Tanya Langsung

10 Bahaya Gigi Berlubang: Bisa Berakibat Kematian!

Tanya Langsung

10 bahaya gigi berlubang, bisa berakibat kematian!

Tahukah Anda, ternyata malas menyikat gigi dapat berakibat fatal? Bahaya gigi berlubang antara lain mulai dari autoimun, dan bahkan, bisa berakibat kematian!

Sakit gigi bukanlah masalah terbesar bagi Anda apabila sedang menderita gigi berlubang. Banyak penyakit lebih parah yang bisa mengintai jika tidak serius dalam menjaga kondisi kesehatan gigi dan mulut.

Nah, jika gigi berlubang sudah telanjur berlubang akibat gaya hidup tidak sehat, itu artinya Anda patut berhati-hati. Berikut adalah 10 bahaya gigi berlubang yang patut diketahui!

1. Alzheimer

jika dibiarkan, gigi berlubang dapat mengakibatkan alzheimer. Baca bahaya gigi berlubang lainnya

Penyakit yang satu ini merupaka asal muasal dari demensia atau pikun. Sampai saat ini, ada banyak penyebab dari Alzheimer. Nah, tahukah Anda bahwa gigi berlubang dapat menjadi salah satu penyebabnya? Menurut penelitian dari University of Harvard, bakteri Porphyromonas gingivalis dari gigi yang berlubang bisa jadi merupakan awal mula dari penyakit Alzheimer.

2. Penyakit jantung

bahaya gigi berlubang: serangan jantung akibat gigi berlubang

Apa hubungannya penyakit jantung dengan gigi berlubang? Berbagai studi sudah membuktikan bahwa orang yang tidak menjaga kesehatan mulutnya dengan baik akan berisiko tinggi terkena penyakit jantung. Gigi berlubang menjadi tempat pertumbuhan bakteri yang subur. Ketika infeksi bakteri dari gigi menyebar ke pembuluh darah, jantung bisa menjadi target empuk.

Salah satu penyakit jantung yang dipicu oleh peradangan adalah endokarditis. Masalah kesehatan ini menyerang lapisan dalam jantung. Selain itu, menurut American Heart Association, bakteri pada gigi berlubang juga bisa menjadi penyebab utama penyumbatan arteri. Anda bisa jadi tidak menyangka, tetapi hal seperti ini benar adanya.

3. Stroke

bahaya gigi berlubang: bisa mengakibatkan stroke

Selanjutnya, karies gigi dapat membahayakan jiwa Anda dengan timbulnya penyakit stroke. Mengapa bisa begitu? Pasalnya, bakteri-bakteri tinggal di gigi berlubang yang tidak dibersihkan dengan cara yang tepat dan rutin. Bakteri dapat membawa berbagai penyakit ke pembuluh darah. Kemudian, mikroba ini membuat pembuluh darah yang mengalir ke otak tersumbat sehingga memicu stroke.

4. Keguguran

bahaya gigi berlubang saat hamil, simak resiko lainnya disini

Apakah Anda seorang ibu hamil yang memiliki gigi berlubang? Segera periksakan diri ke dokter sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu bahaya gigi berlubang saat hamil adalah keguguran. Tentunya para calon ibu tidak mau hal tersebut sampai terjadi, bukan?

Menurut sebuah riset dari International Dental Journal, wanita hamil yang mempunyai penyakit periodontal cenderung melahirkan bayi berbobot ringan, bayi prematur, atau malah keguguran. Peradangan pada gigi berlubang yang parah bisa menjalar sampai ke bagian janin. Hal ini jauh lebih berisiko saat trimester awal karena perlindungan plasenta belum kuat dan janin masih dalam masa pembentukan.

5. Autoimun

bahaya gigi keropos, mulai dari autoimun hingga bisa berakibat kematian!

Bahaya gigi berlubang berikutnya ialah penyakit HSP (Henoch-Schonlein-Purpura). Kondisi ini berupa peradangan pada pembuluh darah dan termasuk dalam kategori langka. Meskipun langka, Anda harus tetap waspada dan segera mengatasi gigi berlubang. Pasalnya, penyakit ini bisa berpindah ke fase yang lebih parah dalam waktu singkat.

Karies gigi dapat memicu penyakit autoimun dan membuat pembuluh darah dalam tubuh pecah. Kemudian, muncul gejala gatal-gatal, bintik kemerahan, hingga kelumpuhan. HSP dapat menyerang siapa saja, terutama anak-anak yang kerap kali mengabaikan kebiasaan membersihkan mulut.

6. Struktur rahang dan gigi berubah

bahaya gigi keropos, bisa berakibat kematian!

Bagaimana bisa struktur gigi dan rahang berubah akibat gigi berlubang? Kondisi ini karena pembusukan pada karies gigi menyebar ke gigi lain. Jika tidak segera ditangani, bagian tulang yang berfungsi mempertahankan posisi gigi akan semakin longgar. Tulang pertahanan yang tidak lagi kukuh mengubah struktur gigi dan gusi. Oleh karena itu, kondisi ini bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang.

7. Meningitis

Alone, Being Alone, Archetype

Masih ingat almahrum Olga Syahputra dan Glenn Fredly? Kedua selebriti tanah air tersebut meninggal akibat penyakit meningitis atau radang selaput otak. Meningitis dapat menyebabkan kelumpuhan, stroke, kejang, sepsis, bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Penyakit ini muncul karena adanya peradangan pada meningen, yakni lapiran yang melindungi saraf tulang belakang dan otak. Lantas, apa hubungannya dengan gigi berlubang?

Tumpukan plak pada gigi berlubang bisa menjadi sarang bakteri. Bakteri inilah yang berpotensi menyebar dan menginfeksi meningen. Serem banget ya! Inilah salah satu bahaya gigi keropos yang tidak boleh dianggap remeh!

8. Abses gigi

jangan remehkan gigi berlubang, bahaya serius bisa mengintai Anda

Apa itu abses gigi? Masalah kesehatan ini berupa nanah yang menumpuk dan berdiam di dalam gusi dan gigi. Abses gigi dipicu oleh infeksi bakteri yang masuk melalui lubang, rongga, atau retakan gigi. Lebih parah lagi, abses akan menyebar sampai ke bagian akar. Kemudian, kondisi ini dapat mengakibatkan sepsis yang berujung pada kematian. Sebaiknya, segera tangani gigi berlubang sebelum abses gigi memicu komplikasi serius.

9. Polip pulpa

bahaya gigi berlubang tumbuh daging, simak resiko lainnya disini

Selanjutnya, ada pula bahaya gigi berlubang tumbuh daging. Ketika gigi berlubang tidak segera ditangani, struktur gigi bagian enamel dan email akan menghilang. Selain itu, pulpa gigi juga akan lebih mudah terpapar oleh bakteri. Infeksi oleh bakteri inilah yang menyebabkan terjadinya polip pulpa.

Polip pulpa merupakan kondisi saat pulpa mengalami inflamasi. Pulpa berupa bagian tengah gigi yang berisi sel dan jaringan pembentuk gigi. Gigi berlubang akan membuat pulpa tumbuh membengkak dan menutupi lubang gigi, seakan-akan seperti daging berlebih.

10. Sinusitis

sakit gigi bisa mengakibatkan sinusitis? Simak selengkapnya disini

Punya gigi berlubang di bagian atas mulut? Itu artinya Anda patut berhati-hati karena kondisi ini dapat memicu penyakit sinusitis. Gigi pada bagian atas dekat dengan rongga sinus sehingga mudah terinfeksi oleh bakteri apabila gigi tersebut berlubang.

Sinusitis merupakan peradangan yang ada di dinding sinus, rongga-rongga kecil yang berhubungan lewat saluran udara dalam tengkorak. Beberapa gejala yang dialami ketika mengidap sinusitis, antara lain, sakit kepala, demam, bau mulut, dan cairan hidung berwarna hijau. Sinusitis memiliki empat jenis berdasarkan jangka waktunya, yakni akut, subakut, kronis, dan kambuhan.

Dentist Office, Sign, Wall, Background

Ternyata sakit gigi ngeri juga ya! Sekian informasi tentang 10 bahaya gigi berlubang yang patut diwaspadai. Untuk mengetahui apakah Anda memiliki kondisi tersebut atau tidak, segera periksakan diri ke dokter gigi. Selain itu, terapkan cara-cara tepat untuk merawat gigi berlubang. Mulai dari menyikat gigi dengan air hangat, menggunakan odol untuk gigi sensitif, hingga menghindari makanan yang terlalu manis, dingin, atau panas. Semoga bermanfaat!

Featured Articles

error: Content is protected !!
Chat Langsung
Chat Kami di +6287774734200
Halo, Anda cari asuransi apa? Kesehatan/ jiwa/ travel/ dsb atau merek tertentu (Generali, AXA, Allianz, dsb)?