Tanya Langsung

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Tanya Langsung

manfaat teh hijau

Manfaat teh hijau sudah tidak di ragukan lagi khasiatnya, terbukti banyak diminati daratan Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, Timur Tengah, Asia Tenggara, dan Jepang minuman yang satu ini juga sangat familiar di Indonesia. Jadi, sudah pasti “teh hijau” adalah salah satu seduhan favorit untuk banyak orang. Apakah kamu menjadi salah satunya?

Teh hijau adalah salah satu jenis teh dengan kandungan yang super sehat, dimana terdapat kandungan zat antioksidan seperti enzim, asam amino, dan polifenol yang diketahui dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan Kandungan Teh Hijau. Selain itu, teh hijau ini juga mengandung vitamin B, folat, mangan, potasium, magnesium, dan kafein yang dapat dijadikan menu minuman kamu saat sedang melakukan diet. Bagaimana menurutmu? Penasaran dengan manfaat the hijau bagi kesehatan? Maka dari itu, untuk kamu yang penasaran apakah teh itu baik atau tidak. Mari simak ulasan terkait manfaat teh hijau berikut.

Manfaat Teh Hijau

Apakah kamu salah satu pecinta the hijau? Rajin meminumnya namun belum tahu apa saja manfaatnya? Atau justru kamu meminumnya hanya karena sudah menjadi budaya tea time dirumah saat sedang menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Yuk kita bahas bersama-sama.

  1. Mencegah Penuaian

Faktanya, rajin mengonsumsi teh hijau dengan teratur akan memberikan manfaat bagi kulit kamu. Wajah akan terhindar dari penuaian dini dan akan tampak lebih berseri. Hal ini didapat dari kandungan polifenol yang dapat menetralisir radikal bebas berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada kulit kamu.

2. Mempercantik Kulit Wajah

Apakah kamu memiliki masalah pada kulit wajah? Bila iya, teh hijau dikenal mampu mempercantik kulit wajah bila dikonsumsi secara rutin. Menurut para peneliti, teh hijau memiliki manfaat yang dapat mengeluarkan racun dari kulit, membersihkan noda dan bekas luka serta meningkatkan elastisitas pada kulit. Maka dari itu, selain rasanya yang nikmat, tanpa kamu sadari teh hijau ini juga dapat memberikan perawatan pada kulit kamu lo.

3. Mengurangi Jerawat

Saat kamu menikmati secangkir teh, kandungan teh tersebut dapat memberikan keseimbangan hormone dan anti imflasi yang dapat menyebabkan kulit berjerawat. Kandungan dalam teh hijau ini dapat membantu mengobati jerawat dengan memodulasi target molekuler dan menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit yang menyebabkan jerawat.

4. Dapat dijadikan Toner Kulit

Bukan rahasia umum lagi, bila banyak merek skincare yang memang menjadikan teh hijau sebagai bahan utama produk mereka. Untuk itu, kamu juga bisa menggunakan teh hijau sebagai toner pada wajah. Apa saja manfaatnya? Toner ini mampu membersihkan kotoran dan dapat memperkecil pori-pori serta dapat menghidrasi kulit.

5. Mengurangi Lingkar Mata Hitam

Kandungan antioskidan dan tanin yang terdapat pada teh hijau dipercaya dapat mengurangi lingkar hitam pada mata kamu. Zat alami yang terdapat didalamnya dapat membantu untuk menyusutkan pembuluh darah dikulit area sekitar mata sehingga mampu mengurangi peradangan pada mata.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dipercaya dapat melancarkan diet sehat, dengan meminum teh hijau kamu dapat meningkatkan pembakaran lemak pada tubuh kamu. Selain itu, metabolisme tubuh juga akan meningkat, sehingga mampu membantu mengurangi berat badan. Dengan mengonsumsi teh hijau, kamu akan kehilangan nafsu makan yang tinggi sehingga kamu tidak akan merasa lapar saat kamu melakukan diet. Tidak hanya itu saja, penumpukan lemak abdominal di bawah kulit yang dapat membahayakan tubuh kita dapat diatasi dengan mengonsumsi teh hijau dengan teratur.

7. Menurunkan resiko Alzheimer

Mengandung bahan aktif yaitu kafein diketahui dapat mendukung fungsi otak. Sebenarnya, kafein yang terkandung dalam teh ini akan memblokir neurotransmitter yang disebut adenosine. Pada saat itu, terjadi penembakan neuron dan konsentrasi neurotransmitter seperti dopamine dan norepinefrin. Dengan begitu, fungsi otak akan meningkat. Hal ini juga dapat kamu rasakan saat kamu meminum kopi yang mengandung kafein. Antioksidan teh hijau juga dapat mengurangi kerusakan oksidatif pada otak. Untuk jangka panjang, teh hijau juga disinyalir dapat mengurangi resiko pikun, dementia, serta Alzheimer.

8. Menurunkan Resiko Kanker

Teh hijau mengandung polifenol, zat yang bersifat antikanker. Polifenol membuat sel kanker mati karena tidak dapat berkembang biak. Penelitian dari Universitas Saga dan Saitama Jepang tahun 2018 membuktikan keampuhan EGCG dari teh hijau mencegah pertumbuhan sel kanker, antara lain sel kanker payudara, sel kanker paru-paru serta sel kanker usus. Lebih ampuh lagi jika sering mengkonsumsi teh hijau untuk mencegah timbulnya kanker.

9. Menurunkan Resiko Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang sudah tidak jarang kita temukan saat ini.  Banyaknya makanan dan minuman yang dianggap menjadi penyebabnya membuat kita harus berhati-hati dalam memilih dan mengonsumsinya. Namun tidak untuk seduhan nikmat dari teh hijau. Rajin dan teratur meminum teh hijau ini, kamu dapat mengurangi resiko diabetes sebesar 42%. 

10. Mengurangi Peradangan (Inflamasi)

Peradangan yang terlalu lama dapat merusak genetik dan menimbulkan kanker. Kandungan yang terdapat pada teh hijau dipercaya dapat mengurangi peradangan pada tubuh. Dengan mengkonsumsi teh hijau secara teratur, antioksidan katekin dari teh hijau akan bekerja mengurangi peradangan.  

11. Mencegah Penyakit Jantung

Selain dapat mengurangi resiko kanker, kandungan zat antioksidan pada teh hijau ini juga dipercaya dapat mencegah penyakit jantung. Jadi, sembari kamu menikmatinya, kamu juga sudah memberikan perawatan pada jantung kamu.

Featured Articles

error: Content is protected !!
Chat Langsung
Chat Kami di +6287774734200
Halo, Anda cari asuransi apa? Kesehatan/ jiwa/ travel/ dsb atau merek tertentu (Generali, AXA, Allianz, dsb)?