh. Menghasilkan uang beberapa ratus ribu rupiah dalam satu kali pertemuan bukan hal yang mustahil.

Les privat yang berpotensi untuk digarap biasanya berhubungan dengan mata pelajaran sekolah. Misalnya saja seperti les matematika hingga les bahasa Inggris. Pilihlah mata pelajaran yang paling Anda kuasai. Biasanya, les privat per anak biayanya di kisaran Rp 300.000.

Ide bisnis yang satu ini juga membutuhkan skill mengajar yang baik agar anak didik Anda bisa menangkap pelajaran dengan lebih mudah. Menariknya lagi, jasa les privat bisa dijalankan sebagai usaha sampingan.

2. Jasa Kursus Online

jasa kursus online bisa digeluti sebagai usaha sampingan

Selain les privat, kursus online juga bisa menjadi peluang usaha yang bisa Anda pertimbangkan. Seiring dengan berjalannya waktu, pangsa pasar kursus online juga mengalami pertumbuhan. Banyak yang memilih kursus ini karena beberapa alasan. Salah satunya adalah kemudahan dan harga yang lebih terjangkau.

Untuk memulai peluang usaha kursus online, Anda harus menentukan jenis kursus apa yang ingin digeluti. Apakah itu kursus mata pelajaran sekolah atau kursus yang menyasar tenaga profesional, pilihlah sesuai dengan keahlian yang Anda miliki. Selain itu, pastikan untuk membuat video kursus yang profesional dan tersusun rapi.

Jika ingin mendalami kursus online sebagai usaha sampingan, jangan lupa untuk memilih platform kursus yang tepat. Pilihlah platform yang memiliki banyak pengguna dan menawarkan kemudahan. Selain itu, pertimbangkan juga biaya-biaya yang perlu dikeluarkan, mulai dari biaya pembuatan konten kursus hingga fee yang dikenakan oleh platform kursus.

3. Jasa Desain Grafis

jasa desain grafis bisa digeluti sebagai usaha sampingan

Jika Anda memiliki kemampuan desain grafis, Anda bisa menjadikannya sebagai sebuah usaha sampingan. Pasar desain sebenarnya masih sangat luas. Untuk desain logo dan sejenisnya, pemainnya memang sudah cukup banyak. Namun masih ada banyak niche yang sebenarnya belum digarap.

Peluang usaha desain grafis juga tidak membutuhkan modal yang besar. Jika sudah memiliki komputer desain, Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali. Cukup gunakan apa yang sudah ada. Rata-rata, desainer grafis bisa mematok harga Rp 250.000 per desain. Tentunya, angka ini bisa meningkat seiring jam terbang.

Karena usaha sampingan ini menjual jasa, harga yang ditawarkan bisa bervariasi tergantung dari keahlian yang Anda miliki. Jika Anda menggarap pasar luar negeri, potensi penghasilan yang bisa diperoleh bahkan bisa lebih besar lagi. Saat ini juga sudah ada banyak platform yang mewadahi desainer grafis. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengeksekusi peluang usaha yang satu ini.

4. Jasa Pembuatan Website

jasa pembuatan website bisa digeluti sebagai usaha sampingan

Saat ini ada semakin banyak pelaku usaha yang aware dengan peran teknologi dalam menunjang bisnisnya. Banyak dari mereka yang mulai membuat website untuk menunjukkan eksistensinya di dunia maya. Hal ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan, terlebih bagi Anda yang memiliki kemampuan membuat website.

Ide bisnis jasa pembuatan website tidak membutuhkan banyak modal. Modal utama Anda adalah komputer, koneksi internet dan skill. Bahkan untuk komputer, Anda tidak membutuhkan spesifikasi tinggi. Selama lancar digunakan untuk menulis kode program dan desain basic, semua itu sudah cukup untuk memulai usaha sampingan jasa pembuatan website.

Biaya pembuatan website juga terbilang tinggi. Semakin lengkap fiturnya, semakin tinggi biaya yang bisa Anda tetapkan. Jadi bisa dibayangkan berapa besar potensi dari peluang usaha yang satu ini.

5. Jasa Digital Marketing

jasa digital marketing bisa digeluti sebagai usaha sampingan

Bisnis jualan online semakin menjamur. Bahkan tidak sedikit pelaku bisnis pemula yang memiliki kecenderungan untuk memilih peluang usaha yang satu ini. Meski demikian, tidak semua dari mereka memiliki kemampuan marketing. Kalaupun memilikinya, tidak sedikit yang ingin lebih fokus pada pengembangan bisnis dan menyerahkan urusan pemasaran kepada orang lain.

Hal ini bisa menjadi peluang bagi Anda yang memiliki skill di bidang digital marketing. Menariknya lagi, tidak banyak modal yang dibutuhkan. Ide bisnis ini bisa dimulai dengan modal yang sangat minim. Jika Anda masih bekerja sebagai karyawan, jasa digital marketing bisa dijadikan salah satu usaha sampingan.

6. Jasa Penitipan Anak

Three Toddler Eating on White Table

Berbeda dengan zaman dulu, saat ini tidak hanya pria saja yang bekerja, tapi juga wanita. Jika kedua orang tua tidak ada di rumah, siapa yang menjaga anak-anak mereka? Kesibukan mereka di tempat kerja pun membuat urusan mengasuh anak mau tidak mau harus dialihkan kepada orang lain.

Masalah seperti ini bisa menjadi peluang usaha, terlebih bagi Anda yang suka dengan anak-anak dan memiliki kemampuan mengurus mereka. Jasa penitipan anak juga masih memiliki potensi besar untuk digarap. Persaingannya belum begitu tinggi.

Di sisi lain, potensi penghasilannya masih sangat menjanjikan. Biaya penitipan anak bisa mencapai sekitar Rp 5 juta per bulan.

Anda tidak perlu modal besar untuk memulai ide bisnis yang satu ini. Jadi meski dengan modal mepet, Anda bisa mengeksekusi ide bisnis jasa penitipan anak.

7. Jasa Rias Pengantin (Make Up Artist)

make up artist atau jasa rias dapat dijalani sebagai usaha sampingan yang cukup menjanjikan

Bisnis yang satu ini bisa menjadi usaha sampingan yang cukup menjanjikan. Bisnis jasa rias pengantin juga tidak banyak menguras waktu. Biasanya, Anda hanya akan sibuk di akhir minggu. Sedangkan di waktu lain, Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan promosi bisnis atau bekerja sebagai seorang karyawan.

Jika dibandingkan dengan ide bisnis lainnya, jasa rias pengantin bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar. Anda juga bisa belajar tehnik make up secara online. Meski demikian, Anda harus memperhatikan kualitas alat rias yang digunakan. Riasan pengantin berbeda dengan riasan harian. Jika menggunakan alat rias biasa, hasil riasannya tidak akan bertahan lama.

Pendapatan yang diperoleh cukup bervariasi. Tarif MUA yang baru mulai biasanya sekitar Rp 300.000 per klien. Untuk yang sudah ada nama, tarif bisa lebih mahal. Bahkan bisa mencapai belasan hingga puluhan juta per klien. Fantastis ya?

Tips Memulai Bisnis dengan Modal Tipis

Dengan sedikit kejelian, menemukan peluang usaha yang menjanjikan tidak akan begitu sulit. Hanya saja, Anda juga harus membekali diri dengan tool-tool yang dibutuhkan. Selain modal peralatan, modal ilmu juga sangat penting. Berikut tips memulai bisnis dengan modal tipis.

1. Pilih bisnis sesuai kemampuan dan passion yang dimiliki

pilih usaha sampingan yang sesuai dengan passion pribadi

Entah memulainya sebagai usaha sampingan atau langsung memantapkan diri sebagai sumber pemasukan utama, bisnis sebaiknya dipilih sesuai dengan skill yang dimiliki. Akan sangat sulit jika menggeluti bisnis yang sama sekali asing bagi Anda. Selain butuh usaha ekstra, waktu yang dibutuhkan untuk merintis bisnis juga jadi lebih panjang.

Jika memungkinkan, pilihlah peluang usaha yang sesuai dengan passion. Bisnis adalah lari maraton dengan visi Anda sebagai garis finisnya. Perjalanan membangun bisnis akan sangat panjang dan melelahkan. Namun jika Anda memilih bisnis yang sesuai dengan passion dan memulainya sebagai sebuah usaha sampingan, perjalanan tersebut akan terasa lebih menyenangkan dan minim risiko.

2. Hitung kebutuhan modal

hitung kebutuhan modal sebelum memulai usaha sampingan

Ide bisnis apapun yang Anda pilih, semuanya pasti membutuhkan modal. Karena itulah, penting untuk menghitung kebutuhan modal bisnis yang akan digeluti, bahkan untuk usaha sampingan sekalipun. Perhitungan modal ini bisa dimulai dari kebutuhan alat, bahan baku, hingga sewa tempat.

Beda bisnis beda juga komponen yang perlu disertakan. Karena itulah, Anda harus menyesuaikannya dengan jenis bisnis yang dipilih. Anda juga harus realistis. Di tahap awal merintis peluang usaha, akan lebih baik jika Anda fokus pada kebutuhan paling esensial.

Lakukan perhitungan secara terperinci. Hasil dari perhitungan tersebut akan menjadi gambaran tentang seberapa besar uang yang perlu dipersiapkan untuk memulai usaha sampingan. Berangkat dari sini, Anda juga bisa mulai memikirkan bagaimana cara mendapatkan modal usaha sampingan tersebut.

3. Fokus pada bisnis yang telah dipilih

fokuslah pada bisnis yang telah dipilih agar bisnis anda bisa berkembang maksimal

Ide bisnis yang telah disebutkan di atas memang cukup banyak. Namun jika ingin sukses dalam bisnis, Anda harus memilih salah satu dan fokus pada pilihan tersebut. Jangan terlalu membebani diri dengan menjalankan beberapa bisnis sekaligus.

Keputusan untuk menjalankan lebih dari satu bisnis sering dialami oleh pelaku bisnis pemula. Karena ingin meningkatkan pemasukan, banyak dari mereka yang memilih untuk menambah bisnis. Padahal peluang bisnis yang sebelumnya dipilih belum dikembangkan hingga puncaknya.

Fokuslah pada satu bisnis saja. Di awal perjalanan membangun bisnis, sebagian besar pekerjaan memang akan Anda kerjakan sendiri. Namun jangan terjebak pada rutinitas seperti ini. Kembangkan peluang bisnis tersebut dengan membangun sistem dan mendelegasikan tugas kepada orang-orang yang kompeten.

4. Pahami seluk beluk bisnis Anda

pahami seluk beluk bisnis Anda dalam menjalankan usaha sampingan

Akan sangat sulit menjalankan sebuah peluang usaha tanpa memahami seluk beluk bisnisnya. Sebagai contoh, saat menjalankan bisnis tanaman hias, jangan hanya berhenti pada menjual tanaman saja. Pelajari jenis-jenis tanaman yang lazim dipelihara beserta cara merawatnya.

Memahami cara budidaya tanaman juga tidak kalah penting. Meski tidak membudidayakan tanaman sendiri, pengetahuan tersebut bisa menjadi bekal untuk meyakinkan calon pembeli akan kualifikasi yang Anda miliki. Di samping itu, memahami seluk beluk bisnis juga akan sangat membantu dalam mengembangkan ide bisnis.

5. Tentukan keunikan atau diferensiasi

tentukan keunikan bisnis anda sebagai nilai jual

Ide bisnis tidak harus original. Meski demikian, keunikan atau diferensiasi tetap harus dimiliki. Inilah yang membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lain yang sudah ada.

Satu hal yang perlu dipahami di sini, diferensiasi bukan hanya sebatas pembeda. Diferensiasi juga harus menjadi alasan kenapa orang harus memilih produk atau jasa yang Anda miliki. Saat menemukan ide bisnis potensial, tentukan juga diferensiasi dengan penuh perhitungan. Dengan demikian, peluang usaha yang Anda geluti akan mendapat tempat di tengah masyarakat.

6. Marketing dengan cara kreatif

kreativitas Anda dalam memasarkan usaha sampingan Anda akan sangat mempengaruhi kesuksesan bisnis Anda

Meski masih berupa usaha sampingan, Anda tetap harus memasarkannya. Inilah yang membuat bisnis Anda diketahui banyak orang, khususnya mereka yang berpotensi menjadi pembeli. Marketing bisa dilakukan dengan cara-cara konvensional maupun digital. Namun apapun pilihannya, buatlah pemasaran yang kreatif.

7. Konsisten dalam menjalankan bisnis

Bisnis itu seperti lari marathon. Perlu dedikasi dan konsisten agar bisa sukses

Anda bisa saja memiliki ide bisnis yang brilian. Modal dan kemampuan yang dibutuhkan juga sudah ada dalam genggaman. Namun Anda juga harus ingat. Tanpa usaha yang konsisten, tidak ada usaha sampingan yang bisa menghasilkan apalagi berkembang menjadi bisnis besar.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, menjalankan bisnis itu sama seperti lari maraton. Usaha yang dilakukan harus konsisten. Di masa-masa awal, Anda mungkin belum mendapatkan penghasilan dari usaha sampingan yang digeluti. Di sinilah letak ujian kesabarannya.

Jika belum memberi hasil, cari tahu di mana letak kesalahannya. Terus belajar dan jangan takut melakukan trial and error. Dengan cara ini, Anda akan menemukan bentuk terbaik dari peluang bisnis yang Anda geluti.

Penutup

Setiap ide bisnis memiliki potensinya masing-masing. Semua tergantung cara Anda memoles dan mengeksekusinya. Di samping itu, Anda juga harus terbuka dengan perubahan dan selalu beradaptasi dengan keadaan. Inilah yang membantu mengembangkan usaha sampingan menjadi bisnis yang sesungguhnya dan menentukan eksistensi bisnis Anda.

Merangkul perubahan adalah bagian dari jalan kewirausahaan. Untuk itulah, Anda juga harus mempersiapkan diri dari hal-hal yang tidak terduga. Bekali diri Anda dengan asuransi kesehatan. Kenapa? Jangan sampai Anda dapat kejutan di tengah jalan, mendadak sakit dan terpaksa bayar ongkos rumah sakit besar. Asuransi kesehatan bisa mengamankan cashflow Anda sebagai pengusaha. Baca artikel kami caranya asuransi bisa bikin Anda kaya. Bersama Asuransi Now, Anda bisa menemukan asuransi kesehatan yang paling sesuai dan menjalankan peluang bisnis dengan lebih tenang.

sudah punya bisnis sendiri? Kini saatnya amankan cashflow Anda dengan mencari asuransi di Asuransi Now

 

 

Featured Articles

error: Content is protected !!
Chat Langsung
Chat Kami di +6287774734200
Halo, Anda cari asuransi apa? Kesehatan/ jiwa/ travel/ dsb atau merek tertentu (Generali, AXA, Allianz, dsb)?