Temukan Asuransi Anda Sekarang

Tanya Langsung

10 Cara Mencegah Pikun

10 Cara Mencegah Pikun

Pikun biasanya ditandai dengan kebiasaan mudah melupakan sesuatu. Hal ini kerap dialami oleh orang lanjut usia karena penurunan kemampuan mengingat mereka. Dalam beberapa kasus, pikun ternyata juga bisa dialami anak muda. Meskipun terlihat sepele, ternyata pikun tidak bisa diremehkan.

Gejala sering lupa tersebut merupakan salah satu ciri-ciri tahap awal penyakit Alzheimer. Inilah mengapa sangat penting bagi kita untuk melakukan beberapa tindakan mencegah pikun.

Cara Mencegah Pikun

Cara Mencegah Pikun
Cara Mencegah Pikun – Sumber Gambar: piqsels.com

1. Selalu Aktif

Aktif secara fisik merupakan cara terbaik untuk mengurangi risiko kepikunan. Aktif dalam hal ini bisa berupa olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. Mereka yang terbiasa berolahraga secara tidak langsung akan memiliki fungsi otak maksimal karena sirkulasi darah lancar, berat badan terjaga, dan kondisi mental stabil.

Rutin berolahraga bisa dimulai dengan melakukan setidaknya 10 menit aktivitas fisik setiap harinya. Anda bisa mengawali dengan olahraga ringan seperti jalan sore, jogging, atau bersepeda. Jika sudah terbiasa, tingkatkan durasi latihan fisik dan mulai lakukan olahraga berat seperti aerobik, kardio, atau bahkan latihan beban di gym.

2. Menjaga Pola Makan Sehat

Diet atau menjaga pola makan juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi pikun. Batasi makanan siap saji atau mengandung lemak jenuh yang dapat mempengaruhi fungsi otak. Idealnya, setiap makanan yang masuk ke tubuh harus memiliki gizi seimbang.

Beberapa makanan pencegah pikun yang bisa dikonsumsi adalah, buah, sayur mayur, aneka jenis ikan, kacang-kacangan, telur, susu, dan daging. Untuk kebutuhan karbohidrat, pilih yang tidak terlalu berat seperti roti gandum atau nasi merah. Selain makanan, pastikan asupan cairan tubuh juga terpenuhi.

Minumlah sekitar 6 sampai 8 gelas air putih dalam sehari untuk membersihkan tubuh dari segala jenis racun, membuat kulit terlihat lebih segar, dan melebur lemak. Air putih juga dapat memaksimalkan fungsi jantung sehingga pasokan darah ke otak lancar dan mampu bekerja secara maksimal.

3. Hentikan Kebiasaan Merokok dan Minum Minuman Keras

Salah satu dampak negatif rokok adalah merusak sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk ke pembuluh darah di otak, jantung, dan paru-paru. Inilah mengapa menurut beberapa penelitian, perokok memiliki risiko terkena demensia lebih tinggi dari nonperokok.

Seperti yang sempat dibahas di awal, demensia merupakan gejala awal alzheimer. Hal yang sama juga berlaku pada peminum alkohol. Konsumsi minuman keras secara berlebihan dianggap dapat menurunkan fungsi otak atau bahkan merusaknya. Jadi mulai sekarang kurangi kebiasaan minum minuman keras.

Selain dapat mencegah pikun, kebiasaan baru tersebut akan membuat tubuh lebih sehat sehingga kita mampu melakukan banyak hal dan tidak mudah merasa lelah.

4. Lakukan Kegiatan yang Dapat Melatih Otak

Cara menghilangkan pikun pada usia muda juga bisa kita maksimalkan dengan melakukan kegiatan untuk melatih otak. Lakukan aktivitas seperti belajar bahasa baru, menyelesaikan teka-teki silang, membaca buku baik fiksi ataupun nonfiksi, bermain puzzle, hingga rajin berdiskusi tentang berbagai hal dengan teman atau rekan kerja.

5. Tidur Cukup

Bagi yang memiliki kebiasaan begadang, sebaiknya segera ubah kebiasaan tersebut dan mulailah untuk tidur lebih teratur. Karena saat tidur memori otak akan diperkuat sehingga potensi mengalami kepikunan bisa dihindari. Tidur cukup juga dapat menambah fokus dan meningkatkan kemampuan kita untuk berkosentrasi pada suatu hal. Idealnya, kita harus tidur selama 7-9 jam sehari agar otak berfungsi maksimal.

6. Menjaga Berat Badan Ideal

Obesitas ternyata juga menimbulkan efek buruk pada otak sehingga risiko terkena alzheimer semakin tinggi untuk orang dengan berat badan berlebih. Dalam hal ini, cara mengatasi kepikunan yang efektif adalah dengan menjaga berat badan ideal. Tidak perlu terlalu kurus, ideal saja sudah cukup untuk memaksimalkan fungsi otak dan menyehatkan tubuh.

7. Melakukan Meditasi

Dalam kebudayaan Hindu, Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merelaksasi tubuh. Siapa sangka ternyata kegiatan ini juga termasuk salah satu cara menghilangkan pikun efektif. Teknik relaksasi yang dilakukan saat meditasi dapat meningkatkan memori jangka pendek dan spasial. Saat melakukan meditasi kita juga dapat mengurangi stres, meningkatkan fokus, dan memaksimalkan fungsi memori.

8. Dengarkan atau Mainkan Alat Musik

Mendengarkan musik diketahui dapat menstimulasi otak. Apalagi jika kita belajar memainkan instrumen seperti gitar, piano, dan drum. Latihan tersebut akan merangsang otak untuk belajar dan menyimpan informasi baru. Semakin sering hal ini dilakukan, semakin terlatih pula saraf-saraf pada otak kita untuk mengingat hal-hal yang sebelumnya sulit untuk disimpan di memori.

9. Sharing Ilmu dan Pendapat dengan Orang Lain

Tidak hanya musik, mempelajari ilmu baru dan membagikannya ke orang lain juga dapat digunakan sebagai salah satu cara mencegah pikun. Karena secara tidak langsung, otak akan diajak berlatih untuk menyimpan informasi-informasi baru setiap kita berdiskusi, dan distimulasi untuk berpikir kritis ketika Anda mengeluarkan pendapat. Hal ini akan membuat kinerja otak semakin maksimal dan menurunkan risiko kepikunan.

10. Ikut Kelas Memasak

Memasak termasuk salah satu kegiatan yang dapat membantu kita memaksimalkan seluruh fungsi indera yang dimiliki. Serunya, kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan untuk latihan otak. Karena saat menggunakan salah satu indera, secara tidak langsung kita terbiasa melatih bagian otak yang berbeda.

Masa muda merupakan waktu penting untuk mulai menjaga kesehatan dan melakukan berbagai kebiasaan baik dan menerapkan cara menghindari pikun. Jika mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk menemui dokter. Bahkan kalau perlu, sejak muda kita harus rajin memeriksa kesehatan (medical checkup).

Karena medical checkup dapat membantu mendeteksi dini berbagai masalah kesehatan. Untuk bisa melakukan medical checkup rutin, jangan ragu menggunakan jasa asuransi. Ada banyak pilihan asuransi yang dapat menanggung kebutuhan ini tapi tidak semua memiliki fasilitas yang dibutuhkan. Inilah mengapa Anda berlu berkonsultasi dengan tim AsuransiNow.

Cukup dengan menekan tombol WhatsApp di bagian kenan bawah, AsuransiNow akan menyediakan agen untuk membantu memilih produk asuransi yang tepat. Dengan penjelasan netral dan tidak terburu-buru, Anda bisa menentukan ini menggunakan produk asuransi dengan premi sesuai bujet.

Jadi ketika memutuskan menggunakan jasa asuransi pilihan, Anda bisa memperoleh layanan kesehatan yang dibutuhkan dan tidak meresa kecewa. Tunggu apalagi, konsultasikan kebutuhan Anda pada AsuransiNow sekarang juga. Demikian ulasan tentang cara mencegah pikun, semoga bermanfaat.

Featured Articles

error: Content is protected !!
Chat Langsung
Chat Kami di +6287774734200
Halo, Anda cari asuransi apa? Kesehatan/ jiwa/ travel/ dsb atau merek tertentu (Generali, AXA, Allianz, dsb)?