Tanya Langsung

Pengobatan Kanker Hati Berdasarkan Tingkat Stadiumnya

Tanya Langsung

kenali berbagai metode pengobatan kanker hati

Kanker hati merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang sangat mematikan. Data WHO tahun 2020 menunjukkan kalau terdapat lebih dari 830 ribu kasus kematian yang diakibatkan oleh penyakit ini. Angka kematian yang sangat tinggi itu berkaitan erat dengan tingkat kesulitan proses pengobatan penyakit ini.

Alasan pertama yang membuat proses penyembuhan kanker hati sangat sulit adalah karena organ ini tidak mempunyai persarafan. Dalam situasi tersebut, pasien akan jarang merasakan gejala dari keberadaan penyakit. Selain itu, kesulitan proses pengobatan juga berkaitan erat dengan fungsi hati yang bertugas menetralkan racun dalam tubuh. Dalam hal ini, obat kanker termasuk jenis zat yang dianggap racun.

Meski sulit, upaya pengobatan kanker hati stadium awal ataupun stadium akhir tetap bisa diupayakan. Apalagi, dunia medis saat ini sudah sangat maju. Ada berbagai metode pengobatan terbaru yang bisa menjadi solusi bagi para pasien kanker hati untuk sembuh dan beraktivitas dengan normal. Lalu, apa saja metode pengobatan tersebut? Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa metode di antaranya.

Klasifikasi Stadium Kanker Hati

Klasifikasi Stadium Kanker Hati, pahami berbagai metode pengobatan kanker hati berikut ini

Seperti halnya penyakit kanker lain, para ahli kesehatan membagi kanker hati ke dalam beberapa stadium. Ada 5 stadium yang perlu Anda ketahui terkait penyakit ini, yaitu:

  • Stadium 0. Pada tahap ini, hanya ada satu kanker di organ hati pasien, dengan ukuran kecil kurang dari 2 cm.
  • Stadium awal atau A. Ketika menginjak tahapan ini, kanker di organ hati pasien berkembang jadi agak lebih besar, tetapi tidak lebih dari 3 cm. Jumlah tumor pada pasien bisa berjumlah satu atau kurang dari 3.
  • Stadium menengah atau B. Pada stadium B, kanker dalam organ hati pasien sudah cukup banyak, tetapi masih belum menyebar ke bagian tubuh lain.
  • Stadium lanjut atau C. Kanker sudah mulai menyebar ke organ lain, seperti pembuluh darah utama di liver, nodus limfa, dan bagian tubuh lainnya.
  • Stadium akhir atau D. Pada tahapan ini, kanker sudah menyebar luas dan organ hati tak bisa bekerja normal.

Mengenal Jenis Pengobatan untuk Kanker Hati

Mengenal Jenis Pengobatan Kanker Hati

Upaya pengobatan untuk kanker hati cukup beragam, penggunaannya kerap disesuaikan dengan kondisi pasien. Pilihan metode tersebut di antaranya adalah:

1. Partial Hepatectomy

Cara pengobatan ini merupakan proses operasi reseksi atau pengangkatan sel kanker. Metode partial hepatectomy jadi pilihan utama untuk pengobatan kanker hati stadium awal, terutama pasien kanker hati stadium 0 dan A.

Dalam praktiknya, operasi reseksi hati dilaksanakan dengan memperhatikan posisi sel kanker. Pelaksanaan operasi bisa dilakukan dengan mereseksi hati bagian kiri, kanan, ujung kiri, ujung kanan, sebagian kecil bagian dari organ hati, dan bahkan pemotongan kantong empedu.

2. Transarterial chemoembolisation (TACE)

Transarterial chemoembolisation atau TACE merupakan salah satu jenis terapi kemo. Dalam terapi ini, dokter akan melakukan terapi kemo secara langsung menuju ke area organ hati yang mempunyai sel kanker. Selanjutnya, mereka melaksanakan upaya penutupan akses suplai darah menuju ke sel tumor.

TACE kerap jadi pilihan metode pengobatan kanker hati stadium awal. Selain itu, TACE bisa pula digunakan untuk pengobatan kanker hati stadium 2 atau B. Selama perawatan menggunakan metode TACE, ada beberapa efek samping yang kerap dirasakan oleh para pasien. Efek samping itu di antaranya adalah demam, rasa sakit, lelah, serta flu.

3. Tumour ablation

Metode pengobatan kanker hati selanjutnya adalah ablasi tumor. Teknik ini sangat sesuai untuk kanker yang berukuran relatif masih kecil atau kurang dari 3 cm. Oleh karena itu, ablasi sering jadi pilihan pengobatan kanker stadium awal.

Dalam pelaksanaannya, abrasi bisa dilakukan dengan 3 cara, yaitu:

  1. Thermal ablation. Ini merupakan metode ablasi yang paling sering digunakan. Proses pengobatannya menggunakan panas untuk menghancurkan sel tumor. Panas itu bisa berupa gelombang radio (radiofrequency ablation) atau gelombang mikro (microwave ablation).
  2. Alcohol injection. Teknik ablasi bisa pula dilaksanakan lewat injeksi alkohol murni menuju sel tumor. Hanya saja, metode ini sangat jarang dilakukan pihak rumah sakit.
  3. Cryotherapy. Terakhir, ada teknik ablasi yang disebut cryotherapy. Cara kerjanya berkebalikan dengan thermal ablation. Cara kerja cryotherapy adalah dengan memanfaatkan suhu dingin untuk membekukan sel kanker.

4. Transplantasi

Teknik pengobatan selanjutnya adalah transplantasi. Cara kerja transplantasi adalah mengganti keseluruhan hati dengan organ baru yang masih sehat. Transplantasi jadi pilihan tepat untuk pengobatan kanker hati stadium awal, saat kanker masih belum menyebar ke organ lain.

Untuk bisa menjalani pengobatan dengan cara transplantasi, kondisi tubuh pasien harus fit. Anda perlu menghindari kebiasaan merokok, konsumsi narkotika, minum minuman beralkohol setidaknya 6 bulan sebelum transplantasi. Selain itu, pasien juga kerap menunggu lama berkaitan dengan ketersediaan donor hati.

5. Terapi Tertarget

Selanjutnya, ada teknik pengobatan terapi tertarget. Dalam proses pengobatan ini, pasien akan memperoleh obat yang bertujuan untuk mengurangi aktivitas penyebaran sel kanker. Obat yang biasa dipakai adalah sorafenib.

Terapi tertarget menggunakan sorafenib biasa ditujukan untuk pengobatan kanker hati stadium lanjut. Selain terapi ini, pasien juga akan memperoleh perawatan paliatif. Perawatan paliatif bukan bertujuan untuk mengobati, tetapi memaksimalkan kualitas hidup pasien.

Pengobatan untuk Pasien Kanker Hati Stadium Akhir

Pengobatan untuk Pasien Kanker Hati Stadium Akhir

Sampai di sini, Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana dengan metode pengobatan kanker hati stadium akhir? Pasien stadium akhir memiliki kondisi tubuh yang sangat sulit untuk disembuhkan. Biasanya, pasien akan memperoleh perawatan paliatif untuk mengurangi rasa sakit.

Namun, pasien bisa pula memilih untuk menjalani uji klinis metode pengobatan tertentu. Ada beberapa uji klinis yang ditujukan untuk pengobatan kanker hati stadium 4 atau stadium akhir, di antaranya adalah serum biomarker, lion TCR, terapi proton, dan lain sebagainya.

Lewat artikel ini, Anda bisa mengetahui kalau kanker hati merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya. Upaya pengobatannya juga sangat terbatas. Oleh karenanya, Anda perlu menjaga diri dengan cara membiasakan gaya hidup sehat.

Sebagai pelengkap, pertimbangkan untuk memanfaatkan layanan asuransi kesehatan. Keberadaan asuransi, bisa membantu Anda dalam upaya preventif dengan cara deteksi dini.

Featured Articles

error: Content is protected !!
Chat Langsung
Chat Kami di +6287774734200
Halo, Anda cari asuransi apa? Kesehatan/ jiwa/ travel/ dsb atau merek tertentu (Generali, AXA, Allianz, dsb)?