Tanya Langsung

5 Hal Tentang Asuransi Kesehatan, Mitos atau Fakta?

Tanya Langsung

bingung

Banyak sekali perdebatan mengenai topik asuransi. Mulai dari perlu tidaknya asuransi sampai dengan dilema antara produk asuransi murni dengan unit link, semua menjadi bahan pertimbangan dan diskusi dalam mencari asuransi yang sesuai.

Kali ini Asuransi Now akan membahas 5 topik seputar asuransi kesehatan yang banyak beredar di masyarakat. Yuk, kita mulai.

1. Asuransi itu Mahal

Ada tiga jawaban untuk topik yang satu ini.

Pertama: Betul. Asuransi memang mahal. Tapi, lebih mahal lagi untuk menjaga kondisi tetap aktif, sehat dan produktif. Karena selama Anda sehat dan produktif, kontribusi premi asuransi, pasti akan terus terbayar. Semuanya hanya masalah prioritas, karena bagi sebagian besar yang belum paham, asuransi bukan merupakan prioritas. Asuransi Now akan membantu Anda mengatur dan merekomendasikan asuransi kesehatan yang sesuai dengan prioritas Anda.

Kedua: Salah. Asuransi tidak mahal. Asuransi hanya mahal jika Anda terlambat membelinya. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk membeli asuransi agar murah? Hari ini merupakan hari dimana premi asuransi Anda termurah dalam hidup Anda. Karena, usia merupakan salah satu faktor utama untuk menentukan murahnya premi. Semakin muda Anda, semakin murah premi, begitupun sebaliknya.

Cek premi asuransi kesehatan Anda hari ini juga dengan klik tombol Whatsapp hijau di kanan bawah laman ini.

Ketiga: Relatif. Premi asuransi kesehatan itu relatif. Tidak murah dan tidak mahal. Premi asuransi kesehatan akan menjadi mahal jika dimasukan sebagai pengeluaran bulanan, dan akan menjadi murah jika dibandingkan dengan biaya yang timbul atas resiko kesehatan. Asuransi Now memberikan solusi bagi Anda untuk menemukan asuransi kesehatan dengan premi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Asuransi dengan Unit Link Merugikan

Sebagian besar orang, merasa rugi karena tidak pernah klaim. Mereka berpikir, premi yang mereka setorkan hangus. Unit link bukan berfungsi sebagai investasi, melainkan menjaga proteksi asuransi agar tetap aktif.

Terkadang, ada situasi dan kondisi yang memaksa kontribusi premi tidak dapat disetorkan selama beberapa bulan, dan disitulah unit link beraksi. Pada saat seperti itu, asuransi kesehatan masih dapat digunakan saat resiko terjadi.

Lalu, jika asuransi unit link merugikan, kenapa tetap banyak orang yang mengambil polis asuransi kesehatan dengan unit link? Karena asuransi non-unit link tidak memiliki premi tetap, harus diperpanjang setiap tahunnya, dan dibayarkan seumur hidup. Polis asuransi kesehatan non-unit link tidak memiliki fasilitas cuti premi seperti polis asuransi unit link.

Saat artikel ini dibuat, Indonesia sedang dalam kondisi resesi akibat pandemi COVID-19. Pada masa ini, banyak sekali nasabah yang terbantu oleh nilai tunai yang terbentuk dari unit link mereka. Proteksi kesehatan mereka tetap berjalan, namun mereka tetap dapat merencanakan keuangan bulanan mereka.

Informasi mengenai apa itu cuti premi dan nilai tunai, silahkan hubungi konsultan kami.

3. Lebih Baik Investasi daripada Asuransi

Tujuan utama investasi adalah mencari keuntungan. Sedangkan tujuan asuransi adalah memproteksi keuntungan tersebut. Tidak ada yang lebih baik, karena keduanya saling melengkapi. Mimpi seseorang untuk memiliki investasi bisa saja lenyap hanya karena tidak memiliki asuransi. Rencanakan investasi sedini mungkin, dan biarkan asuransi yang memproteksi.

Apakah arti investasi jika nantinya hanya dicairkan untuk biaya berobat?

Menurut CNN Indonesia, jutaan keluarga di Asia Tenggara bangkrut karena kanker. Jangan sampai hal itu juga terjadi pada keluarga Anda.

Biaya pengobatan yang tidak hanya besar, tetapi juga semakin tinggi seiring bertambahnya waktu tidak dapat terkejar dengan mudah oleh bunga investasi, seperti yang disadur oleh CNBC Indonesia.

Secara garis besar, 7 dari 10 orang mengalami kemunduran secara ekonomi, menjual aset, mencairkan investasi, serta berhutang saat terjadi resiko yang berkaitan dengan kesehatan.

Jadi apa manfaat memiliki asuransi? Saat terjadi masalah pada kesehatan, asuransi-lah yang akan memastikan aset dan investasi Anda tidak perlu dicairkan untuk membayar dokter dan rumah sakit.

Asuransi Now menyediakan konsultasi perlindungan bagi investasi Anda, lebih dari sekedar asuransi kesehatan. Konsultasikan segera perencanaan asuransi Anda dengan menghubungi kami.

4. Asuransi Memiliki Banyak Alasan untuk Tidak Membayar Klaim

Perusahaan asuransi memang memiliki alasan jika ada klaim yang tidak terbayarkan. Namun, perusahaan asuransi juga memiliki alasan jika klaim tersebut harus dibayarkan. Faktor penyebab tidak terbayarkannya klaim sudah tertera jelas dan lengkap pada polis. Pastikan, anda memiliki konsultan polis yang profesional, independen, dan memiliki pengalaman dalam menangani klaim berbagai asuransi.

Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan agar klaim pasti terbayar:

  • Pastikan polis asuransi kesehatan dalam keadaan aktif

Pembayaran premi merupakan kewajiban untuk menjaga polis tetap aktif. Pastikan Anda mempermudah pembayaran premi dengan menggunakan fitur auto debet atau pembayaran premi tahunan. Selain memiliki manfaat lebih (seperti poin dari kartu kredit), pada beberapa perusahaan asuransi, premi tahunan menjadi lebih murah dari bulanan, dan juga ada promo-promo bagi nasabah yang membayar premi secara tahunan.

  • Manfaat yang diambil sesuai dengan klaim yang diajukan

Penting bagi nasabah untuk mengetahui secara detail manfaat apa saja yang ada dalam polis agar saat terjadi klaim, pengajuan atas klaim, sesuai dengan manfaat yang ada dalam polis. Penting juga mengetahui syarat dan ketentuan dalam setiap polis kesehatan, seperti masa tunggu, masa bertahan hidup, dan sebagainya.

Informasi mengenai manfaat polis asuransi kesehatan Anda, silahkan hubungi konsultan kami.

  • Dokumen yang diperlukan lengkap

Permintaan dokumen oleh perusahaan asuransi biasanya hanya berupa formulir yang perlu diisi oleh dokter. Dokumen pendukung lainnya biasanya merupakan surat-surat yang berkaitan dengan kependudukan seseorang. Pengurusan klaim tidak seribet pengajuan kredit. Namun, konsultan yang berpengalaman tentu akan mempercepat proses pencairan klaim.

Selengkapnya mengenai klaim asuransi dapat Anda baca di Panduan Klaim kami.

Asuransi Now memiliki konsultan yang berpengalaman di bidangnya, dan senantiasa akan membantu semua nasabah dalam mengurus klaim.

5. Prosedur Klaim Pasti Sulit dan Ribet

Perlu diketahui, segala sesuatunya memiliki proses. Termasuk pencairan klaim. Perjalanan sebuah klaim sampai pada tahap disetujui melibatkan banyak pihak, baik dari perusahaan asuransi, hingga rumah sakit.

Namun, jangan kuatir. Perusahaan asuransi semakin lama semakin berevolusi memperbaiki proses klaim. Dan jika Anda memilih rekan yang tepat dalam menangani klaim, Anda dapat menunggu proses tersebut dengan tenang. Asuransi Now bisa menjadi rekan yang senantiasa mendampingi dalam setiap prosesnya.

Selain itu, seiring dengan berkembangnya teknologi informatika, saat ini banyak rumah sakit di kota besar sudah memiliki jaringan yang terkoneksi secara online dengan pihak asuransi. Bahkan penggunaan asuransi kesehatan di luar negeri pun, sekarang sudah bisa online dan tanpa menggunakan sistem reimbusement.

Beberapa perusahaan asuransi juga memiliki aplikasi-aplikasi yang bisa diakses langsung oleh nasabah untuk ikut memantau proses keluar dan masuk rumah sakit, biaya berobat, konsultasi gratis dengan dokter, bahkan memantau proses jalannya klaim.

Jadi, pastikan asuransi kesehatan Anda bebas ribet. Temukan asuransi bebas ribet segera dengan menghubungi tim kami yang siap melayani Anda!

Featured Articles

error: Content is protected !!
Chat Langsung
Chat Kami di +6287774734200
Halo, Anda cari asuransi apa? Kesehatan/ jiwa/ travel/ dsb atau merek tertentu (Generali, AXA, Allianz, dsb)?