Tanya Langsung

logo aia asuransi now

Asuransi AIA

Asuransi AIA – Meski namanya merupakan kependekan dari American International Assurance, AIA tidak mempunyai kantor di Amerika Serikat atau negara Amerika lainnya. Mari kita simak perjalanan perusahaan asuransi yang hampir dibeli Prudential ini.

Berawal dengan pendiriannya pada tanggal 19 Desember 1919 di Shanghai oleh Cornelius Vander Starr, AIA merupakan perusahaan asuransi yang besar dengan market Asia Pasifik. Saat ini, AIA memiliki kantor pusat di Hong Kong dan beroperasi di 18 negara.

negara tempat operasi aia

Menempati peringkat 388 pada Fortune Global 500, nama AIA mulai dikenal di Indonesia sejak tahun 2009, dimana PT AIG Life resmi berubah nama menjadi PT AIA Financial.

Di Singapura, AIA adalah asuransi yang paling populer. Angka pemegang polis dan jumlah agen AIA merupakan yang terbesar di Singapura. Mirip seperti kondisi Prudential di Indonesia.

Terhitung akhir 2019, AIA memiliki lebih dari 23.000 karyawan di seluruh dunia. AIA sudah melayani lebih dari 36 juta nasabah individual dan 16 juta nasabah asuransi grup. Lebih dari sepertiga sumber pendapatan premi AIA berasal dari Hong Kong.

sumber pendapatan aia group

Peran Asuransi AIA dalam Dunia Olahraga

Bagi para pecinta Tottenham Hotspur FC, pasti sudah sering melihat logo AIA di kaus para pemain kesayangannya. Pada tahun 2014, AIA pertama kali menjadi Official Shirt Partner untuk klub Tottenham Hotspur. Kontrak terbaru AIA dengan Tottenham Hotspur yang ditandatangani pada pertengahan tahun 2019 lalu bernilai £320 juta dan berlaku sampai dengan akhir 2027.

Sumber: Twitter Tottenham Hotspur

AIA juga memiliki Global Ambassador yang sangat terkenal dari dunia sepak bola, yaitu David Beckham. Mantan pesebakbola dan model ini rajin membagikan pengalamannya serta inspirasi hidup sehat di berbagai acara AIA, salah satunya AIA Live Asia tanggal 2 Agustus 2020

Kondisi Keuangan AIA

Saat ini AIA menempati peringkat 388 pada daftar perusahaan Fortune Global 500 (daftar perusahaan terbesar di dunia). Sudah 5 tahun AIA berada dalam jajaran perusahaan terbesar versi majalah Fortune tersebut.

Menurut laporan keuangan AIA tahun 2019, total aset AIA adalah USD 284,1 Triliun. Jika dibandingkan, total aset AIA bernilai 3,1 kali lebih besar dari aset Bank Mandiri, salah satu bank terbesar di Indonesia.

aset aia vs bank mandiri

Ternyata, AIA sempat hampir dibeli oleh Prudential pada tahun 2010 dengan harga USD 35.5 Milyar. Prudential rupanya tertarik dengan jangkauan pasar AIA yang besar di Asia. Kemudian karena satu dan lain hal, pihak Prudential menawar ke angka USD 30.38 Milyar. Akibatnya, tidak ada kesepakatan harga dan perjanjian pembeliannya pun batal.

Pada tahun yang sama, AIA kemudian menjual saham kepemilikannya secara public melalui Initial Public Offering (IPO) di Hong Kong. IPO ini berjalan sukses dan AIA meraih USD 17.9 Milyar, menjadi IPO AIA terbesar di Hong Kong pada saat itu.

Sampai hari ini, penjualan saham perdana AIA yang bombastis tersebut menempati peringkat ke-7 terbesar di dunia, mengalahkan penjualan saham perdana Facebook tahun 2012

Penghargaan AIA di Dalam Negeri

AIA berhasil meraih sejumlah penghargaan di tahun 2020. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Unit Link Terbaik 2020 kategori Saham Denominasi Rupiah Periode 7 Tahun dari Majalah Investor
  • Excellent Service Experience Award 2020 kategori Life Health Insurance
  • Rating “Sangat Bagus” untuk Kinerja Keuangan Perusahaan Asuransi Jiwa dari Majalah Infobank
  • Insurance Market Leaders Award 2020 dari Majalah Media Asuransi

 

Penghargaan AIA di Luar Negeri

Selain menempati peringkat 388 dari daftar Fortune Global 500, AIA juga menempati peringkat ke-66 dari daftar perusahaan Global 2000 tahun 2020 yang dirilis Majalah Forbes.

Di pasar asuransi Hong Kong yang kompetitif, AIA berhasil memenangkan empat kategori dalam penghargaan YouGov BrandIndex. Untuk sektor asuransi, AIA menempati peringkat pertama untuk Brand Health Rankings 2019, NextGen Word of Mouth Rankings 2019, Brand Buzz Rangkings 2019, serta Workforce Rankings 2019.

aia award

Tahun 2020, AIA Group menjadi perusahaan asuransi pertama yang memiliki anggota Million Dollar Round Table (MDRT) terbanyak selama enam tahun berturut-turut. MDRT merupakan prestasi taraf internasional yang mengukur pencapaian tenaga pemasar asuransi di seluruh dunia. Jangan lupa hubungi konsultan Asuransi Now jika ingin dilayani tenaga pemasar dengan prestasi MDRT.

Ada dua jenis produk asuransi favorit dari AIA, yaitu asuransi kesehatan (kartu rawat inap rumah sakit) dan asuransi jiwa. Berikut adalah produk-produk terpopuler pilihan nasabah AIA. Silakan hubungi tim kami untuk konsultasi langsung mengenai kebutuhan Anda. 

Asuransi Kesehatan AIA

Premier Hospital & Surgical Plus adalah produk asuransi kesehatan yang bisa digunakan di Indonesia dan mancanegara. Produk ini memiliki masa tunggu penyakit khusus selama 300 hari, lebih cepat dari masa tunggu rata-rata asuransi kesehatan lainnya. Manfaat surat jaminan atau guarantee letter yang lebih cepat di luar negeri menjadikan produk ini salah satu asuransi favorit untuk berobat di luar negeri. 

aia premier hospital & surgical extra

Premier Hospital & Surgical Extra merupakan produk asuransi yang memiliki premi bersaing dengan produk sejenis lainnya. Dengan limit yang besar dan jaringan rumah sakit Indonesia yang lebih banyak, produk ini cukup banyak dilirik para calon nasabah asuransi. Jika diinginkan, nasabah juga bisa mendapatkan pilihan ownrisk.

Asuransi Jiwa AIA

aia ipa

Infinite Plus Assurance merupakan asuransi jiwa unit link yang memberikan manfaat dana tunai untuk ahli waris apabila nasabah wafat. Produk ini sangat diminati oleh mereka yang ingin nilai pertanggungan jiwa tinggi tanpa medical check up. Nasabah juga bisa mendapatkan loyalty bonus hingga 100% dari premi. 

Sebagai salah satu asuransi favorit untuk berobat di luar negeri, AIA memiliki fitur yang dapat mempermudah nasabah dalam berobat di luar negeri. 

aia medix

Medix

Medix membantu nasabah AIA untuk mendapatkan akses layanan Personal Medical Management ketika menghadapi kondisi medis yang sulit. Ketika nasabah terdiagnosa memiliki kondisi medis serius atau kompleks, nasabah akan mendapatkan dukungan khusus dari tim medis. Dari pemeriksaan secara holistik, evaluasi ulang kondisi medis, rujukan untuk tes diagnostik tambahan, hingga konsultasi multi-disiplin yang berkesinambungan akan didapatkan oleh nasabah AIA yang membutuhkan. 

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Pin on Pinterest
Pinterest

Hubungi Kami!

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda, atau klik tombol Whatsapp di kanan bawah.

WA 0877-7473-4200
error: Content is protected !!
Chat Langsung
Chat Kami di 087774734200
Halo, Anda ingin cek proposal AIA? Silakan chat kami!