Tanya Langsung

Manfaat Makan Tahu, Si Murah yang Kaya Nutrisi Mahal

Tanya Langsung

manfaat makan tahu
  1. Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Tubuh
  2. Mengurangi Risiko Beberapa Jenis Kanker
  3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
  4. Meningkatkan Kekuatan dan Kesehatan Tulang
  5. Menurunkan Risiko Diabetes

Tahu merupakan salah satu sumber protein nabati yang sangat lazim ditemukan di Indonesia. Bahan lauk ini menjadi makanan sehari-hari kebanyakan orang karena relatif mudah ditemukan dan dapat diperoleh dengan harga relatif sangat terjangkau. Namun, tahukah Anda ada banyak manfaat makan tahu bagi kesehatan di balik kesannya yang sederhana dan murah?

A picture containing cake, plate, table, pieceDescription automatically generated

Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Salah satunya adalah mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Seperti yang diketahui, kenaikan kolesterol mampu menaikkan pula risiko penyakit jantung dan stroke. Data WHO menunjukkan bahwa sepertiga dari penyakit jantung iskemik berkaitan dengan tingginya kolesterol yang dialami oleh penderita. Kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh juga diperkirakan menjadi penyebab kematian 2,6 juta orang di dunia atau setara dengan 4,5%.

A picture containing person, indoorDescription automatically generated

Tentunya, manfaat makan tahu tak terbatas hanya pada satu jenis gangguan kesehatan serius ini. Sumber protein yang berasal dari kacang kedelai ini juga masih memiliki beberapa benefit lainnya bagi kesehatan seperti berikut.

Mengurangi Risiko Beberapa Jenis Kanker

Mengonsumsi tahu secara rutin dalam jumlah yang tepat dapat menurunkan risiko seseorang terkena beberapa jenis kanker seperti berikut.

Kanker Payudara

Hal ini sekaligus dapat meluruskan rumor yang masih cukup banyak beredar di masyarakat. Seperti makanan berbahan dasar kacang kedelai lainnya, tahu mengandung ‘estrogen’ yang disebut fitoestrogen, yakni senyawa dalam tumbuhan yang mempunyai struktur kimia mirip dengan estrogen dan bahkan dapat meniru kerja hormone tersebut. Di sisi lain, selama bertahun-tahun, mengonsumsi terlalu banyak estrogen diyakini dapat memicu kanker payudara terutama pada wanita.

A person jumping on a beachDescription automatically generated with medium confidence

Kendati begitu, penelitian bahwa estrogen dapat meningkatkan risiko kanker payudara dilakukan pada hewan pengerat. Faktanya, pemrosesan kedelai tersebut berbeda dengan yang terjadi dalam tubuh manusia. Sebaliknya, studi mengonsumsi tahu pada manusia justru menunjukkan bahwa jumlah estrogen pada tahu tidak cukup banyak untuk menyebabkan kanker payudara. Beberapa penelitian bahkan menyatakan bahwa mengonsumsi tahu dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara.

Riset memperlihatkan bahwa wanita yang mengonsumsi produk kedelai setidaknya satu kali dalam satu minggu memiliki risiko terhadap kanker payudara 48-56% lebih rendah. Efek ini dihasilkan dari kandungan isoflavon yang berperan sebagai antioksidan sekaligus berperan positif dalam siklus menstruasi dan kadar estrogen bagi wanita.

A picture containing sky, sunset, outdoor, sunDescription automatically generated

Penelitian lain menunjukkan bahwa konsumsi kedelai pada usia anak-anak dan dewasa memiliki dampak yang paling bagus. Kendati begitu, hal ini tak lantas menyimpulkan bahwa mengonsumsi kedelai di usia yang lebih lanjut menjadi tidak memiliki benefit. Hal ini didukung dengan penelitian terpisah yang memperlihatkan bahwa wanita yang mengonsumsi produk kedelai setidaknya satu kali dalam seminggu dalam usia remaja dan dewasa justru memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara hingga 24% dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsinya pada usia remaja.

Kanker Prostat

Mengonsumsi tahu putih yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari nyatanya juga mampu menekan risiko kanker yang secara spesifik menyerang laki-laki. Manfaat tahu putih bagi laki-laki tak lain adalah menurunkan kans terkena kanker prostat.

tahukah kamu manfaat makan tahu? gila ternyata penting banget

Beberapa tinjauan studi menunjukkan bahwa laki-laki yang mengonsumsi lebih banyak kedelai, terutama tahu, mempunyai risiko lebih rendah terhadap kanker prostat hingga 32-51%. Kendati begitu, tinjauan yang lain menambahkan bahwa manfaat dari isoflavon sebagai senyawa penting dalam menekan risiko kanker tersebut juga dipengaruhi oleh kondisi bakteri dalam usus, baik jenis maupun jumlahnya.

Kanker Sistem Pencernaan

Serat merupakan salah satu bahan penting dalam makanan yang dapat mendukung usus dan sistem pencernaan tetap sehat sekaligus mengurangi risiko kanker. Adapun kandungan serat pada tahu sebanyak 0,8-1 gram per 100 gram tahu menjadi salah satu alasan yang mendukung kesehatan sistem pencernaan tubuh.

A close-up of a person holding a baby's feetDescription automatically generated with low confidence

Selain itu, kandungan isoflavon pada tahu juga berperan dalam mencegah kanker sistem pencernaan. Sebuah studi menunjukkan bahwa asupan tahu dapat mengurangi kans terjadinya kanker perut pada laki-laki sebesar 61%. Studi lainnya menunjukkan bahwa risiko kanker sistem pencernaan pada wanita 59% lebih rendah dengan mengonsumsi tahu.

Jika Anda serius ingin mengurangi resiko kanker, jangan lupa untuk cek artikel kami mengenai penelitian penyebab kanker: 95% bukan karena nasib.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Seperti yang disebutkan di awal, salah satu manfaat makan tahu adalah mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh yang kerap menjadi penyebab utama gangguan pada jantung dan bahkan stroke. Adapun penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 10 ons tahu per hari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat alias LDL hingga 5%.

A picture containing person, person, indoor, blueDescription automatically generated

Fitoestrogen juga menjadi bahan yang dapat membantu menyehatkan jantung. Hal ini tak lain karena fitoestrogen dapat meningkatkan kerja endotelium, yakni jaringan epitel yang melapisi pembuluh darah dan bagian dalam jantung.

Tak berhenti di situ, para ilmuwan menemukan pula bahwa isoflavon pada tahu dapat mengurangi inflamasi pada pembuluh darah dan meningkatkan elastisitasnya. Sebuah studi bahkan menemukan bahwa mengonsumsi isoflavon sebanyak 80 gram per hari selama 12 minggu dapat meningkatkan aliran darah pada orang yang berisiko mengalami stroke sebesar 68%.

tahukah kamu manfaat makan tahu?

Risiko penyakit jantung pada dasarnya dapat dikurangi dengan asupan legum yang tinggi—termasuk kedelai. Berbagai olahan legum maupun kedelai dapat memberi benefit serupa. Anda pun bisa memperoleh manfaat kembang tahu maupun olahan tahu lainnya untuk kebaikan ini.

Meningkatkan Kekuatan dan Kesehatan Tulang

Tak cuma tahu utuh, air tahu juga dapat dimanfaatkan untuk kebaikan tubuh. Manfaat air tahu ini terutama dipengaruhi oleh kandungan kalsium yang mencapai 27mg/l.

A close-up of a boneDescription automatically generated with low confidence

Sebagaimana yang diketahui, kalsium merupakan kandungan yang penting untuk perkembangan, pertumbuhan, dan pemeliharaan tulang. Selain itu, wanita yang mengalami menopause juga berpotensi mengalami pengeroposan tulang alias osteoporosis lebih tinggi dibandingkan laki-laki dan individu pada usia yang lebih muda.

Di samping itu, kekuatan dan kepadatan tulang juga dapat diperoleh dari kandungan lainnya dalam tahu, antara lain vitamin D, isoflavon, dan fitoestrogen.

Menurunkan Risiko Diabetes

Isoflavon pada tahu juga bermanfaat dalam mengurangi risiko diabetes. Sebuah studi pada wanita sehat yang telah mengalami menopause menunjukkan bahwa konsumsi 100 mg per hari mampu menurunkan gula darah hingga 15% dan insulin hingga 23%. Sementara itu pada wanita yang telah mengalami menopause dengan diabetes, konsumsi 30 gram protein kedelai isolated menurunkan kadar insulin hingga 8,1%, resistensi insulin hingga 6,5%, LDL hingga 7,1%, dan total kolesterol hingga 4,1%.

A picture containing whiteDescription automatically generated

Studi yang berbeda memperlihatkan bahwa konsumsi isoflavon tiap hari selama satu tahun dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan lemak darah sekaligus menurunkan risiko jantung.

Selain berbagai manfaat utama yang disebutkan di atas, masih ada banyak manfaat makan tahu lainnya bagi kesehatan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa tahu dapat membantu mengurangi berat badan, meningkatkan elastisitas kulit, hingga menjaga kesehatan ingatan dan otak.

tahukah kamu manfaat makan tahu? gila ternyata penting banget

Untuk mendapat segala kebaikan dan manfaat tahu ini, Anda juga perlu memperhatikan jumlah sekaligus cara pengolahan. Anda bisa mengolahnya menjadi makanan utama maupun kudapan sesuai selera, tetapi dengan bahan-bahan pendukung yang juga sehat. Di samping itu, perhatikan pula asupan nutrisi dari bahan makanan lainnya untuk pendukung sekaligus menjaga keseimbangan nutrisi.

Featured Articles

error: Content is protected !!
Chat Langsung
Chat Kami di +6287774734200
Halo, Anda cari asuransi apa? Kesehatan/ jiwa/ travel/ dsb atau merek tertentu (Generali, AXA, Allianz, dsb)?