Tanya Langsung

Cari Asuransi Perusahaan? Di Asuransi Now, Anda bisa dapatkan produk yang pas untuk perusahaan Anda

Asuransi Perusahaan

 

Sedang mencari asuransi perusahaan untuk karyawan perusahaan Anda? Jika iya, Anda dapat langsung menghubungi tim kami dengan menekan tombol Whatsapp di kanan bawah laman ini.

Tentunya, Anda juga bisa membaca terlebih dahulu berbagai informasi mengenai asuransi kesehatan karyawan di bawah ini. Asuransi karyawan biasa juga disebut asuransi corporate, asuransi perusahaan, atau employee benefit. Berikut jawaban dari berbagai pertanyaan yang sering diajukan calon nasabah perusahaan (FAQ).

Daftar Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Bagaimana Cara Mendapatkan Proposal Asuransi Karyawan?

Jika Anda ingin proposal asuransi karyawan untuk perusahaan Anda, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pastikan jumlah peserta yang ingin diasuransikan lebih dari 10 orang. Ada beberapa perusahaan asuransi yang bahkan membutuhkan minimal 20 – 25 orang peserta untuk mendaftarkan asuransi kesehatan untuk karyawan.
  2. Kumpulkan data karyawan Anda, mencakup nama, tanggal lahir, jenis kelamin, status merokok/tidak, serta status menikah/tidak (jika ingin mengasuransikan keluarga karyawan juga) dalam tabel excel. Data-data ini diperlukan untuk menghitung premi asuransi kumpulan.
  3. Jika perusahaan Anda ingin mengasuransikan anggota keluarga karyawan, maka turut sertakan data keluarga karyawan (nama, jenis kelamin, status merokok/tidak).
  4. Jika perusahaan Anda saat ini sudah memiliki asuransi karyawan, maka Anda bisa sertakan manfaat asuransi yang sudah diambil sebelumnya. Terutama jika perusahaan Anda menginginkan manfaat yang sama untuk tahun berikutnya. Sebagai tambahan, Anda juga dapat menyertakan riwayat klaim selama satu tahun terakhir. Data ini merupakan data tambahan yang dapat membantu Anda mendapatkan premi yang lebih bersaing.
  5. Hubungi Asuransi Now untuk mendapatkan penawaran dari beberapa asuransi sekaligus. Harap bersabar, karena penawaran asuransi kesehatan karyawan tidak bisa langsung jadi. Proposal butuh waktu 3 sampai 7 hari kerja. Agar penawaran yang diberikan lebih sesuai dengan keinginan perusahaan Anda, ada baiknya Anda menginfokan manfaat-manfaat yang ingin diambil perusahaan Anda (pilihan dari rawat jalan, rawat inap, kacamata, kehamilan, dan gigi). Atau, Anda bisa menginfokan budget atau kisaran premi yang diinginkan.
Cari Asuransi Perusahaan? Di Asuransi Now, Anda bisa dapatkan produk yang pas untuk perusahaan Anda

Apa Syarat Masuk Asuransi Karyawan?

Jika proposal sudah sesuai dengan keinginan perusahaan Anda, maka Anda perlu menyiapkan dokumen-dokumen untuk pendaftaran asuransi karyawan perusahaan Anda.

Contoh dokumen yang diperlukan antara lain SIUP, TDP, NPWP Perusahaan, Kartu Identitas karyawan yang akan diasuransikan, Kartu Identitas Pemberi/Penerima Kuasa, serta surat penunjukkan PIC (Person In Charge, atau pihak yang ditunjuk). 

Cari Asuransi Perusahaan? Di Asuransi Now, Anda bisa dapatkan produk yang pas untuk perusahaan Anda

Apa Saja Manfaat yang ditanggung oleh Asuransi Kesehatan Perusahaan?

Secara lengkap, asuransi kesehatan perusahaan dapat memberikan 6 jenis manfaat, yaitu rawat jalan, rawat inap, kacamata, kehamilan (maternity), gigi (dental), serta asuransi jiwa. Namun, perusahaan dapat memilih manfaat tertentu saja, tidak harus semuanya. Boleh saja memilih rawat jalan dan rawat inap saja, tanpa manfaat kacamata, kehamilan, dan sebagainya. Setiap perusahaan dapat menentukan manfaat yang diinginkannya berdasarkan budget maupun kebijakannya masing-masing.

 

Cari Asuransi Kesehatan karyawan? Cek disini info lengkapnya

Apa Kegunaan Asuransi Kesehatan Karyawan?

Kegunaan asuransi kesehatan karyawan adalah untuk menanggung resiko biaya pengobatan, sehingga tidak memberatkan perusahaan. Perusahaan sebagai pemegang polis membayar premi kepada perusahaan asuransi yang ditunjuk untuk mengasuransikan karyawan-karyawannya. Biasanya, kontrak asuransi perusahaan berlaku per tahun. Sebuah perusahaan dapat memilih perusahaan asuransi lain setelah kontraknya berakhir.

Ada manfaat tersendiri juga bagi karyawan. Asuransi kesehatan karyawan sering dipandang sebagai nilai tambah yang menarik. Dengan memiliki program asuransi kesehatan untuk karyawan, sebuah perusahaan akan memiliki fasilitas tambahan yang dapat menggaet calon karyawan berkualitas.

Asuransi Kesehatan untuk Karyawan Perusahaan: Mana Manfaat yang Wajib Dibeli?

Meski keputusan ini tergantung pada masing-masing perusahaan, umumnya manfaat rawat inap menjadi pilihan utama sebagian besar perusahaan. Alasannya adalah karena rawat inap rumah sakit merupakan resiko yang menimbulkan biaya paling mahal. Fitur-fitur lainnya dapat ditambahkan sesuai kebutuhan.

Sementara itu, fitur yang dianggap paling memuaskan karyawan adalah manfaat rawat jalan. Karyawan akan dimanjakan dengan klaim gesek rawat jalan secara cashless. Namun, jika manfaat ini tidak sesuai dengan kisaran premi perusahaan, maka perusahaan dapat mengcover sendiri manfaat rawat jalan, dan membeli manfaat rawat inap saja dari perusahaan asuransi.

Ada juga perusahaan yang mengasuransi jiwakan karyawan-karyawannya berhubung fasilitas pinjaman dari perusahaan. Contoh, perusahaan yang bersangkutan memberikan fasilitas pinjaman tanpa bunga untuk kepemilikan rumah atau mobil. Jika karyawan (amit-amit) meninggal dunia sebelum melunasi pinjamannya, maka pinjaman ini menjadi tidak terlunasi. Akibatnya, perusahaan menanggung kerugian. Peristiwa ini terutama semakin sering terjadi di masa pandemi COVID-19. Tapi, dengan asuransi jiwa karyawan, resiko ini menjadi teralihkan. Dana perusahaan pun dapat dikembalikan.

 

Asuransi Jiwa Karyawan Perusahaan: Siapa Ahli Warisnya?

Yang bisa menjadi ahli waris/penerima manfaat asuransi jiwa dari karyawan yang meninggal adalah keluarga karyawan atau perusahaan. Lagi-lagi, tergantung kebijakan perusahaan mau memberikan uang pertanggungan kepada perusahaan atau pihak keluarga.

Untuk kasus contoh sebelumnya, dimana karyawan mendapatkan fasilitas pinjaman dari perusahaan, tentu perusahaan akan ingin menjadi ahli waris karyawannya.

Apakah Keluarga Karyawan Bisa Turut Diasuransikan?

Selain melindungi kesehatan karyawan, manfaat asuransi perusahaan dapat diperluas cakupannya sehingga turut mengcover keluarga inti karyawan. Jika sang istri bekerja di sebuah perusahaan yang memberikan fasilitas asuransi kesehatan karyawan, maka suami dan anak-anaknya dapat ‘nebeng’ diasuransikan.

Mengenai siapa yang membayarkan preminya, itu tergantung pada kebijakan setiap perusahaan. Ada perusahaan yang menawarkan pengcoveran keluarga untuk karyawan dengan level menengah ke atas. Ada karyawan yang ingin membayarkan premi untuk anggota keluarganya sendiri. Yang jelas, perusahaan asuransi mengenal satu pembayar premi, yaitu perusahaan. Jadi, jika karyawan membayar tambahan asuransi corporate sendiri, perjanjiannya antara karyawan yang bersangkutan dengan HRD.

asuransi perusahaan

Bagaimana Cara Kerja Asuransi Karyawan?

Setiap karyawan yang memiliki asuransi kesehatan perusahaan akan memiliki kartu asuransi. Kartu ini berlaku cashless di rumah sakit maupun klinik rekanan perusahaan asuransi yang ditunjuk.

Jika perusahaan Anda membeli paket rawat inap dan rawat jalan, maka Anda dapat menyerahkan kartu asuransi Anda ke kasir rumah sakit/klinik sebelum menjalani rawat jalan maupun rawat inap. Kartu asuransi Anda akan membayar tagihan Anda secara cashless. Mirip kartu kredit, tapi tidak perlu Anda lunasi tentunya.

Apabila tagihan kesehatan Anda terlalu besar, maka ada kemungkinan Anda harus ‘nombok’ atau membayar kekurangannya dengan kas.

Apa Perbedaan Asuransi Perusahaan dengan Asuransi Individu?

Asuransi kesehatan karyawan berpotensi memanjakan karyawan. Karena inilah satu-satunya kartu asuransi yang dapat berfungsi secara cashless untuk rawat jalan. Sementara, kebanyakan asuransi individu tidak mengcover rawat jalan. Kartu asuransi individu juga hanya bisa diklaim cashless untuk rawat inap saja.

Lantas, sebagai karyawan, apakah ini berarti Anda sebaiknya tidak memiliki asuransi individu? Tentu tidak. Karena karyawan tidak selamanya bekerja di perusahaan. Akan ada masanya pensiun suatu hari nanti. Kalau sudah pensiun, tentu tidak lagi dicover oleh asuransi perusahaan. Untuk info lebih lengkap, cek artikel kami Merencanakan Asuransi Kesehatan untuk Masa Pensiun.

Selain itu, bisa saja ketika masih bekerja, karyawan terkena penyakit berat yang butuh biaya besar. Jika sudah melebihi kapasitas asuransi kantor, maka sisanya menjadi tanggungan karyawan. Syukur-syukur kalau ada asuransi individu yang bisa menyelamatkan tabungan kita!

Hubungi Kami!

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda, atau klik tombol Whatsapp di kanan bawah.

WA 0877-7473-4200
error: Content is protected !!
Chat Langsung
Chat Kami di +6287774734200
Halo, ingin info produk Allianz? Chat kami sekarang!