Temukan Asuransi Anda Sekarang

Tanya Langsung

Orang Kaya Baru: Siasati Uang Kaget Agar Tidak Bangkrut

orang kaya baru atau penerima uang kaget harus baca ini dulu agar tidak bangkrut

Salah satu berita paling mengejutkan di awal tahun 2021 adalah tentang sekelompok warga Tuban, Jawa Timur yang mendadak jadi orang kaya baru. Tanah mereka yang dibeli oleh Pertamina untuk dijadikan kilang minyak (proyek New Grass Root Refinery), membuat sejumlah warga seperti tertimpa durian runtuh. Keberuntungan ini mirip halnya dengan kisah menang lotere. Uang dalam jumlah besar mendadak datang, dan tentunya membuat penerimanya sangat senang.

Kabupaten Tuban, sumber CNN.com

Tapi malangnya, ada lagi laporan mengenai pasangan Tuban yang awalnya mendapat ‘uang kaget’ sebesar Rp 17 Milyar, kini hanya memiliki tabungan sebesar Rp 50 juta. Kok bisa? Penyebab utamanya adalah ‘pengeluaran kaget’ yang turut menyaingi si uang kaget. Dilaporkan, sejumlah miliarder baru Tuban ini berbondong-bondong beli mobil, meski kebanyakan belum bisa mengemudi.

mobil biasanya menjadi barang incaran orang kaya baru atau penerima uang kaget

Mudah sekali bagi kita yang tidak mengalami untuk menggunjingkan mereka yang tidak mengelola uang kagetnya dengan baik. Statistik dari National Endowment for Financial Education (NEFE) Amerika Serikat melaporkan, 70% dari pemenang lotere atau penerima uang kaget akan bangkrut dalam waktu rata-rata 5 tahun saja. Jadi, fenomena kebangkrutan yang menimpa pasangan asal Tuban diatas sebenarnya cukup lumrah, bahkan sudah ‘diramalkan’ oleh statistik.

orang kaya baru harus hati-hati mengelola uang kaget agar tidak tergelincir kehilangan uangnya

Mengapa Orang Kaya Baru/Mendadak Bisa Bangkrut?

Euforia Berlebihan

A picture containing text, sky, outdoor, redDescription automatically generated

“Orang-orang yang mendapatkan uang kaget, awalnya orang kecil kemudian mendadak menjadi orang luar biasa,” ujar Steve Lewit, CEO dari Wealth Financial Group Chicago, Amerika Serikat. Mereka jadi bahagia berlebihan atau euforia. Kebahagiaan karena memperoleh hal yang dianggap mustahil ini membuat orang merasa di atas awan. Mereka merasa berkuasa dan tak terkalahkan. Seperti Superman. Atau Gatot Kaca kalau di sini.

Akibatnya, para penerima uang kaget ini tidak lagi berhati-hati dalam mengelola uang kagetnya.

Dipalak/Ditodong Keluarga

Terbayang, pasti hal ini terjadi di Indonesia. Keluarga akan membuat pemenang uang kaget merasa bersalah (guilt tripping), sehingga orang kaya mendadak ini merasa tidak enak dan memberikan dana kepada pihak keluarga. Mungkin dengan jurus, “kalau aku yang menang, aku juga pasti bagi ke kamu.”

Hal ini juga ternyata terjadi di luar negeri. Menurut Charles Conrad, perencana keuangan senior dari Szarka Financial, keluarga dan teman akan merasa berhak juga atas kemenangan si orang kaya baru. Mungkin karena ada juga rasa iri terhadap keberuntungan si orang kaya baru.

"kok dia dapet gue enggak?" orang kaya baru sering disirikin keluarga atau teman yang tidak seberuntung dia. Simak cara mengelola uang kaget Anda disini

Sekali memberikan uang, susah untuk menghentikan kebiasaan ini. Setelah si A minta, si B, C, dan seterusnya akan turut meminta. Teman atau keluarga yang tidak dikasih akan merasa iri dan kesal karena dianggap berbeda dari kerabat yang turut menikmati durian runtuh.

Tidak Tahu Ilmu Perencanaan Keuangan

Boyband Blue yang melejit di era 2000an kini bangkrut karena tidak mengelola keuangan mereka dengan baik (sumber: This Morning)

Masih ingat boyband Blue? Westlife? Para anak 90an pasti akrab dengan nama-nama tersebut. Shane Filan dari Westlife dinyatakan bangkrut tahun 2012 silam, sementara keempat personil boyband Blue sudah bangkrut semuanya.

Selebriti ternama seperti Michael Jackson, Johnny Depp, 50 Cent, Kim Basinger, dan Mike Tyson juga dinyatakan bangkrut. Alasannya? Mereka tidak tahu cara mengelola keuangan dengan baik. Hal ini tidak hanya menimpa penerima uang kaget, tapi juga banyak sekali orang-orang kaya, serta selebriti dari dalam dan luar negeri. Dulunya kaya, lalu kemudian bangkrut, bahkan berhutang.

Mike Tyson dinyatakan bangkrut (sumber: Kompas.com), simak tips mengelola uang untuk orang kaya baru/penerima uang kaget di asuransinow.com

Ketidaktahuan mengenai perencanaan keuangan inilah yang membuat mereka menjadi sasaran empuk ditipu orang. Para selebriti seringkali tidak mau repot, sehingga mempercayakan saja keuangannya pada seseorang. Contohnya Rihanna. Pada tahun 2009, Rihanna melaporkan kerugian USD 9 juta, dari USD 11 juta di awal tahun 2009 menjadi hanya USD 2 juta di akhir 2009. Padahal, Rihanna masih punya kewajiban lainnya.

Rihanna (Sumber: CNBC Indonesia), simak tips mengelola uang untuk orang kaya baru/penerima uang kaget di asuransinow.com

Hal ini karena kesalahan akuntan Rihanna yang tidak melaporkan kerugian tur Last Girl on Earth-nya, sehingga Rihanna merasa sanggup membeli rumah mewah seharga USD 7 juta. Cerita inilah yang menjadi latar belakang lagu Bitch Better Have My Money. Untungnya, RiRi cepat belajar dari kesalahannya, dan kini sukses memiliki sederetan bisnis.

Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Menerima Uang Kaget?

Berikut ini tips untuk para pemenang lotere, penerima uang kaget, maupun orang kaya baru. Anda pun harus bersiap-siap, karena Anda tidak tahu kapan rejeki akan tiba. Yang jelas, jika Anda tahu cara menangani rejeki nomplok tersebut, maka Anda akan terbebas dari kutukan uang kaget yang sudah menimpa 70% pemenang lotere.

1. Jangan euforia berlebihan

orang kaya baru harus waspada, kelola uang kaget Anda dan hindari dipalak keluarga

Kendalikan diri Anda sebelum mengendalikan uang Anda. Jangan terlalu senang dengan kemenangan Anda. Senang boleh, tapi sadari benar bahwa ini adalah tiket Anda menuju kebebasan. Dengan uang sebanyak ini, Anda bisa mengurangi kerja keras Anda mencari nafkah, lebih banyak meluangkan waktu dengan orang-orang tercinta, serta fokus pada hobby Anda sendiri. Asal, perencanaannya benar.

Malah, justru sedikit rasa takut bagus untuk pemenang uang kaget. Karena dengan adanya rasa takut, timbul kehati-hatian. Tiket kebebasan Anda ini harus dijaga dengan sangat baik. Karena kalau hilang, Anda sudah tidak bebas lagi. Harus siap kerja capek lagi, pas-pasan lagi. Gak mau kan?

2. Lunasi hutang

terima uang kaget? lunasi dulu hutang Anda. Tips orang kaya baru (asuransinow.com)

Hutang adalah janji yang bisa membengkak. Lunasi dulu semua hutang-hutang Anda agar Anda tidak perlu membayar bunganya dan bisa bernapas lega.

Selain hutang yang sudah terjadi, pikirkan juga hutang yang akan ada. Misalnya, Anda ingin menyekolahkan anak Anda ke luar negeri. Atau Anda ingin membiayai pernikahan anak Anda. Hitung biayanya dan sisihkan dana untuk tujuan tersebut, agar Anda benar-benar bebas dari kewajiban.

3. Beli aset

Bitcoin, Crypto-Currency, dapat menjadi salah satu pilihan investasi untuk penerima uang kaget

Aset adalah apapun itu yang membuat uang masuk ke kantong Anda. Rupanya bisa macam-macam. Bisa berupa rumah kos-kosan, tanah atau properti yang disewakan, saham, surat hutang (obligasi), mata uang asing (valas), mata uang krypto, terserah Anda. Yang penting, Anda harus benar-benar menguasai aturan dan cara main aset tersebut.

investasikan uang kaget Anda agar Anda tidak sekedar menjadi orang kaya baru, tapi juga orang kaya lama

Banyak orang kaya dengan aset-aset di atas karena mereka sudah tahu aturan mainnya. Jangan sampai Anda kehilangan tiket kebebasan Anda karena salah langkah.

Kalau Anda baru belajar saham misalnya, jangan langsung mainkan seluruh tabungan Anda. Coba dengan uang yang lebih kecil dulu, jika sudah menguasai baru Anda bisa mengambil langkah berikutnya.

4. Masukkan ke Deposito/Obligasi Pemerintah

Investment, Finance, Time

Setelah lunas bayar hutang, kalau Anda masih bingung dengan pengelolaan dana yang baik, belajar dulu. Sementara Anda belajar, dananya taruh dulu di deposito. Kita cukup beruntung tinggal di Indonesia, dimana bunga depositonya paling tinggi di ASEAN. Jadi, manfaatkan kelebihan negara kita ini.

Gunakan juga bunga deposito sebagai benchmark atau tolak ukur Anda. Jika usaha Anda di nomor 3 di atas hasilnya tidak lebih tinggi dari 5-6% per tahun, maka mungkin Anda akan lebih memilih dana didepositokan saja. Tanpa pusing dan repot, dana masuk secara teratur tanpa Anda harus capek bekerja.

dengan perencanaan keuangan yang baik, Anda bisa berlibur tanpa pusing bekerja menutup pengeluaran harian

Kalau Anda ingin bunga yang lebih besar, masukkan dana Anda ke Obligasi Pemerintah. Selain lebih aman dari obligasi atau surat hutang pada umumnya, bunganya juga lebih tinggi dari deposito biasa (rata-rata sekitar 8.23% sejak 2006). Apalagi, Februari 2021 kemarin pemerintah resmi menurunkan pajak bunga obligasi dari 20% menjadi 10%. Jadi, pajaknya pun lebih murah dari pajak bunga deposito. Lumayan, pendapatan pasif Anda pasti tambah besar!

5. Batasi beli barang mewah

Photo of Ferrari Sports Car Parked on Road

Biasanya pemenang lotere atau penerima uang kaget langsung mengincar beli barang mewah. Tapi, tunggu dulu. Bagi yang berpikir panjang pasti tidak langsung beli barang mewah. Mengapa? Karena biaya pengelolaan barang mewah itu juga mahal. Inilah yang dinamakan liabilitas atau kewajiban. Alih-alih membeli aset yang membuat lebih banyak uang masuk ke kantong pemiliknya, banyak orang kaya baru malah membeli barang mewah yang membuat dompet bocor.

Auto, Automobile, Automotive, Amg, Tuned

Contoh, mobil Mercy. Mercedez-Benz C200 EQ Boost harganya sekitar Rp 865 juta (bukan gambar di atas). Bagusnya, ada gratis 3 tahun biaya suku cadang dan perawatan. Setelah 3 tahun itu, Anda bisa membeli paket perawatan. Untuk Mercedez-Benz C200 EQ Boost ini, paket biaya perawatannya berkisar dari Rp 15 juta hingga Rp 105 juta, berlaku untuk 2 tahun. Cukup besar juga kan?

jangan sampai karena beli Huracan dana Anda jadi urakan

Tambah lagi, ada PPnBM atau pajak penjualan barang mewah. Menurut pasal 8 Undang-Undang No. 42 tahun 2009, tarif yang ditetapkan paling rendah 10% dan paling tinggi 200%. Ambil contoh mobil Lamborghini Huracan Spyder yang di Italia harganya sekitar IDR 4 Milyar, tapi masuk di Indonesia jadi IDR 11 Milyar! Nah, apa tidak sayang dengan uang Anda?

Jadi, apa gak boleh beli barang mewah? Boleh, tapi disiasati dengan baik, seperti berikut:

  • Perhitungkan dulu biaya perawatan atau maintenance yang harus dikeluarkan. Tambah lagi dengan biaya yang bakal timbul seandainya barang mewah Anda rusak. Supaya Anda benar-benar ada gambaran berapa biaya yang bakal Anda keluarkan per tahunnya.

hitung biaya maintenance barang mewah Anda sebelum membelinya

  • Kalau Anda kekeuh ingin beli barang mewah setelah terima uang kaget, jangan habiskan seluruh uang kaget Anda. Mark Minervini, pemain saham sukses asal Amerika Serikat, punya aturan maksimal 10% untuk membeli barang-barang yang nilainya turun (depresiasi). Jadi, jika Anda punya tabungan 10 Milyar, maksimal 1 Milyar untuk beli mobil mewah atau barang yang Anda inginkan lainnya. Tapi ingat, 9 Milyarnya jangan dibagi-bagi ke saudara ya.
  • Siasati dengan obligasi pemerintah/deposito. Setelah menghabiskan 10%, 90%nya depositokan atau masukkan ke obligasi pemerintah. Bunganya masih cukup untuk membayar biaya maintenance/perawatan, serta pengeluaran pribadi Anda.
  • Lebih baik lagi kalau Anda tunda dulu beli barang mewahnya. Belinya nanti setelah investasi Anda berbunga, jadi Anda bayar dari bunga. Asik kan?

Photo Of Women Sitting On Car

Intinya, barang mewah ini ada untuk membuat Anda bahagia, bukan buntung. Jadi, aturlah strategi dengan optimal.

6. Beli asuransi jiwa dan kesehatan

Umbrella Lot

Baik asuransi jiwa dan kesehatan gunanya untuk melindungi uang kaget Anda. Hanya butuh satu bencana, satu diagnosa sakit parah, maka uang Anda akan terkuras untuk membayar dokter dan biaya pengobatan. Sayang kan, kalau tiket kebebasan Anda ini digunakan untuk bayar rumah sakit? Lebih baik dimanfaatkan untuk masa depan Anda dan keluarga. Bunga investasi Anda, lebih baik digunakan untuk jalan-jalan, daripada untuk bayar biaya pengobatan yang harusnya tidak perlu Anda bayarkan!

Cek juga artikel kami Asuransi Bisa Bikin Kamu Kaya untuk memahami bagaimana fungsi asuransi dalam keuangan Anda. Untuk mengecek cukup tidaknya asuransi Anda saat ini, hubungi tim kami.

7. Hindari orang yang membuat Anda tidak nyaman dengan kemenangan Anda

Anda berhak atas uang kaget Anda, jangan mau dibuat merasa tidak enak dan ditodong kerabat Anda!

Masih ingat dengan orang kaya baru yang ditodong keluarga. Anda harus berani berkata tidak jika Anda benar-benar mau naik level secara finansial. Ya, memang harus tega. Kalau tidak, nanti Anda yang akan menyesal di kemudian hari.

8. Kelilingi diri dengan orang-orang kaya dan sukses finansial

A group of people posing for a photoDescription automatically generated

Anda adalah rata-rata lima orang yang paling banyak menghabiskan waktu dengan Anda. Pernyataan ini ada benarnya. Uang kaget atau tiket kebebasan ini akan membuat Anda naik level secara finansial jika dikelola dengan benar. Karena itu, Anda harus belajar dan bergaul dengan ahlinya.

Jika Anda banyak bergaul dengan orang-orang sukses finansial, maka Anda juga akan tertular cara berpikir pengelolaan keuangan dengan baik. Mereka mungkin bisa memberikan tips yang tidak pernah Anda dengar sebelumnya. Tentunya, Anda tetap harus berhati-hati, karena bisa saja yang tidak berhati baik ingin memanfaatkan dana Anda.

Positive senior businessman in formal suit and eyeglasses counting money bills while sitting at wooden table with cup of beverage and near opened laptop

Demikian cara menghadapi tantangan sebagai orang kaya baru atau penerima uang kaget. Semoga informasi ini bermanfaat!

Featured Articles

error: Content is protected !!
Chat Langsung
Chat Kami di +6287774734200
Halo, Anda cari asuransi apa? Kesehatan/ jiwa/ travel/ dsb atau merek tertentu (Generali, AXA, Allianz, dsb)?