Tanya Langsung

Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik: 13 Hal Penting

Tanya Langsung

mobile phone

Memilih asuransi kesehatan terbaik memang butuh waktu yang tidak cepat. Anda harus mempelajari proposal dan berkonsultasi dengan tenaga pemasar asuransi. Apalagi jika Anda mencari asuransi kesehatan untuk jangka panjang atau untuk beberapa orang sekaligus.

Demi mempermudah Anda dalam memilih asuransi kesehatan terbaik, tim Asuransi Now akan membahas 13 poin penting yang harus diperhatikan ketika Anda memilih asuransi kesehatan untuk jangka panjang atau seumur hidup.

Dengan ini, Anda bisa memutuskan pilihan Anda lebih cepat, karena membandingkan asuransi terlalu lama itu sangat berbahaya! Jangan sampai Anda terlanjur sakit sebelum memiliki asuransi. Ingat, lebih baik asuransi yang kurang daripada tidak ada asuransi sama sekali.

Jadi, bagaimana cara memilih asuransi kesehatan terbaik untuk Anda? Simak poin-poin berikut ini.

1. Sesuai Tagihan

Semakin banyak orang mencari fitur on bill, atau sesuai tagihan. Kenapa? Karena fitur ini merupakan salah satu fitur penting yang memastikan Anda tidak harus nombok atau membayar kekurangan klaim.

Asuransi sesuai tagihan semakin banyak diminati setelah banyak pengalaman atas asuransi yang memiliki inner limit atau batasan klaim per manfaat. Memang tidak semua fitur 100% sesuai tagihan, tapi Anda dapat memastikan manfaat yang benar-benar penting dan mahal seperti pembedahan dicover sesuai tagihan.

2. Kamar Anti Inflasi

Fitur yang cukup baru ini semakin digemari para calon nasabah asuransi. Apa sih kamar anti inflasi itu? Dulu, perusahaan asuransi memberikan batasan nominal untuk nilai kamar asuransi yang dapat digunakan oleh nasabahnya. Misalnya, kamar Rp 1 juta per malam atau kamar Rp 500 ribu per malam. Sayangnya, seiring berjalannya waktu, nilai kamar Rp 1 juta yang sekarang bisa masuk ke kelas I nanti akan semakin menurun ke kelas II ataupun kelas III.

Lantas, bagaimana solusinya? Supaya jatah kamar asuransi kita tidak semakin menurun, perusahaan asuransi kini banyak yang mengeluarkan produk dengan manfaat kamar Single Bed (1 tempat tidur) atau Double Bed (2 tempat tidur). Kamar anti inflasi ini aman untuk dipakai di tahun-tahun mendatang, karena berapapun biaya kamar pilihan Anda kelak, Anda tetap berhak mendapatkan kamar dengan 1 (atau 2) tempat tidur. Menarik ya?

memilih asuransi kesehatan terbaik

3. Masa Tunggu

Salah satu alasan klasik penyebab klaim asuransi tidak dibayar adalah polis nasabah belum melewati masa tunggu. Ada berapa jenis masa tunggu yang umum di asuransi Indonesia? Untuk asuransi kesehatan jangka panjang yang mengutamakan manfaat rawat inap, pada umumnya ada dua jenis masa tunggu, yaitu masa tunggu penyakit umum (30 hari) dan masa tunggu penyakit khusus (360 hari atau 300 hari). Klaim kecelakaan biasanya tidak memiliki masa tunggu, dapat segera dilakukan apabila polis sudah aktif.

Ada pula aturan masa tunggu 3 bulan untuk diagnosa kanker, dimana penyakit kanker tidak akan dicover apabila nasabah terdiagnosa sebelum polis berusia 3 bulan. Pastikan Anda memahami betul masa tunggu apa saja yang ada di polis yang akan Anda beli, agar tidak terjadi kesalah pahaman di kemudian hari. Silakan tanyakan langsung kepada para konsultan kami untuk lebih memahami perihal masa tunggu.

4. Sering ke Luar Negeri? Cek Dulu Ketentuan Asuransi Anda

Bagi Anda yang mencari asuransi untuk bisa digunakan berobat di luar negeri, pastikan Anda memberitahu konsultan kami domisili utama Anda. Mengapa? Karena ada beberapa asuransi yang memiliki batas waktu untuk berapa lama nasabahnya dapat tinggal di luar negeri. jadi, jika nasabah menghabiskan waktu lebih dari batas waktu yang ditetapkan batas waktu domisili oleh asuransi, maka klaim akan ditolak.

Jika Anda tidak banyak menghabiskan waktu di luar negeri, atau hanya ke luar negeri untuk berobat, maka hal ini tidak menjadi masalah. Tapi jika Anda berencana memiliki status Permanent Resident di negara lain, menghabiskan waktu lebih dari 6 bulan dalam setahun di luar negeri, atau mengasuransikan anak yang akan bersekolah di luar negeri, segera konsultasikan kepada konsultan kami untuk mendapatkan solusi yang sesuai.

memilih asuransi kesehatan terbaik untuk Amerika Serikat

5. Kondisi Apa Saja yang Tidak Dicover oleh Asuransi?

Untuk produk asuransi yang fokus utamanya adalah manfaat rawat inap, maka manfaat-manfaat seperti penggantian atas penambalan gigi, ibu melahirkan, pembelian kacamata, maupun rawat jalan pada umumnya tidak dicover. Jika Anda mencari asuransi rawat jalan, silakan hubungi langsung konsultan kami melalui tombol whatsapp di kanan bawah dan beritahu kriteria Anda.

memilih asuransi kesehatan terbaik

Asuransi yang fokus mengcover rawat inap hanya mengcover asuransi rawat jalan yang sifatnya:

  1. Merupakan pengobatan sebelum dan sesudah rawat inap
  2. Tindakan pulang hari (pasien tidak perlu menginap)
  3. Kecelakaan

Bagaimana dengan penyakit? Apakah ada penyakit tertentu yang tidak dicover asuransi rawat inap? Pada umumnya, perusahaan asuransi tidak mengcover rawat inap akibat penyakit menular seksual maupun operasi plastik. Jadi kalau mau operasi hidung ke Korea Selatan tidak dicover ya 😊

6. Unit Link atau Non Unit Link?

Topik ini termasuk banyak beredar di sosial media soal perasuransian kesehatan. Mana sih yang sebenarnya lebih baik? Dua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Banyak orang mengira asuransi non unit link lebih murah, padahal belum tentu. Premi asuransi non unit link akan terus meningkat setiap tahunnya, jadi pastikan Anda sudah tahu kira-kira seperti apa kenaikan preminya di tahun-tahun ke depan.

Ada juga yang mengira asuransi unit link memiliki tabungan, atau investasi yang dapat ditarik di kemudian hari. Juga ada yang mengira pembayaran premi selama 10 tahun saja cukup untuk memastikan polis asuransi akan berlaku seumur hidup. Padahal, itu semua belum tentu.

Jadi, mana yang harus Anda ambil? Diskusikan keinginan Anda dengan konsultan kami untuk mendapatkan produk yang pas. Baca juga artikel kami Asuransi Murni vs Unit Link.

memilih asuransi kesehatan terbaik

7. Masa Perlindungan Asuransi Kesehatan

Sampai usia berapakah Anda akan dicover oleh asuransi kesehatan Anda? Menurut World Bank[1], rata-rata harapan hidup orang Indonesia adalah 71 tahun, jadi Anda mungkin ingin asuransi kesehatan yang bisa mengcover setidaknya sampai usia tersebut.

Lihat-lihat juga riwayat usia orang tua, kakek nenek, ataupun sanak saudara Anda untuk sedikit meramal masa depan Anda. Bisa jadi jauh lebih panjang dari 71 tahun! Jadi, jangan lupa mengecek batas usia pertanggungan di ilustrasi Anda.

Mungkin sampai disini Anda bertanya-tanya, “apakah semakin panjang masa perlindungan asuransi menyebabkan premi asuransi semakin tinggi?” Secara prinsip, hal tersebut memang benar. Banyak nasabah Asuransi Now yang menginginkan manfaat lebih tinggi namun premi yang lebih ekonomis, maka salah satu solusinya adalah memperpendek masa perlindungan asuransi. Kalau Anda salah satunya, langsung hubungi tim kami untuk mendapatkan rekomendasi sesuai kriteria Anda!

8. Wilayah Perlindungan Asuransi

Pilihlah asuransi kesehatan dengan wilayah perlindungan atau coverage area yang sesuai dengan dimana Anda ingin mendapatkan akses fasilitas medis kelak. Semakin banyak warga negara Indonesia yang mencari pengobatan di luar negeri, dan biayanya dapat dihemat dengan perencanaan asuransi yang tepat dari awal.

Tentunya, Anda perlu mengetahui dulu berapa biaya berobat di luar negeri. Untuk berobat di Malaysia misalnya, biaya pengobatan tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Tapi untuk berobat di Singapura, sudah pasti biaya pengobatan akan berlipat ganda. Kamar dengan satu tempat tidur di Singapura rata-rata harganya 6 kali lipat dari kamar single bed di Indonesia. Jadi, jangan harap premi super murah kalau ingin bisa berobat di Singapura ya 😊

9. Provider

Apa sih provider itu? Mungkin Anda pernah jalan-jalan ke kasir rumah sakit dan melihat tulisan Admedika atau SOS. Nah, itulah contoh provider yang menyediakan bantuan berupa jaringan untuk perusahaan asuransi.

Ada beberapa provider yang tidak bisa digunakan di luar negeri, jumlah rumah sakit yang kerjasama yang terbatas, dan ada juga provider yang kinerjanya kurang baik. Di Asuransi Now, kami memastikan provider dengan asuransi rekanan merupakan yang teruji dan baik.

Penting sekali bagi Anda memilih asuransi kesehatan yang bekerja sama dengan provider-provider yang memiliki rekanan rumah sakit yang luas, mudah digunakan di luar negeri, serta memiliki fasilitas akses kepada provider yang baik dan mudah dihubungi.

10. Third Party Administrator

Selain kita tidak tahu kapan kita akan sakit, kita juga tidak tahu kapan kita akan mengalami kecelakaan (amit-amit). Lebih parah lagi, kita tidak tahu dimana kita akan mengalami resiko yang tidak diinginkan tersebut.

Bayangkan Anda berada di daerah terpencil, lalu mengalami kecelakaan. Atau memerlukan operasi dengan peralatan yang pastinya tidak tersedia di daerah tersebut. Anda pasti memerlukan fasilitas medis yang mendukung mobilitas diri Anda sebagaipasien. Pertimbangkanlah paket asuransi kesehatan yang memiliki fasilitas tersebut.

Flying Red and White Helicopter

Untuk lebih memahami third party administrator, cek artikel TPA kami.

11. Fitur Medis Spesial

Bagaimana jika Anda perlu berobat ke luar negeri, dan Anda memerlukan rekomendasi dokter di luar negeri? Layanan yang satu ini dapat memberikan kemudahan akses bagi nasabah untuk mencari opsi berkualitas di luar negeri.

Diagnosa yang tepat akan menghasilkan tindakan pencegahan atau pengobatan yang tepat dan terarah. Jangan membuang-buang waktu Anda untuk sembuh karena ketidaktahuan belaka. Beberapa asuransi kesehatan saat ini memberikan kemudahan bagi nasabah untuk dapat memilih opsi pengobatan terbaik melalui fitur-fitur tambahan, seperti Medix atau Best Doctor.

Woman Having A Video Call

12. Cashless, Swipe Card

Pembayaran klaim secara cashless atau non tunai memang sungguh mudah, seperti menggunakan asuransi dengan sistem yang sama dengan kartu debet. Mudah, cepat, dan tanpa ribet. Pastikan rumah sakit yang dekat dengan kantor atau dekat dengan rumah Anda rekanan dengan asuransi yang akan Anda pilih.

Person Holding White Paper

Terus, bagaimana dengan klaim cashless di luar negeri? Jangan khawatir. Kami punya informasi lengkap tertulis di artikel Asuransi Now Panduan Lengkap Klaim.

13. Ketentuan Prorata

Sudah punya asuransi sesuai tagihan berarti Anda sudah pasti tidak nombok lagi? Atau, jika masuk kamar di atas plan asuransi yang dimiliki, berarti hanya bayar selisih biaya kamar saja? Eits, belum tentu. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuan prorate asuransi pilihan Anda. Untuk lebih lengkapnya, baca artikel Asuransi Now mengenai Ketentuan Prorata.

banknote and Passport on white panel

Demikianlah hal-hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli asuransi kesehatan jangka panjang. Sekarang, ada satu hal lagi yang harus Anda ketahui, yaitu premi asuransi. Berapa premi asuransi untuk usia Anda dan kriteria asuransi Anda? Segera hubungi tim kami untuk membantu Anda mencari asuransi terbaik untuk Anda!


[1] https://data.worldbank.org/indicator/SP.DYN.LE00.IN?locations=ID

Featured Articles

error: Content is protected !!
Chat Langsung
Chat Kami di +6287774734200
Halo, Anda cari asuransi apa? Kesehatan/ jiwa/ travel/ dsb atau merek tertentu (Generali, AXA, Allianz, dsb)?