Tanya Langsung

7 Manfaat Aktivitas di Luar Ruangan untuk Anak-Anak

Tanya Langsung

manfaat aktivitas di luar ruangan untuk anak

Pada masa pandemi virus korona seperti sekarang, anak-anak jadi lebih sering menghabiskan waktu mereka di dalam rumah. Terlebih, banyak sekolah yang menerapkan kebijakan belajar lewat daring di kediaman masing-masing sehingga anak-anak makin jarang pergi keluar.

Tentu saja, hal ini bukanlah sesuatu yang baik. Jika terus-terusan mengurung diri, akan ada banyak dampak negatif, bahkan risiko jangka panjang bagi kesehatan fisik dan mental anak.

simak berbagai manfaat aktivitas di luar ruangan untuk anak-anak Anda disini

Maka dari itu, biasakanlah beraktivitas outdoor mulai sekarang. Jangan lewatkan beragam manfaat aktivitas di luar ruangan berikut ini!

1. Meningkatkan kepercayaan diri anak

simak berbagai manfaat aktivitas di luar ruangan untuk anak-anak Anda disini

Anak-anak di masa kini kerap dilarang melakukan kegiatan yang bisa menempatkan mereka dalam situasi berbahaya. Sayangnya, hal ini tidak sepenuhnya baik karena membuat anak tidak pernah berani menguji kemampuan fisiknya. Misalnya, memanjat pohon. Apabila tak boleh mencoba, bagaimana mereka bisa belajar?

Di Norwegia, banyak anak-anak prasekolah yang mendatangi sekolah alam dan diizinkan oleh orang tuanya untuk memanjat dan melompat. Ketika anak-anak berhasil menguasai tantangan tersebut, mereka merasa gembira. Beberapa peneliti berpikir bahwa pengalaman ini dapat berfungsi sebagai terapi antifobia. Menurut Sandseter dan Kennair (2011), anak-anak dapat belajar menghadapai situasi yang berbahaya berkat aktivitas luar ruangan yang menantang.

simak berbagai manfaat aktivitas di luar ruangan untuk anak-anak Anda disini

Namun, bukan berarti orang tua harus mengabaikan aturan keamanan, ya. Para peneliti hanya menyarankan orang dewasa untuk mengubah pola pikir dari menjaga keselamatan anak “seaman mungkin” menjadi “aman secukupnya”. Beberapa kegiatan yang direkomendasikan, seperti berkebun, mengurus hewan ternak, bermain pasir, serta outbound.

2. Mengurangi risiko rabun jauh

simak berbagai manfaat aktivitas di luar ruangan untuk anak-anak Anda disini

Faktor keturunan memang mengambil peran besar dalam perkembangan miopia atau rabun jauh pada anak. Namun, waktu yang diluangkan untuk kegiatan outdoor juga berpengaruh, lo. Menurut studi Goldschmidt and Jacobsen pada tahun 2014, anak-anak yang bermain di luar ruangan berisiko kecil mengalami rabun jauh. Selain itu, studi lain juga menunjukkan bahwa anak berusia 6 tahun yang mendapat ekstra 40 menit waktu outdoor setiap hari cenderung terhindar dari miopia selama 3 tahun berikutnya.

Bagaimana bisa? Salah satu alasannya adalah mata anak-anak yang bisa beristirahat dari “kegiatan jarak dekat”. Kegiatan ini termasuk membaca atau bermain gadget. Terlalu banyak kegiatan jarak dekat akan meningkatkan peluang anak mengalami rabun jauh. Alasan lainnya, yakni karena mata anak bisa terekspos oleh cahaya matahari.

3. Membuat tubuh dan otak lebih sehat

simak berbagai manfaat aktivitas di luar ruangan untuk anak-anak Anda disini

Paparan cahaya matahari yang diperoleh dari aktivitas outdoor, sekalipun cuaca sedang mendung, jauh lebih baik dibanding pencahayaan selama berada di dalam ruangan. Poin ini sangat penting karena banyak hal yang tidak bisa berjalan seperti seharusnya akibat anak yang kurang terekspos sinar mentari. Otak manusia mengatur jam biologis berdasarkan sinyal cahaya. Maka dari itu, berkegiatan luar ruangan baik untuk menjaga anak tetap dalam ritme tidur yang sehat.

Tambahan lagi, paparan cahaya matahari membantu anak-anak memperoleh vitamin D yang cukup, meningkatkan pertumbuhan tulang, menunjang fungsi otot, serta waktu pubertas. Adapun alasan penting lain yang perlu Anda perhatikan, yaitu paparan sinar mentari yang membantu anak-anak berkonsentrasi, dan meningkatkan formasi sinaps pada otak.

Selengkapnya mengenai manfaat matahari, baca Ketahui 15 Manfaat Sinar Matahari Bagi Manusia.

4. Meningkatkan kesehatan psikologis

simak berbagai manfaat aktivitas di luar ruangan untuk anak-anak Anda disini

Tidak semua aktivitas luar ruangan memberikan manfaat yang setara. Misalnya, berkegiatan di alam yang memiliki pengaruh lebih spesial dan restoratif ketimbang aktivitas di tengah gedung-gedung perkotaan. Menurut beberapa penelitian, berjalan di alam memicu peningkatan pemulihan stres dan suasana hati. Anak-anak yang bermain di area alam cenderung lebih tanggap dan fokus.

Studi Amicone di tahun 2018 mengetes performa perhatian dan memori anak dengan mengantarkan mereka ke dua tempat berbeda. Sebagian anak diantar ke area alami yang penuh dengan pepohonan, lalu sebagian lagi diantar ke halaman sekolah yang sudah diaspal. Hasilnya, anak-anak yang bermain di alam mengalami peningkatan memori dan perhatian, sedangkan anak-anak di halaman sekolah tidak memperoleh efek apa pun.

5. Mengurangi risiko masalah tingkah laku

manfaat habiskan waktu di luar ruangan untuk kesehatan psikologis anak Anda

Manfaat habiskan waktu di luar ruangan selanjutnya adalah memperbaiki perilaku anak. Terdapat bukti bahwa anak-anak yang terhubung erat dengan alam cenderung bahagia dan lebih mudah menyesuaikan diri. Contohnya, studi dari Sobko (2018) menunjukkan bahwa anak-anak yang akrab dengan alam berperilaku lebih baik kepada sesama dan kemungkinan kecil mengalami permasalahan emosional.

manfaat habiskan waktu di luar ruangan untuk kesehatan psikologis anak Anda

Sebagai tambahan, berdasarkan pengamatan dari studi oleh Vanaken dan Danckaerts (2018), paparan suasana alam dapat mengurangi risiko masalah perilaku anak, seperti kurangnya perhatian dan hiperaktivitas. Jadi, tidak hanya membawa anak ke luar ruangan, Anda perlu mengajak mereka untuk dekat dengan alam yang asri. Ini termasuk mengajarkan anak tentang seluk-beluk alam liar dan mendorong mereka untuk cinta kepada alam.

6. Menjadi langkah awal pola hidup sehat

arahkan anak untuk melakukan kegiatan outdoor, siasati selama pandemi demi kesehatan putra-putri Anda

Manfaat aktivitas di luar ruangan selanjutnya tidak terlepas dari kesehatan fisik. Baru-baru ini, para peneliti melacak perubahan pada IMT (Indeks Massa Tubuh) dari 2.800 lebih anak berusia 3 sampai 4 tahun. Sebagian anak diajak guru mereka untuk beraktivitas di luar ruangan. Hasilnya? Tampak perbedaan pada IMT mereka.

Sebagai contoh, anak-anak yang memang sudah obesitas sejak awal studi. Bagaimana perbandingan anak yang menghabiskan 60 menit atau lebih dengan anak yang meluangkan 20 menit atau kurang di luar ruangan? Tentu saja, anak yang lebih lama beraktivitas lebih banyak kehilangan berat badan.

7. Membuat anak lebih cepat terlelap

arahkan anak untuk melakukan kegiatan outdoor, siasati selama pandemi demi kesehatan putra-putri Anda

Pernah mendengar bahwa kegiatan outdoor anak meningkatkan waktu tidur mereka di malam hari? Apakah itu benar? Ternyata, studi menunjukkan hal yang sebaliknya. Sebagai contoh, studi Parsons (2018) menyatakan total waktu bermain di luar ruangan tidak ada hubungannya dengan durasi tidur malam hari. Selain itu, studi dari Lin (2018) menunjukkan bahwa waktu tidur anak hanya bertambah sedikit, yakni sebanyak 4 menit. Namun, yang lebih lama bukan waktu tidur, melainkan waktu berbaringnya.

Nah, kegiatan luar ruangan ternyata memengaruhi aspek penting lain. Anak-anak bisa lebih cepat tertidur di waktu malam. Alasannya? Permainan outdoor membuat anak terpapar sinar matahari. Cahaya mentari merupakan sinyal terbaik untuk mengatur jam biologis pada otak.

Menurut studi Gabel (2013), ketika manusia memperoleh paparan sinar matahari yang cukup, otak bisa lebih baik dalam bersinkronisasi dengan ritme alami siang dan malam. Saat malam tiba, otak mulai memproduksi hormon “pemicu kantuk”, atau yang disebut melatonin, di awal waktu malam. Jadi, bagi Anda yang kesulitan menidurkan anak alias memiliki anak yang suka begadang, sempatkan waktu untuk ke luar ruangan di pagi dan siang hari.

arahkan anak untuk melakukan kegiatan outdoor, siasati selama pandemi demi kesehatan putra-putri Anda

Nah, sudah jelas mengapa anak-anak sangat dianjurkan untuk berkegiatan outdoor? Semoga dengan mengetahui bermacam-macam manfaat aktivitas di luar ruangan di atas, anak lagi mengurung diri di rumah selama pandemi. Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Selamat beraktivitas dan salam sehat selalu!

Featured Articles

error: Content is protected !!
Chat Langsung
Chat Kami di +6287774734200
Halo, Anda cari asuransi apa? Kesehatan/ jiwa/ travel/ dsb atau merek tertentu (Generali, AXA, Allianz, dsb)?