Tanya Langsung

Ketahui 15 Manfaat Sinar Matahari bagi Manusia Berikut!

Tanya Langsung

manfaat sinar matahari untuk kesehatan Anda

Manfaat sinar matahari dalam kehidupan sehari-hari sangatlah besar. Meski kerap dihindari karena takut sinar matahari membuat kulit hitam, ternyata banyak sekali manfaat sinar matahari untuk kesehatan dan kondisi psikis seseorang. Banyak sedikitnya sinar matahari bergantung pada berbagai faktor, seperti kondisi awan, sudut datangnya cahaya, serta lama penyinaran.

Bagan, Hot Air Balloons, Sunrise

Fakta tentang bahaya terlalu banyak terpapar radiasi sinar ultraviolet memang sudah lama beredar. Namun, tetap saja manusia harus memperoleh paparan cahaya matahari yang cukup agar bisa merasakan beragam manfaatnya.

Nah, apa saja manfaat sinar matahari bagi kehidupan manusia? Ketahui poin-poin dan penjelasannya di bawah ini!

1. Mengatasi Seasonal Affective Disorder (SAD)

Tree, Sun, Sunshine, Summer, Meadow

Seasonal Affective Disorder (SAD) kerap dikaitkan dengan kurangnya paparan sinar matahari. SAD merupakan suatu bentuk depresi yang diakibatkan oleh perubahan musim. Menurut laman Healthline, tanpa paparan cahaya mentari yang cukup, kadar serotonin dalam tubuh seseorang bisa menurun drastis. Rendahnya level serotonin berhubungan dengan peningkatan risiko dari masalah SAD.

2. Memperbaiki fungsi otak

Brain, Hand, Grey, Gray Brain, Brain

Vitamin D dipicu oleh paparan sinar matahari. Para ahli menghubungkan vitamin D dengan berbagai macam fungsi dalam tubuh, termasuk fungsi otak. Sebuah studi yang dilakukan oleh ahli saraf dari University of Cambridge, David Llewellyn, untuk mengukur kadar vitamin D pada 1.700 pria dan wanita dari Inggris berusia 65 tahun ke atas. Hasilnya, kadar vitamin D yang rendah membuat fungsi kognitif turun.

Selain itu, studi lain menemukan bahwa cahaya mentari membantu memacu pertumbuhan sel-sel saraf di hippocampus. Hippocampus merupakan bagian otak yang berperan dalam membentuk, mengatur, dan menyimpan memori. Adapun jurnal Environmental Health yang dipublikasikan pada 2009 yang menunjukkan peningkatan fungsi kognitif akibat paparan sinar matahari.

3. Menangani depresi

topless woman holding head down with both hands

Salah satu manfaat sinar matahari ialah menangani depresi. Depresi merupakan masalah kesehatan mental berupa suasana hati yang sedih dan tertekan, serta hilang minat dalam beraktivitas. Depresi membuat kualitas hidup sehari-sehari menurun. Tentunya, Anda tidak ingin terus-terusan mengalami kondisi seperti ini, bukan? Maka dari itu, sempatkan berada di bawah sinar matahari setiap pagi untuk mengurangi gejala depresi.

4. Menjaga kesehatan mata

Eye, Iris, Macro, Natural, Girl

Kemudian, ada pula manfaat berjemur di bawah matahari untuk kesehatan mata. Cahaya mentari bukanlah musuh untuk mata manusia. Vitamin D bahkan dihubungkan dengan perbaikan penglihatan dan pencegahan penuaan mata. Menurut penelitian, efek dari sinar mentari tidak hanya bermanfaat, tetapi juga memberi efek penyembuh pada mata.

5. Mengobati penyakit kulit

Hands, Massage, Treatment, Fingers, Palm

Satu lagi manfaat berjemur di pagi hari. Menurut dr. Mercola, sinar matahari mampu melawan berbagai penyakit kulit. Caranya adalah dengan menarik sel imunitas ke permukaan kulit. Adapun radiasi sinar ultraviolet dapat membantu mengatasi eksem, psoriasis, dan jerawat.

6. Membuat kesehatan tulang lebih baik

Man, Dance, Performance, Ballet, Dancer

Vitamin D memang menutrisi berbagai bagian tubuh. Namun, tahukah Anda kalau vitamin D dapat meningkatkan kesehatan tulang? Kebanyakan orang tidak tahu bahwa vitamin D sebenarnya membantu tubuh manusia untuk lebih baik dalam menyerap kalsium. Hasilnya, Anda akan memperoleh tulang yang sehat dan kuat.

Untuk info lebih lengkap mengenai tulang keropos, silakan cek artikel kami Bukan Kekurangan Kalsium, Inilah Penyebab Tulang Keropos Sesungguhnya.

7. Mencegah risiko Alzheimer

Constant, Dementia, Woman, Old, Age

Manfaat berjemur di pagi hari adalah menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Penyakit ini biasanya diderita oleh lansia, meski tidak menutup kemungkinan terjadi pada seseorang berusia di bawah 60 tahun. Penelitian juga menunjukkan bahwa pasien Alzheimer yang terpapar sinar matahari lebih jarang mengalami gejala depresi, susah tidur, dan agitasi.

Untuk info lebih lengkap mengenai penyakit Alzheimer, Anda bisa baca artikel kami Penyebab Penyakit Alzheimer: Penelitian 1984 – 2021.

8. Menurunkan berat badan

Belly, Body, Clothes, Diet, Female

Inilah manfaat berjemur yang bagus untuk Anda yang sedang melakukan diet. Dilansir oleh laman LiveStrong.com, kurangnya eksposur sinar matahari dapat mengakibatkan depresi dan memengaruhi nafsu makan. Terdapat pula penjelasan bahwa rasa lapar dikendalikan oleh satu bagian otak yang disebut hipotalamus. Bagian otak ini berkerja dengan serotonin untuk meredakan rasa lapar.

Sementara itu, kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan turunnya kadar serotonin secara drastis. Apabila hal ini terjadi, tubuh tidak akan mengalami rasa kenyang. Selain itu, paparan sinar matahari juga membantu Anda dalam mengendalikan nafsu makan. Jadi, cukupilah aktivitas di bawah matahari supaya berat badan menjadi seimbang.

9. Memperbaiki kualitas tidur

Woman, Asleep, Girl, Sleep, Bed, Cozy

Penelitian menunjukkan bahwa paparan sinar matahari pagi mengandung vitamin D berhubungan dengan tidur dab kesehatan. Semakin jarang terkena sinar matahari, Anda akan lebih sulit terlelap dan bangun di waktu yang telah ditentukan.

10. Memperbaiki suasana hati

Woman, Silhouette, Sunset, Beach, Sea

Apakah hari-hari Anda sedang buruk? Kalau begitu, sempatkan diri untuk keluar rumah dan merasakan alam terbuka. Ketika berada di luar ruangan, paparan cahaya matahari dapat meningkatkan kadar serotonin sehingga membantu mendorong rasa bahagia. Sebaiknya, berjemurlah di bawah sinar matahari selama 10 sampai 15 menit setiap hari.

11. Mengurangi risiko kanker

Beach, Running, Old, Couple, People

Penelitian menunjukkan bahwa berjemur di bawah matahari sangat baik untuk mengurangi risiko terbentuknya kanker ginjal. Menurut penjelasan dr. Mercola dari sudut pandang sains, vitamin D mengurangi risiko dari berbagai jenis kanker dan meningkatkan kemampuan bertahan hidup saat kanker mencapai tahap terdeteksi.

Tapi hati-hati, meski sinar matahari pagi mengandung vitamin D, terlalu banyak paparan ultraviolet (UV A dan UV B) pada waktu berjemur yang salah bisa menyebabkan kanker kulit. Jadi, pastikan Anda berjemur di waktu yang tepat.

12. Mencegah defisiensi vitamin D

Sunflowers, Field, Woman, Yellow, Summer

Vitamin D dijuluki sebagai “the sunshine vitamin”. Menurut penelitian, tidak tercukupinya vitamin D memengaruhi 50 persen dari populasi dunia. Sekitar 1 miliar orang di dunia, termasuk semua etnis dan kelompok umur, mengalami defisiensi vitamin D. Maka dari itu, paparan cahaya mentari dapat menutrisi tubuh akan vitamin D.

Ketika berjemur sinar matahari pagi, sebaiknya biarkan kulit terpapar langsung. Hindari menggunakan tabir surya, topi, dan pakaian tertutup karena akan menghalangi ekspos sinar ke permukaan kulit. Anda dapat berjemur sambil melalukan aktivitas lain, seperti berkebun, mengangkat jemuran, atau bersepeda.

13. Mencegah risiko diabetes tipe 2

Diabetes, Blood Sugar, Diabetic

Manfaat matahari yang satu ini penting untuk menurunkan resiko diabetes. Adapun pengidap diabetes di Indonesia mencapai 6,2% atau lebih dari 10,8 juta orang pada tahun 2020. Menurut Larkin Hospital, vitamin D berperan penting dalam produksi insulin.

Selain itu, beberapa studi menunjukkan korelasi positif antara resistensi insulin dengan defisiensi vitamin D. Banyak studi yang menunjukkan bahwa meningkatkan vitamin D dalam tubuh dapat membuat perubahan signifikan dalam mengendalikan kadar gula darah, produksi insulin, resistensi insulin, dan kontrol A1c.

14. Meningkatkan imunitas tubuh

Person, Man, Woman, People, Couple

Salah satu manfaat sinar matahari bagi manusia adalah menstimulasi sistem imunitas vitamin D dan sel-sel T sehingga kekebalan meningkat. Para peneliti berkata bahwa manusia membutuhkan energi matahari supaya tubuh terhindar dari infeksi dan melawan berbagai penyakit. Sebaliknya, jika kekurangan vitamin D, bakteri dan virus akan cepat berkembang dan memicu masalah kesehatan.

15. Menurunkan tekanan darah

Blood Pressure Monitor, Health

Tekanan darah tinggi sangatlah berbahaya. Maka dari itu, penting untuk mengedukasi diri dengan cara-cara menurunkan tekanan darah. Salah satu dari cara-cara yang dimaksud, yakni paparan cahaya mentari. Penelitian menunjukkan manfaat matahari yang memicu reaksi pada nitrogen monoksida yang tersimpan di permukaan kulit paling atas. Reaksi ini menyebabkan pembuluh darah mengembang dan membiarkan nitrogen monoksida masuk ke aliran darah. Hasilnya, tekanan darah jadi turun.

Balcony, Woman, Standing, Sunshine

Ternyata, banyak sekali manfaat sinar matahari. Manfaat berjemur mencakup kesehatan jiwa dan raga kita. Beragam keuntungan yang diperoleh dari sumber daya ini tentunya sayang sekali jika sampai terlewatkan. Dengan memastikan asupan vitamin D yang cukup, Anda bisa meningkatkan kualitas hidup Anda hingga hari tua.

Poin terpenting adalah memastikan bahwa Anda mencukupi kebutuhan paparan sinar matahari, tidak kekurangan maupun tidak berlebihan. Semoga bermanfaat!

Featured Articles

error: Content is protected !!
Chat Langsung
Chat Kami di +6287774734200
Halo, Anda cari asuransi apa? Kesehatan/ jiwa/ travel/ dsb atau merek tertentu (Generali, AXA, Allianz, dsb)?