Tanya Langsung

Perbandingan Asuransi Kesehatan

Tanya Langsung

perbandingan asuransi kesehatan, perhatikan 5 pertimbangan ini

Bagaimana cara membandingkan asuransi kesehatan? Dari limit tahunan? Atau kamar dan fiturnya? Manakah asuransi terbaik di Indonesia?

Mencari satu “asuransi terbaik” sama halnya seperti bertanya “siapa dokter terhebat?”

Mengapa? Karena jawabannya tidak ada.

Scale, Question, Importance, Balance

Kalau ada yang bertanya “siapa dokter terhebat?,” maka jawabannya “untuk spesialisasi apa?”

Ada dokter umum. Dokter anak. Dokter penyakit dalam. Dokter bedah. Dokter tulang. Baru dari sini, kita mencari info lebih dalam lagi.

Sama halnya dengan asuransi kesehatan. Tidak ada satu asuransi yang superior, lebih baik dari saingan-saingannya. Mungkin merek A lebih unggul untuk usia 60 tahun ke atas, tapi masih kalah dengan merek B untuk usia 30 tahun. Mungkin merek C cocok untuk yang ingin berobat di Amerika Serikat, tapi merek D paling OK digunakan di Singapura. Merek E hanya menjual asuransi murni, sedangkan merek F menjual asuransi murni dan unit link. Banyak faktor yang harus Anda lihat saat melakukan perbandingan asuransi kesehatan.

Intinya, banyak sekali fitur-fitur asuransi kesehatan. Untuk mencari asuransi yang paling bagus, rubahlah pertanyaan Anda. Dari “mana asuransi terbaik?” menjadi “mana asuransi terbaik untuk Saya?” Agak mirip seperti mencari pasangan hidup.

Couple, Hands, Tattoos, Fingers

Baru dari sini, kita bisa mencari info lebih dalam lagi. Caranya? Mudah. Cukup tanyakan 5 pertanyaan berikut ini.

1. Berapa dana yang ingin saya keluarkan untuk manfaat asuransi?

bandingin asuransi kesehatan, carilah yang paling bagus untuk Anda. Berikut 5 pertanyaan yang harus Anda jawab

Saatnya bicara tentang premi. Banyak orang yang sudah sibuk mencari asuransi terbaik, tapi lupa dengan preminya. Alhasil, setelah menemukan asuransi yang paling OK, preminya overbudget. Terlalu mahal. Padahal, dengan menentukan premi terlebih dahulu, proses pencarian asuransi dapat dipercepat. Calon nasabah juga akan lebih puas dengan pilihan yang didapat.

Di Asuransi Now, kami menyarankan para calon nasabah kami untuk menetapkan premi terlebih dahulu. Apalagi, premi asuransi akan dibayarkan dalam jangka waktu panjang. Pastikan premi Anda berada di angka yang Anda nyaman untuk tahun-tahun ke depan.

Ada kemungkinan, premi yang Anda inginkan terlalu kecil untuk manfaat asuransi yang Anda inginkan. Dalam hal ini, Anda harus memilih, ingin menaikkan premi agar sesuai atau menurunkan manfaat asuransi.

2. Perlindungan asuransi seperti apa yang saya inginkan?

bandingin asuransi kesehatan, carilah yang paling bagus untuk Anda. Berikut 5 pertanyaan yang harus Anda jawab

Kalau amit-amit Anda sakit parah, Anda ingin bisa berobat di mana? Anggaplah wabah COVID sudah usai, dan Anda bisa berobat kemanapun yang Anda inginkan. Ingin berobat di Malaysia? Hong Kong? Singapura? Australia? USA? Dimana tempat yang menurut Anda bisa memberikan potensi kesembuhan maksimal, sehingga Anda punya waktu lebih lama lagi?

Terus, Anda mau kamar rumah sakit yang seperti apa? Yang biasa saja, yang private, atau yang super VIP?

bandingin asuransi kesehatan, carilah yang paling bagus untuk Anda. Berikut 5 pertanyaan yang harus Anda jawab

Setelah Anda memutuskan jenis akses kesehatan yang Anda inginkan, lagi-lagi Anda harus melihat ketersediaan dana Anda. Bukan dana yang tersedia, tapi ketersediaan atau kesiapan Anda mengeluarkan dana. Berapa sih yang Anda rela keluarkan untuk asuransi kesehatan?

Memang sulit jika Anda tidak mengetahui nilai pasaran premi. Tapi, jangan berharap proteksi super hebat dengan premi super minim. Misalnya, ingin premi Rp 100,000 per bulan tapi mau perlindungan cashless rumah sakit sesuai tagihan. Produk seperti itu tidak akan Anda temukan. Ini namanya iuran BPJS Kesehatan kelas 2. Atau, ingin pengobatan di Singapura, tapi premi mau yang Rp 1 jutaan, padahal usia sudah kepala 5.

Percaya deh, pada dasarnya, pasaran premi asuransi itu mirip-mirip. Kalau ada dua produk serupa tapi preminya beda jauh atau jomplang, coba Anda perhatikan lagi. Siapa tahu, kamarnya beda. Atau ada manfaat tertentu yang sebenarnya tidak terlalu terpakai. Bisa jadi, ketentuan khusus, dan sebagainya. Pasti ada udang dibalik bakwannya.

3. Saya mau asuransi murni atau unit link?

bandingin asuransi kesehatan, carilah yang paling bagus untuk Anda. Berikut 5 pertanyaan yang harus Anda jawab

Terserah Anda. Baca dulu artikel kami tentang unit link (Unit Link: Pahami Sebelum Salah Kaprah). Ada beberapa orang yang mencari asuransi murni (non unit link) karena merasa asuransi ini lebih murah daripada unit link. Bener gak sih? Cek juga artikel kami Asuransi Murni vs Unit Link untuk lebih jelasnya.

Kedua jenis produk asuransi ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Cocok-cocokan dengan keinginan Anda. Anda ingin premi tetap? Atau ingin premi kembali (cek artikel kami: Asuransi Premi Kembali)? Simpelnya, beritahu konsultan kami apa kriteria Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan produk yang terbaik untuk Anda.

4. Bagaimana kondisi tubuh saya, baik kesehatan maupun usia saya?

perbandingan asuransi kesehatan, inilah 5 pertanyaan yang harus Anda jawab terlebih dahulu

Premi asuransi kesehatan dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, serta jenis manfaat asuransi yang Anda inginkan. Kalau Anda sudah memiliki kondisi medis, seperti diabetes, sudah pasang ring jantung, sudah pernah operasi tumor, dan sebagainya, maka jangan heran kalau Anda akan lebih sulit mendapatkan asuransi kesehatan. Karena, pada dasarnya asuransi kesehatan itu ditujukan untuk orang yang masih sehat. Sama halnya seperti asuransi mobil hanya untuk mobil yang masih mulus. Kalau sudah tabrakan dan mau beli asuransi, namanya sudah terlambat.

Ada beberapa kondisi medis yang “masih diampuni” perusahaan asuransi. Saran kami, jujurlah sepenuhnya mengenai kondisi kesehatan Anda sebelum masuk asuransi. Karena jika tidak, Anda sendirilah yang berpotensi dirugikan. Ada kemungkinan, kondisi masa lalu Anda terungkap, dan klaim Anda tidak diganti.

5. Apakah seluruh kriteria saya bisa dipenuhi?

bandingin asuransi kesehatan, apakah kesehatan saya sudah memenuhi syarat?

Mungkin iya, mungkin tidak. Kebanyakan masyarakat Indonesia mempunyai ekspektasi berlebihan terhadap asuransi. Jika ingin premi terlalu minim, percuma melakukan perbandingan asuransi kesehatan. tapi kalau Anda sudah melihat harga pasaran premi serta manfaat yang ditawarkan, serta sudah oke menurut Anda, maka ya, kriteria Anda bisa dipenuhi.

Jika Anda sudah melihat banyak merek dan belum menemukan produk yang sesuai, bisa jadi kriteria Anda terlalu berlebihan. Anda harus bersedia untuk lebih fleksibel, karena lebih baik punya asuransi yang kurang daripada tidak punya asuransi sama sekali.

perbandingan asuransi kesehatan: belum menemukan yang cocok? mungkin Anda harus lebih fleksibel

Sekian sedikit info mengenai perbandingan asuransi kesehatan. Ingat, tidak ada produk asuransi yang sempurna. Anda harus mencari produk asuransi yang paling cocok untuk Anda, karena yang terbaik untuk si A belum tentu yang terbaik untuk si B, dan seterusnya. Untuk mencari dengan lebih mudah, hubungi konsultan kami sekarang, dan tinggal beritahukan kriteria Anda!

Featured Articles

error: Content is protected !!
Chat Langsung
Chat Kami di +6287774734200
Halo, Anda cari asuransi apa? Kesehatan/ jiwa/ travel/ dsb atau merek tertentu (Generali, AXA, Allianz, dsb)?